Home Featured 6 Penyebab Komplikasi Jantung yang Sering di Sepelekan

6 Penyebab Komplikasi Jantung yang Sering di Sepelekan

by Putri Yohani Masnun

Penderita penyakit jantung biasanya sangat takut bila terjadi serangan jantung mendadak, namun sebenarnya ada yang jauh lebih mengkhawatirkan yaitu komplikasi penyakit jantung. Komplikasi dapat terjadi kapan saja, dan dapat memperburuk kondisi kesehatan penderita. Selain itu, komplikasi penyakit jantung juga bisa terjadi dengan gejala yang ringan namun bisa juga sangat parah. Berikut ini penyebab yang memicu seseorang mengalami komplikasi jantung yang membahayakan nyawa.

1. Obesitas

Orang yang menderita penyakit jantung sekaligus obesitas, sangat beresiko mengalami komplikasi jantung. Obesitas merupakan kondisi dimana berat badan telah jauh melampaui berat normal atau ideal, sehingga tumpukan lemak dalam tubuhnya memicu sejumlah penyakit muncul. Bahkan orang obesitas dan terlihat sehat pun dapat lebih mudah terkena penyakit jantung.

2. Diabetes

Penyakit diabetes memang dapat memicu berbagai komplikasi penyakit yang menyerang organ penting dalam tubuh. Salah satu yang mengalami dampak dari penyakit diabetes adalah jantung, karena itu komplikasi jantung sangat mudah terjadi pada penderita diabetes. Untuk mencegahnya, usahakan agar kadar gula darah selalu normal dan hindari makanan atau minuman manis.

3. Penumpukan Lemak Darah

Tingginya kadar lemak darah atau kolesterol jahat dalam tubuh juga dapat menyebabkan terjadinya komplikasi jantung. Hal ini dikarenakan lemak di dalam darah dapat membentuk plak pada dinding pembuluh darah dan menghambat laju darah. Akibatnya jantung harus bekerja keras untuk memompa darah, bahkan jantung pun dapat kekurangan suplai darah sehingga terjadi kerusakan pada otot jantung.

4. Kurang Banyak Bergerak

Saat tubuh kurang banyak bergerak, maka jantung dapat mengalami berbagai masalah atau komplikasi seperti aritmia hingga gagal jantung. Karena itu, usahakan agar setiap hari tubuh melakukan aktivitas fisik atau berolahraga yang dapat terus melatih otot jantung. Jika Anda memang memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai olahraga yang cocok untuk dilakukan.

5. Makanan tidak Sehat

Makanan yang tidak sehat dan miskin nutrisi memang terasa sangat nikmat di mulut, namun dampak yang timbul dari makanan tersebut sangat buruk untuk kesehatan terutama pada jantung. Makanan yang banyak mengandung lemak atau bahan tambahan makanan kimia dapat menyebabkan gangguan pada aliran darah, juga mempercepat kerusakan pada jantung. Karena itu, hindarilah makanan dan minuman yang membahayakan kesehatan jantung agar komplikasi jantung dapat dicegah.

6. Makanan Asin

Selain makanan yang tidak sehat dan mengandung banyak lemak jahat, makanan yang asin pun juga turut mempengaruhi terjadinya komplikasi jantung. Hal ini dikarenakan garam yang merupakan natrium klorida dapat menyebabkan gangguan fungsi pada berbagai organ tubuh yang penting seperti ginjal dan jantung. Karena itu, jika Anda ingin memiliki jantung yang selalu sehat, batasi konsumsi makanan asin atau yang terlalu banyak mengandung garam.

Itulah penyebab komplikasi jantung yang sebaiknya dihindari, mengingat dampak dari komplikasi jantung dapat beragam, terutama dapat menyebabkan kematian. Jika Anda merasakan gejala penyakit jantung, segeralah pergi ke dokter untuk bisa segera ditangani.

You may also like