6 Pencegahan Penyakit Jantung pada Wanita dan Pria

122

Penyakit jantung memang sangat menakutkan, apalagi karena seringkali terjadi serangan jantung mendadak dan banyak menyebabkan kematian di seluruh dunia. Penyakit jantung yang disebabkan kelainan dan bawaan lahir mungkin sulit untuk dihindari, namun beberapa jenis penyakit jantung lainnya ternyata dapat dicegah dengan mudah hanya dengan menerapkan pola hidup sehat seperti berikut ini.

1. Olahraga secara Rutin

Rutin melakukan olahraga atau aktivitas fisik tidak hanya dapat membuat tubuh menjadi bugar namun juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Dengan olahraga setidaknya 30 menit saja setiap hari atau minimal 4 kali dalam seminggu, berbagai faktor resiko penyakit jantung dapat ditekan seperti normalnya tekanan darah dan kadar kolesterol. Namun, bagi penderita jantung bawaan, perlu konsultasi dengan dokter mengenai jenis olahraga yang cocok sebelum melakukannya.

2. Menghindari Rokok

Merokok jelas dapat mempengaruhi kesehatan jantung, karena itu penting untuk menghindari rokok sedini mungkin. Tidak hanya menjauhi untuk menghisap rokok, namun juga menghindari paparan asap rokok dari orang lain. Paparan asap rokok dari orang lain terkadang justru lebih berbahaya, jadi beraktivitaslah di lingkungan yang jumlah perokoknya sedikit atau tidak ada sama sekali.

3. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Makanan yang sehat harus dikonsumsi setiap hari, bukan hanya untuk menjaga kesehatan jantung namun juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hindari makanan yang berlemak dan manis-manis, juga jauhi makanan dan minuman yang membahayakan kesehatan jantung. Buah dan sayur lebih diprioritaskan untuk dikonsumsi agar jantung selalu berfungsi dengan baik.

4. Mengelola Stres

Stres merupakan salah satu pemicu seseorang terkena serangan jantung, karena itu kita harus dapat mengendalikan emosi dan mengelola stres dengan baik agar penyakit jantung dapat dicegah. Selalu berpikir positif dan yakin setiap masalah ada jalan keluarnya, merupakan salah satu cara agar kita tidak mudah stres.

5. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Jika saat ini Anda memiliki berat badan ideal, jagalah agar kondisinya tetap seperti itu. Namun jika sudah mulai terlihat tanda kegemukan, sebaiknya segera mulai program untuk mengembalikan tubuh menjadi ideal. Berat badan ideal tidak hanya membuat penampilan menjadi menarik, namun juga dapat menjaga kesehatan jantung karena terhindar dari resiko obesitas, salah satu penyebab penyakit jantung.

6. Pemeriksaan Rutin

Meski sedang tidak sakit, alangkah baiknya jika kita melakukan pemeriksaan ke dokter secara berkala. Pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu mendeteksi adanya penyakit tertentu termasuk penyakit jantung, dan jika tanda-tanda penyakit tersebut terdeteksi lebih dini maka pengobatan atau pencegahan penyakit dapat lebih dilakukan.

Nah, itulah tindakan pencegahan penyakit jantung yang dapat dilakukan siapa saja, dan tentunya lebih mudah daripada menjalani pengobatan saat penyakit tersebut telah menyerang. Tindakan di atas tidak hanya membantu mencegah penyakit jantung terjadi, namun juga membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit jantung.