16 Cara Mengatasi Migrain Berkepanjangan Paling Aman dan Ampuh

Migrain berbeda dengan sakit kepala biasa dimana terasa lebih menyakitkan dan juga diikuti dengan berbagai gejala lain seperti mual, peka terhadap cahaya dan suara, sensasi berputar bahkan bisa menyebabkan penderita pingsan. Untuk cara mengatasi migrain berkepanjangan bisa dilakukan dengan beberapa bahan alami untuk mengurangi keparahan dan durasi migrain. Namun jika terjadi berkepanjangan, maka migrain harus ditangani dengan obat obatan dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Berikut ini akan kami berikan beberapa cara mengatasi migrain berkepanjangan yang bisa anda lakukan di rumah.

1. Minyak Lavender

Menghirup aroma minyak lavender bisa dilakukan untuk mengatasi penyebab migrain sebelah kanan. Dalam penelitian tahun 2012 dibuktikan jika menghirup aroma lavender selama serangan migrain terjadi selama 15 menit, bisa menghilangkan rasa sakit dan gejala migrain yang mengikuti. Saat serangan migrain terjadi, minyak lavender bisa dihirup atau dioleskan pada kulit.

2. Minum Teh Kamomil

Selain menjadi pereda stres, teh kamomil mampu menjadi solusi migrain paling tepat, bahkan migrain yang tak kunjung reda sekalipun. Seduhlah kamomil kering sebanyak 3 sendok teh di dalam secangkir air panas beberapa waktu dan setelahnya bisa ditambah dengan madu serta jus lemon secukupnya. Saringlah dulu sebelum menikmati teh kamomil ini sehari 3 kali untuk menghilangkan migrain yang sudah terlalu lama tak sembuh-sembuh.

3. Akupresur

Akupresur merupakan penekanan dengan menggunakan jari dan tangan pada beberapa titik tertentu pada tubuh untuk menghilangkan rasa sakit dan gejala migrain lainnya. Dari sebuah studi tahun 2014 membuktikan jika akupresur merupakan terapi alternatif efektif yang bisa menyembuhkan sakit kepala kronis dan juga migrain.

4. Minyak Peppermint

Mentol yang terdapat dalam minyak peppermint bisa menghentikan serangan migrain yang terjadi secara tiba tiba menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 dan juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai jenis sakit kepala. Dalam studi ini juga diungkapkan jika minyak peppermint yang dioleskan pada pelipis serta dahi sangat efektif untuk menghentikan nyeri karena migrain, mual dan juga sensitif pada suara dan cahaya yang merupakan gejala dari migrain.

5. Kompres Es

Menggunakan kompres es juga bisa menyembuhkan migrain dan menjadi cara termudah. Anda bisa menggunakan 1 kantong es batu atau sayuran beku untuk mengompres bagian kepala, wajah dan juga kulit kepala dimana rasa sakit tersebut muncul. Efek anti inflamasi dari es batu tersebut nantinya akan membantu menyusutkan jaringan yang sakit sekaligus menenangkan rasa sakit yang berkaitan dengan migrain.

6. Hilangkan Stress

Stress yang terlalu berlebihan bisa memperburuk keparahan dan juga frekuensi serangan migrain sekaligus mengurangi penyebab kepala terasa berat. Untuk itu, mengurangi stress terlalu berlebihan sangat penting untuk dilakukan supaya serangan migrain berkepanjangan bisa dicegah atau dihentikan.

7. Hidroterapi

Hidroterapi menjadi cara efektif lainnya untuk menyembuhkan migrain yang berkepanjangan. Merendam kaki dan tangan dalam air hangat sangat membantu untuk mengurangi intensitas serangan migrain, menenangkan rasa sakit sekaligus mengurangi ketegangan yang terjadi pada otot. Selain itu, merendam kaki dan tangan dalam air hangat juga bisa melancarkan aliran darah dengan cara melebarkan pembuluh darah yang mengalami penyumbatan tersebut.


8. Jahe

Jahe adalah salah satu bumbu dapur yang sangat mudah untuk ditemukan dan efektif untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit termasuk migrain dan mengatasi penyebab sakit kepala terus menerus. Mengkonsumsi sepotong jahe secara teratur sangat baik untuk mencegah mual yang disebabkan karena migrain sekaligus melindungi pembuluh darah di otak agar tidak meradang. Bahkan sebuah studi mengungkapkan jika efek yang diberikan jahe setara dengan obat komersial seperti sumatriptan.

9. Diet Tinggi Magnesium

Untuk mengatasi migrain berkepanjangan, maka diet tinggi magnesium sangat penting untuk dilakukan. Jika tubuh kekurangan magnesium, maka bisa menyebabkan agregrasi trombosit terlalu berlebihan, depresi kortikal, berpengaruh pada reseptor serotonin dan juga berdampak pada produksi serta sekresi neurotransmitter. Dalam penelitian dibuktikan jika mengkonsumsi makanan tinggi magnesium sangat efektif untuk membantu penderita migrain.

10. Diet Vitamin B2

Vitamin B2 atau riboflavin merupakan nutrisi yang sangat penting tidak hanya dalam masa pertumbuhan namun juga untuk mengatasi migrain berkepanjangan yang sekaligus juga membantu produksi sel darah merah. Beberapa jenis makanan yang tinggi akan vitamin B2 baik untuk dikonsumsi diantaranya adalah susu, asparagus, telur dan biji bijian agar migrain berkepanjangan bisa disembuhkan.

11. Ubah Pola Makan

Kebiasaan melakukan diet tertentu juga bisa memicu serangan migrain dan penyebab kepala sering pusing. Beberapa makanan yang bisa memicu serangan migrain ini diantaranya adalah jeruk, coklat, anggur, MSG, keju, makanan berlemak tinggi dan es krim yang harus dihindari penderita migrain. Untuk mengatasi migrain, maka disarankan untuk melakukan diet rendah lemak sehingga durasi, frekuensi dan tingkat keparahan dari migrain bisa teratasi.

12. Biofeedback

Biofeedback merupakan metode relaksasi yang baik dilakukan untuk mengendalikan reaksi otonom terhadap stress sehingga bisa digunakan untuk menyembuhkan migrain yang dipicu karena reaksi fisik terhadap stress seperti otot yang menegang.

13. Yoga

Berbagai aktivitas dalam yoga seperti teknik pernapasan, meditasi dan juga postur tubuh untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan ini telah diteliti dan dibuktikan jika juga bisa mengurangi intensitas, durasi dan juga frekuensi dari migrain dan bahkan mengurangi gejala awal vertigo. Meskipun para peneliti membuat kesimpulan terlalu dini, namun yoga tetap direkomendasikan untuk mengatasi penyakit migrain yang berkepanjangan.

14. Cabe Rawit

Mengkonsumsi makanan pedas bisa juga dilakukan untuk menyembuhkan migrain yang disertai dengan peradangan dan rasa sakit. Dalam cabe rawit mengandung capsaicin yang merupakan elemen penting untuk mengurangi rasa sakit dan juga sudah melewati banyak penelitian  seperti The Clinical Journal of Pain pada tahun 1998 dimana cabe rawit diterapkan langsung pada saluran hidung dan tingkat keparahan migrain bisa diturunkan secara signifikan berkat kandungan capsaicin dan mengatasi penyebab kepala pusing mendadak.

  • Cairkan 1/4 sendok teh bubuk cabe rawir dengan 4 ons air hangat dan rendam kain katun dalam air tersebut.
  • Oleskan kain tersebut pada lubang hidung untuk mendapatkan panas yang dihasilkan dari cabe rawit.
  • Selain itu, konsumsi juga makanan yang ditambahkan dengan cabe rawit agar efeknya bisa semakin optimal.

15. Kacang Almond

Mengkonsumsi kacang almond terbilang lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi obat obatan yang mengandung bahan kimia. Almond bisa dijadikan obat alami untuk menghilangkan rasa sakit dan menyembuhkan migrain karena mengandung salicin yang merupakan agen counter killer. Konsumsi 1 sampai 2 genggam kacang almond ini setiap hari untuk perawatan dan pencegahan terhadap migrain.

16. Kompres Cuka Apel

Cuka sari apel sudah memiliki sejarah panjang terhadap berbagai penyakit. Bahkan dalam penelitian modern, cuka sari apel juga masih digunakan untuk mengatasi migrain  dan vertigo secara alami.

  • Tuang 1/4 cangkir cuka apel dalam mangkuk dan campur dengan 3 gelas air mendidih.
  • Letakkan mangkuk tersebut di hadapan wajah anda dan bungkus kepala memakai handuk agar uap panas tidak keluar.
  • Lakukan cara ini selama 5 hingga 10 menit dan kompres juga dahi dengan air hangat yang sudah dicampur dengan cuka apel agar penyembuhan bisa semakin cepat.

Cara mengatasi migrain berkepanjangan bisa dilakukan dengan berbagai bahan alami. Namun hal penting yang harus dilakukan untuk langkah pencegahan adalah menghindari berbagai kebiasaan buruk dan juga hindari mengkonsumsi makanan tidak sehat setiap hari.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Migrain