20 Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang Agar Sembuh Lebih Cepat

872

Sakit gigi sejuta rasanya, demikian halnya jika terjadi gusi bengkak. Penyebab gusi bengkak ada bermacam-macam.  Salah satunya kerna gigi berlubang. Sulit membedakan antara sakit gigi dan gusi bengkak karena gigi berlubang sebab keduanya berkaitan erat. Gusi bengkak menyebabkan sakit gigi dan gigi berlubang menyebabkan gusi bengkak.

Gusi yang bengkak rasanya tidak nyaman dan menyebabkan gangguan mulut. Gusi yang bengkak ini akan mempengaruhi jaringan dan tulang penopang gigi. Ciri gusi bengkak karena gigi berlubang, antara lain :

  • Terkadang menimbulkan rasa sakit.
  • Gusi bernanah.
  • Perasaan tidak enak di dalam mulut.
  • Nafas tidak segar dan mengeluarkan bau tidak sedap.
  • Terjadi pendarahan pada gusi.

Bila gusi bengkak dibiarkan terus menerus maka akan menghambat aktivitas. Apa saja yang dikerjakan akan kurang fokus atau konsentrasi, oleh karena itu harus diobati. Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang, antara lain sebagai berikut:

1. Tetap Menjaga Kebersihan Gigi

Agar gusi yang bengkak tidak bertambah sakit, selama sakit hendaknya tetap menjaga kebersihan gigi. Caranya yaitu dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari degan pasta gigi yang tepat. Sikat gigi yang benar adalah dengan cara memutar.

2. Membersihkan dengan Benang Gigi

Membersihkan gigi dengan benang gigi atau dental floss yang dibeli di apotek akan sangat membantu. Benang gigi akan membersihkan hingga ke sela-sela gigi.

3. Kompres Dingin

Kompres dingin pada bagian pipi sebelah yang sakit akan meredakan pembengkakan yang terjadi. Lakukan kompres ini sampai gusi tidak bengkak lagi dan tidak sakit. Gantilah kompres setiap 15 menit sekali agar lebih efektif.

4. Konsumsi Buah dan Sayur

Konsumsi buah dan sayur harus tetap meskipun gigi sakit dan gusi bengkak. Makanlah sayur yang direbus sehingga lunak dan mudah dikunyah. Buah dan sayur ini penting karena mengandung vitamin C untuk kesehatan gusi.

5. Tidak Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol dapat menghambat penyerapan zat gizi. Sementara, zat yang terkandung dalam rokok dan alkohol juga akan membuat gusi bengkak semakin parah. Zat tersebut akan menempel di gusi tanpa bisa dicegah.

6. Tidak Konsumsi Makanan Berkadar Gula Tinggi

Makanan yang mengandung kadar gula tinggi sangat tidak baik untuk gigi. Gula tidak langsung masuk saluran pencernaan dan diserap. Kandungannya akan menempel di gigi dan gusi. Banyak gigi berlubang terjadi karena konsumsi makanan jenis ini, khususnya terjadi pada anak-anak. Bakteri sangat suka hinggap dan berkembangbiak di tempat yang banyak mengandung gula.

7. Memperhatikan Pasta Gigi yang Digunakan

Kandungan pasta gigi perlu diketahui karena asta gigi yang baik seharusnya tidak mengandung deterjen. Kekurangannya adalah tidak menimbulkan busa ketika digunakan. Atau penderita cukup memperhatikan pasta gigi yang digunakan. Jika setelah menggosok gigi, gusi bertambah sakit atau bengkak, maka sebaiknya gantilah pasta gigi.

8. Scalling

Scalling adalah mengobati gusi bengkak yang dilakukan oleh dokter gigi, namun tidak langsung dilaksanakan.  Scalling setelah gusi tidak bengkak dan tidak sakit agar mencegah terulangnya sakit yang sama. Metode ini juga disebut juga membersihkan plak.

9. Root Planning

Sama halnya dengan scalling, ketika gusi sudah tidak bengkak dan sakit maka dokter dapat memberikan tindakan root planning. Tindakan ini adalah membersihkan area akar gigi dan sela gusi dari plak dan semua sisa makanan yang tersisa. Bahaya karang gigi bagi kesehatan tidak hanya untuk kesehatan mulut, tetapi menyangkut organ tubuh lain.

10. Pereda Nyeri

Cara mengobati sakit gigi bengkak karena gigi berlubang selanjutnya adalah minum obat pereda nyeri. Penderita dapat mencoba jenis Acetaminophen yang dikenal dengan sebutan Paracetamol terlebih dahulu. Jika sakit berlanjut, dokter dapat memberikan Asam Mefenamat. Obat ini tidak dapat dikonsumsi penderita dengan masalah lambung.

11. Antibiotik

Pada beberapa kasus, dokter juga akan memberikan antibiotik. Antibiotik ini untuk meredakan radang yang disebabkan bakteri dalam gigi yang berlubang.

12. Obat Kumur

Obat kumur jenis klorhesidia atau hydrogen peroksida dapat dibeli apotek. Obat ini akan membantu meredakan gusi bengkak karena gigi berlubang.

13. Kompres Air Hangat

Kompres air dingin akan meredakan gusi yang bengkak. Sementara jika gusi bengkak disertai dengan nyeri berdenyut, maka kompres dapat diselingi dengan kompres air hangat di bagian sebelah pipi gusi yang sakit.

14. Kumur Air Garam

Sebelum membeli obat kumur di apotek, kumur menggunakan air garam cukup efektif dan hemat. Garam mengandung anti bakteri sehingga dengan berkumur air garam akan mengatasi peradangan dan meredakan gusi bengkak.

15. Minyak Cengkeh

Salah satu cara mengobati gusi bengkak karena berlubang adalah menggunakan minyak cengkeh. Teteskan pada kapas atau cotton bud sedikit minyak cengkeh kemudian oleskan pada bagian gusi yang sakit secara perlahan. Minyak cengkeh mengandung anti radang dan dapat memperbaiki jaringan yang luka.

16. Jahe

Zat anti inflamasi yang ada pada jahe dapat digunakan untuk gusi bengkak. Caranya dengan membuat pasta jahe untuk sikat gigi. Pasta jahe dibuat dengan menghaluskan jahe, mencampurkan sedikit garam, dan diberi sedikit air agar tidak kental, namun hati-hati terhadap efek samping jahe.

17. Berkumur dengan Lemon

Lemon mempunyai PH alkali, jadi dengan berkumur air lemon maka PH dalam mulut yang asam dan disenangi bakteri akan menjadi netral. Peraslah satu buah lemon dan campurkan degan satu gelas air hangat. Setelah itu barulah lemon digunakan untuk berkumur.

18. Belimbing Wuluh

Tidak banyak yang tahu, ternyata tumbukan halus 2 buah belimbing wuluh dapat mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang. Tempelkan belimbing yang telah halus di gusi dan tunggu beberapa saat untuk merasakan khasiatnya.

19. Daun Jambu Biji

Orang umumnya mengenal daun jambu  biji untuk obat diare. Padahal kandungan anti bakteri daun jambu biji ternyata dapat menjaga kesehatan mulut dari bakteri, anti inflaamsi, dan menghilangkan nyeri atau analgesik. Daun jambu biji dapat langsung dibersihkan dan dikunyah oleh penderita sakit. Atau dapat juga direbus dan diambil sarinya untuk berkumur.

20. Bawang Putih

Bawang putih terkenal sebagai antibiotik alami. Bawang putih yang dihaluskan dan ditempelkan di bagian gigi berlubang akan mengatasi sakit gigi dan gusi bengkak. Meski begitu, tetap waspadai efek samping bawang putih dan aromanya karena banyak yang tidak menyukainya.

Sekian tentang cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang yang kiranya dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan gigi, konsumsi makanan bergizi, dan memeriksakan kesehatan gigi 6 bulan sekali sebagai pencegahan.