Home Penyakit dan KelainanMasuk Angin 13 Cara Menghilangkan Masuk Angin di Punggung Paling Alami dan Efektif

13 Cara Menghilangkan Masuk Angin di Punggung Paling Alami dan Efektif

by Erlita

Cara menghilangkan masuk angin di punggung efektif tapi aman? Mungkin anda salah satu orang yang tengah mencari pembahasan mengenai hal tersebut. Ya, masuk angin adalah kondisi yang menyedihkan. Selain seseorang akan mengalami rasa mual, masuk angin memberikan efek lain seperti pusing, sakit perut hingga hal-hal yang lain.

Masuk angin ini sendiri juga bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Untuk itulah, kenali berbagai gejala yang akan dialami ketika kita tengah masuk Angin agar secepatnya supaya bisa melakukan penanganan sejak dini.

Gejala Masuk Angin

  • Terasa nyut-nyutan di pening
  • Merasa ingin muntah
  • Badan lemas
  • Kepala mulai pusing atau sakit yang teramat sangat
  • Susah bersendawa
  • Perut terasa penuh atau kembung
  • Sakit perut seperti ingin buang air besar secara terus menerus

Jika anda mendapatkan salah satu atau mungkin beberapa tanda diatas sekaligus, alangkah lebih baik kalau segera melakukan penanganan berikutnya dengan mengikuti cara untuk menghilangkan angin yang berada di punggung berikut ini:

  1. Berikan Minyak

Oleskan minyak angin pada bagian perut dan punggung untuk menghangatkan tubuh agar angin segera keluar. Tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan seperti itu saja karena minyak juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka, oleh karena itu jangan lupa juga untuk mencari tahu cara menghilangkan bekas luka dengan minyak kelapa berikut ini.

  1. Berikan Teh

Teh adalah minuman yang umum dan pas di sajikan pada kondisi tubuh kurang fit. Memang untuk air putih saja sudah bagus, akan tetapi untuk mengatasi masuk angin yang paling cocok adalah teh panas.

  1. Kerokan Punggung

Lakukan kerokan pada bagian punggung untuk memulihkan keadaan. Cara ini di percaya ampuh dan aman untuk kondisi tubuh yang terserang masuk angin pada punggung.

  1. Kerokan Pada Dada Atas

Jika kerokan pada punggung masih kurang berasa efeknya, tambah dengan jalan lain yakni kerokan pada bagian dada atas. Untuk bagian ini sendiri merupakan salah satu titik penyaluran angin masuk ke dalam tubuh juga. Namun, Anda juga harus tau kalau bagian yang harus dihindari untuk dikerok adalah leher. Untuk alasannya bisa diketahui selengkapnya pada laman bahaya kerokan di leher berikut.

  1. Menggunakan Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang putih dan bawang merah memang di percaya sebagai media menyembuhkan masuk angin. Bahkan ini juga menjadi ramuan tradisional yang sangat baik untuk mengobati sakit masuk angin. Adapun manfaat dari bawang memang sudah tidak diragukan lagi karena banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Cara menggunakannya juga tidak sulit yaitu cukup dihaluskan bawang merah dan dioles oleskan pada bagian punggung. Bawang merah ini bisa mengeluarkan angin berlebih pada tubuh alias masuk angin.

  1. Suplai dengan Madu Hangat

Selain teh panas, anda saat masuk angin juga bisa mengkonsumsi minuman hangat lain seperti campuran air panas dengan madu. Madu mempunyai kasiat nyata dalam memberikan penyembuhan segala penyakit. Bahkan manisnya tidak akan membuat kadar gula parah hingga terjadi diabetes. Namun tetap saja konsumsi pada takaran yang cukup. Supaya khasiat yang didapat lebih ampuh, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri madu asli agar tidak di tipu pada pembelian berikutnya.

  1. Makan Sup Ayam

Masuk angin memang membuat perut terasa penuh. Tapi cara yang ini juga bisa mengurangi mual dan pusing yaitu makan sup ayam yang masih panas. Namun jenis ayam yang di gunakan sebaiknya yang berjenis ayam kampung agar kaldu tulang bisa dihasilkan. Justru yang paling efektif dalam mengatasi peradangan atau masuk angin di dalam tubuh adalah sup yang terbuat dari kaldu tulang. Bahkan sup ayam jugalah yang juga akan membantu untuk mengembalikan selera makan yang sempat hilang karena saking tak enak badan.

  1. Konsumsi Ikan Salmon

Sudah enak dan menjadi anjuran pula. Salmon adalah jenis ikan yang cukup populer dan enak. Spesies ini bisa mengurangi sakit akibat masuk angin di punggung. Karena di dalam tubuh salmon terdapat kandungan omega 3 yang tak hanya bagus untuk kesehatan otak saja, asam lemak tersebut akan menolong tubuh yang sedang lemah. Tidak hanya ikan Salmon saja karena masih ada banyak makanan yang mengandung omega 3 tinggi yang bisa Anda jadikan alternatif lain.

  1. Banyak Minum Jus Strawberry

Buah merah segar ini mengandung vitamin C tinggi di mana memamg khasiatnya adalah sebagai peningkat daya tahan tubuh yang rendah. Oleh sebab itu, minuman ini sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah masuk angin. Kandungan zenk dan mineral magnesiumnya sangat tinggi sehingga dipercaya bisa meningkatkan tenaga pada tubuh hingga memulihkan kondisi dari masik angin.

  1. Mengkonsumsi Makanan Pedas

Konsumsilah makanan pedas selama anda sedang mengalami masuk angin. Terutama jika anda yang memang mencintai makanan-makanan pedas. Jenis makanan yang rasanya pedas bakal secara efektif dan sangat cocok juga meningkatkan kesehatan tubuh.

  1. Makan Pisang

Pisang adalah buah dengan kandungan vitmin c yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mendukung kesehatan. Jadi masalah masuk angin di punggung pun pasti akan dapat tertangani dengan baik dan lebih cepat membaik. Meski begitu, efek terlalu banyak makan buah pisang juga sangat berbahaya sehingga makanlah dalam porsi yang wajar saja.

  1. Makan Makanan dengan Tiram

Konsumsilah tiram saat anda tidak mempunyai masalah alergi makanan laut. Ada kandungan mineral tinggi di dalam tiram tersebut yang bisa di terima tubuh, yakni magnesium serta seng yang akan mendukung kesehatan tubuh.

  1. Mengonsumsi Sup Wortel dan Lobak

Untuk menyembuhkan masuk angin pada punggung, selain dari sup ayam hangat dengan ayam kampung atau kaldu tulang, sup wortel dan lobak adalah yang terbaik lainnya. Pilihlah lobak putih karena aroma dan rasanya jauh lebih segar untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Seperti itulah gejala beserta cara menghilangkan masuk angin di punggung yang bisa meringankan kondisi tubuh Anda ketika tengah menderita sakit yang sudah umum terjadi tersebut. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

You may also like