Home Featured Perhatikan! 5 Penyebab Sakit Jantung pada Wanita Muda

Perhatikan! 5 Penyebab Sakit Jantung pada Wanita Muda

by Putri Yohani Masnun

Penyakit jantung biasanya memang lebih banyak diderita laki-laki, namun para wanita tentu tetap harus waspada dengan penyakit satu ini. Justru sakit jantung pada wanita lebih berbahaya karena jarang disadari dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang cukup serius. Sakit jantung pada wanita umumnya ditandai dengan beberapa gejala seperti sakit pada bahu, leher dan rahang, nyeri pada dada, sakit pada salah satu atau kedua tangan, mual dan muntah, rasa tidak nyaman di perut, nyeri pada punggung, pusing, sesak napas dan mudah berkeringat. Berikut ini merupakan beberapa yang menjadi penyebab sakit jantung pada wanita dan penting sekali untuk kita ketahui bersama.

1. Menopause

Wanita sangat mudah sekali mengalami perubahan hormon, termasuk ketika sudah memasuki masa menopause. Kondisi ini merupakan hal yang normal terjadi, karena wanita sudah tidak lagi mengalami ovulasi yang artinya tidak lagi mengalami menstruasi. Namun perubahan ini juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk salah satunya beresiko mengalami penyakit jantung. Resiko wanita terkena sakit jantung memang lebih besar ketika mereka sudah menopause dibandingkan dengan wanita di usia produktif.

2. Kurang Aktivitas Fisik

Tubuh kita tidak hanya perlu berolaraga, namun sebaiknya dalam aktivitas sehari-hari terdapat berbagai aktivitas fisik yang melatih tubuh. Hal ini akan sangat membantu dalam melatih otot jantung untuk bekerja dengan baik. Jika wanita terlalu banyak menghabiskan waktu dengan duduk apalagi tidur, maka ia memiliki resiko yang besar untuk terkena penyakit jantung tanpa disadari.

3. Stres dan Depresi

Dibandingkan pria, wanita jauh lebih mudah mengalami stres dan depresi, karena mereka selalu melibatkan perasaan dalam menghadapi berbagai masalah. Jika berlangsung lama, tekanan mental yang dialami dapat memicu gangguan pada fungsi jantung dan berakhir dengan penyakit jantung. Karena itu, para wanita sebaiknya mencari kegiatan positif agar tidak mudah mengalami depresi.

4. Diabetes

Penyakit diabetes dapat menimbulkan banyak penyakit komplikasi, salah satunya adalah penyakit jantung. Penyakit ini sangat berbahaya, dan belakangan ini jumlah penderita wanita juga terus meningkat. Karena itu, sebaiknya para wanita lebih menjaga kesehatan dan menghindari makanan yang terlalu manis agar terhindar dari penyakit diabetes dan jantung.

5. Merokok

Wanita yang merokok juga rentan mengalami penyakit jantung, karena rokok banyak mengandung zat berbahaya yang dapat merusak jaringan tubuh. Karena itu penting sekali untuk menghindari rokok, baik dari menghisapnya secara langsung maupun paparan asap rokok dari orang lain. Karena resiko ini juga sama besarnya pada wanita yang menjadi perokok pasif.

Itulah penyebab sakit jantung pada wanita yang wajib kita waspadai dan jauhi agar terhindar dari penyakit tersebut. Penyakit jantung sangat berbahaya dan dapat merenggut nyawa kapan saja. Pencegahan penyakit jantung juga sangat penting untuk dilakukan, sehingga kondisi jantung bisa tetap sehat.

You may also like