Waspadai 6 Gejala Kanker Otak, Seperti yang Dialami Agung Hercules

167

Kanker otak termasuk penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebar dengan cepat. Otak yang merupakan organ vital dapat mengalami masalah serius jika sel kanker atau tumor muncul. Karena itu sangat penting untuk mewaspadai gejala kanker otak sebelum penyakit tersebut terlanjur menyerang. Penyakit ini menjadi banyak diperbincangkan setelah salah satu artis tanah air yaitu Agung Hercules menderita salah satu jenis kanker otak yaitu glioblastoma. Berikut ini gejala yang muncul saat seseorang mengalami kanker otak.

1. Pandangan Menjadi Kabur

Pandangan yang kabur memang tidak selalu menjadi tanda seseorang mengalami kanker otak, karena kebanyakan orang mengalaminya dikarenakan mata minus. Namun jika pandangan kabur atau menjadi ganda dalam waktu singkat dan mendadak, ini perlu diwaspadai. Apalagi saat melihat cahaya yang silau kepala terasa sakit, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

2. Sakit Kepala Berlebihan

Pusing atau sakit kepala memang sering dialami kebanyakan orang, karena itu banyak yang menyepelekan gejala satu ini. Sesekali sakit kepala mungkin wajar karena hal ini menandakan adanya gangguan fungsi pada organ tubuh tertentu dan akan hilang dengan sendirinya. Namun berbeda halnya jika sakit kepala disebabkan karena adanya kanker otak. Sakit kepala ini akan terasa sangat menyiksa, hingga dapat mengganggu aktivitas dan selalu berlangsung dengan lama.

3. Mual dan Muntah

Selain sakit kepala, mual dan muntah juga kerap disepelekan sehingga jarang ada yang menyadari kalau gejala ini dapat menandakan adanya kanker otak. Mual dan muntah karena kanker otak akan terjadi sangat sering, dan ini juga cukup menyiksa hingga dapat mengurangi nafsu makan.

4. Gangguan Berpikir

Salah satu fungsi otak adalah untuk berpikir, mengingat dan berkonsentrasi terhadap sesuatu. Namun fungsi tersebut dapat terganggu jika pada bagian otak tertentu terserang tumor atau kanker otak. Penyakit ini dapat membuat penderitanya mengalami kepikunan yang parah dan kesulitan untuk dapat berkonsentrasi.

5. Kesulitan Koordinasi Tubuh

Koordinasi anggota gerak tubuh juga sangat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan otak. Jika otak terserang kanker otak, maka sistem saraf akan terganggu dan menyebabkan tubuh tidak dapat terkoordinasi dengan baik. Tangan dan kaki pun menjadi sulit untuk digerakkan karena perintah dari otak yang menjadi kacau.

6. Perubahan Mood Drastis

Otak juga memiliki kendali atau suasana hati atau perasaan seseorang. Penyakit kanker otak dapat merusak sel saraf yang berhubungan dengan perasaan sehingga penderitanya akan mudah mengalami perubahan mood yang sangat drastis. Kondisi ini dapat menurunkan semangat dan membuat penderitanya kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain.

Itulah beberapa gejala kanker otak yang sangat penting dipahami dan sebaiknya diwaspadai agar tidak sampai muncul. Menjaga kesehatan penting dilakukan, karena tindakan pengobatan akan semakin sulit dilakukan jika penyakit bertambah parah.