11 Pantangan Penderita Hipertiroid Harus Dihindari

Hipertiroid merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon tiroksin secara berlebihan oleh kelenjar tiroid. Tiroid adalah nama kelenjar yang berada di leher bagian depan dan berfungsi menghasilkan hormon untuk mengontrol proses metabolisme di dalam tubuh. Selain itu, hormon tiroksin juga berfungsi mengatur ritme jantung, berat badan, dan beberapa fungsi tubuh lainnya. Namun, ketika produksi hormon tiroksin menjadi berlebihan, yang terjadi akan membuat sebagian proses metabolisme di dalam tubuh semakin bergerak cepat. Inilah yang kemudian mengakibatkan gangguan seperti hipertiroid.

Hipertiroid umumnya menyebabkan ketidakseimbangan pada tubuh, terutama bagi wanita yang rentan pada kondisi ini. Meski memiliki risiko yang sejajar, wanita pada usia antara 14 hingga 40 tahun diperkirakan lebih sering mengalami hipertiroid tersebut. Hipertiroid juga bisa menimbulkan dampak yang lebih serius bila tidak segera ditangani secara alami dan medis. Selain memberikan penanganan, penderita hipertiroid juga wajib mengetahui pantangan serta anjuran untuk mengatasi gangguan tersebut. Berikut ini adalah beberapa pantangan penderita hipertiroid patut untuk diperhatikan.

1. Tepung Terigu

Tepung terigu merupakan bahan makanan yang sulit untuk dicerna. Apalagi kandungan nutrisi yang termuat didalamnya juga lebih rendah dibandingkan dengan biji-bijian. Makanan dengan bahan utama tepung terigu akan menyebabkan kadar glikemik yang tinggi pada tubuh sehingga memicu peningkatan hormon dan gula dalam darah.

2. Daging Merah

Kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam daging merah mengakibatkan gangguan pada keseimbangan hormonal tubuh. Mengganti daging merah dengan ikan akan lebih baik untuk menstabilkan kadar tiroksin anda. Tidak hanya itu, kelebihan konsumsi daging merah disaat anda mengalami penyakit lain (serangan jantung, diabetes tipe 2, kolesterol) justru akan menyebabkan anda sulit sembuh dari hipertiroid tersebut.

3. Produk Susu dan Olahannya

Penelitian yang telah dilakukan oleh sebagian besar ilmuwan membuktikan bahwa susu dan produk olahannya tidak disarankan bagi penderita hipertiroid. Pasalnya, dalam susu maupun produk olahan dari susu masih terkandung penisilin yang bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Tidak hanya itu, susu maupun olahannya seperti keju, yoghurt, atau es krim juga mengandung protein kasein yang bisa menyebabkan sistem pencernaan terganggu.

4. Makanan Beryodium

Yodium merupakan bahan yang mampu meningkatkan kinerja kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroksin. Makanan yang mengandung banyak yodium harus dihindarkan sejak diketahui seseorang tersebut terkena gangguan hipertiroid. Kandungan makanan beryodium memang cukup berpengaruh bagi penyakit yang menyerang bagian tenggorokan, seperti penyakit amandel. Oleh sebab itu, makanan beryodium juga termasuk pantangan amandel.

5. Kafein

Kafein yang terkandung dalam minuman kopi atau teh mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai stimulant. Hal ini bisa membuat kinerja kelenjar tiroid semakin meningkat, dan berakibat bagi penderita hipertiroid yang mengalami penurunan kondisi kesehatan. Oleh sebab itu, minuman dengan kandungan kafein juga harus ditinggalkan.

6. Kebiasaan Tidak Sehat

Mengonsumsi minuman beralkohol merupakan salah satu kebiasaan tidak sehat yang harus dihindari oleh penderita hipertiroid.Seperti yang kita ketahui, bahaya akibat minum minuman keras sangat berpengaruh besar pada kondisi kesehatan seseorang. Selain alkohol, penderita hipertiroid juga wajib menghilangkan kebiasaan buruk seperti menghisap tembakau. Kedua kebiasaan ini bisa memicu efek stimulant serta berdampak buruk dari senyawa nikotin tembakau yang akan berpengaruh pada kelenjar tiroid.


7. Junk Food dan Fast Food

Tidak hanya mengandung bahan-bahan praktis yang diolah menjadi makanan lezat. Sebagian junk food atau  fast food yang menjadi favorit anda ternyata berdampak besar pada kesehatan tenggorokan terutama saat anda menderita hipertirod. Junk food dan fast food juga tinggi kadar pengawet yang akan mengganggu keseimbangan hormon, khususnya tiroksin. Oleh sebab itu, sebagian dari penggemar makanan ini pasti pernah mengalami kesulitan menelan atau gangguan tenggorokan yang bisa menjadi awal kondisi hipertiroid.

8. Gorengan

Gorengan mengandung minyak dalam jumlah yang besar. Minyak inilah yang merupakan sumber kolesterol tinggi yang akan menjadi pemicu hipertiroid bagi seseorang.  Lemak yang melekat pada camilan yang digoreng juga termasuk lemak tidak sehat yang akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

9. Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung lemak bukan berasal dari makanan yang diolah dengan cara digoreng saja. Beberapa jenis makanan seperti lemak daging atau bagian lemak pada paha ayam, dan sejenisnya juga termasuk dalam makanan berlemak. Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, lemak jenuh juga memicu hormon tiroksin semakin meningkat.


10. Makanan atau Minuman Manis

Makanan atau minuman yang bercitarasa manis, sebaiknya tidak dikonsumsi terlebih dulu oleh penderita hipertiroid. Apalagi jenis makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan seperti Aspartam dan sejenisnya. Kandungan Aspartam yang dikonsumsi tubuh akan menyebabkan reaksi imun yang menyebabkan peradangan tiroid dan produksi antibody tiroid. Makanan serta minuman manis merupakan pantangan bagi penderita gangguan tenggorokan seperti hipertiroid maupun penyakit amandel yang juga memiliki beberapa  pantangan makanan setelah operasi amandel .

11. Kedelai dan Olahannya

Kedelai termasuk jenis makanan yang harus dihindari ketika mengalami hipertiroid. Selain kedelai utuh, produk olahan kedelai juga termasuk pantangan sementara bagi penderita hipertiroid, misalnya seperti tahu, susu kedelai, kecap, tempe, dan sebagainya. Kedelai mengandung isoflavongoitrogen yang mengganggu kinerja kelenjar tiroid.

Sekian artikel seputar pantangan penderita hipertiroid yang bisa kami sampaikan. Dengan mengetahui pantangan bagi penderita hipertiroid, diharapkan kita semua bisa semakin tahu bahwa pola hidup sehat wajib diterapkan sejak sekarang.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Hipertiroidisme