12 Cara Mengatasi Herpes Genital Paling Ampuh

918

Herpes genital merupakan infeksi pada alat kelamin yang bisa terjadi pada pria dan wanita. Infeksi ini disebabkan oleh virus herpes simpleks atau sering disebut sebagai HSV. HSV dapat menular dan masuk ke dalam tubuh melalui berbagai membran mukosa dalam tubuh, seperti mulut, kelamin dan kulit. Tidak ada obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi HSV tetapi berbagai cara mengatasi herpes genital dan bahaya penyakit herpes, yakni dengan obat-obatan, perawatan dan tindakan pencegahan sederhana seperti berikut:

1. Mengkonsumsi Acyclovir

Acyclovir oral merupakan obat yang terekomendas karena dapat digunakan sebagai obat infeksi akibat virus, seperti virus bernama Varicella zoster dan Herpes simplex. Konsumsi obat ini berguna dalam menangani luka lepuh pada mulut (cold sore), penyakit herpes genital, cacar air, serta cacar api (herpes zoster). Fungsi lainnya dari obat ini adalah sebagai pencegah infeksi virus pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah.

Acyclovir oral memang tak membuat virus mati sepenuhnya. Fungsi utamanya hanya sebagai penurun risiko perkembangan dan penyebaran virus ke bagian tubuh lain sekaligus mencegah datangnya kembali virus tersebut. Acyclovir juga dapat digunakan pada infeksi virus yang lainnya, akan tetapi obat ini tidak dapat digunakan pada infeksi virus yang pasti seperti pada common cold.

2. Konsumsi Famciclovir

Garam famciclovir diindikasikan untuk perawatan lepuh demam, infeksi mulut dan kondisi lainnya. Famciclovir tidak dapat menghilangkan virus secara langsung tetapi antivirus ini dapat memblokir replikasi DNA virus dan menghambat penyebaran virus.

3. Konsumsi Valacyclovir

Valacyclovir diketahui sebagai obat yang berguna dalam mengobati infeksi akibat beberapa jenis virus. Beberapa jenis penyakit yang bisa diobati valacyclovir meliputi Herpes labialis, Herpes zoster, Herpes simpleks, cacar air. Obat ini sewaktu masuk ke dalam tubuh bakal langsung melakukan proses pemecahan diri yang berubah menjadi zat aktif bernama acyclovir. Zat acyclovir dapat diandalkan sebagai pencegah virus untuk memperbanyak diri, menghambat penyebarannya, dan meringankan tingkat keparahan infeksi.

4. Gunakan Garam Mandi

Cara ini memang bukan solusi yang berasal dari tenaga medis, namun berendam di dalam air garam hangat berguna sebagai pereda rasa gatal, nyeri atau ketidaknyamanan karena infeksi herpes. Dianjukan pula untuk memanfaatkan aluminium asetat (Domeboro) atau magnesium sulfat (garam Epsom) sebagai peringan area yang terkena luka herpes.

5. Teh Celup Dingin

Tanin di dalam teh rupanya dipercaya oleh sebagian orang efektif dalam mendukung pengobatan infeksi. Penggunaannya sendiri bisa dilakukan dengan memanaskan air secukupnya untuk merendam teh celup, dinginkan teh celup dengan air dingin hingga tidak lagi hangat. Kelembaban kantong teh perlu dihilangkan lalu dilanjutkan dengan menempelkan teh celup ke lesi. Tunggu dulu beberapa menit barulah buang teh celup dan mulai mengeringkan area yang terkena segera dengan handuk bersih.

6. Lysine

Lysine ini adalah asam amino esensial yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia (di antaranya menyerap kalsium, membentuk kolagen, dan memproduksi karnitin). Untuk penderita herpes, lysine dapat membantu untuk mencegah infeksi dan berperan sebagai penghambat pembentukan arginin, sehingga proses replikasi virus herpes terdukung.

7. Soda Kue

Soda kue dapat diandalkan sebagai pengering lesi yang basah, sehingga akan menghilangkannya lebih cepat. Meskipun bukan pilihan pengobatan yang disarankan dokter tetapi soda berperan sebagai zat pengering, soda kue bersih dan menyerap secara alami.

8. Gunakan Echinacea

Echinacea terbukti efektif dalam menangani infeksi dan obat herbal alami ini pun makin populer saja beberapa tahun terakhir karena khasiatnya yang besar. Baik dalam bentuk jus atau bentuk ekstrak (yaitu teh) echinacea dapat dinikmati. Banyak orang mengandalkan echinacea sebagai obat herpes, tapi belum ditemukan bukti ilmiah akan efektivitas Echinacea dalam penanganan herpes.

9. Salep yang Mengandung Propolis

Propolis kita tahu sebagai bahan resin yang terkumpul dari tunas pohon poplar, walau proses panen adalah dari sarang lebah. Salep dengan kandungan propolis 3% propolis (Herstat atau ColdSore-FX) adalah yang dianjurkan untuk dioles pada lesi herpes sehingga mendukung penyembuhan luka.

10. Krim Lidah Buaya

Aloe vera mungkin bermanfaat untuk penyembuhan lesi herpes, khususnya di kalangan pria. Krim lidah buaya yang dioles langsung pada lesi dan dikeringkan dapat mengurangi durasi infeksi. Khasiat lidah buaya untuk kulit sendiri sudah sangat terkenal baik maka tak salah bila mencobanya.

11. Monolaurin

Monolaurin terdiri dari gliserol dan asam laurat, kandungan minyak kelapa. Sifat antiviral dan antibakteri sangat kaya di dalam minyak kelapa, bahkan memasak dengannya dan minum air kelapa bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Cara penggunaan sangat sederhana yakni dengan pengolesan minyak langsung pada area herpes genital. Atau, dapatkan tablet Monolaurin (jika dalam bentuk gelatin, buka kapsul, tuangkan ke dalam susu almond atau air kelapa). Namun, cari tahu apakah suplemen ini memiliki kontraindikasi terhadap obat yang tengah digunakan oleh Anda saat ini.

12. Mengunjungi Herbalis

Berkonsultasi dengan ahli herbal tentang kemungkinan mencari solusi bagi penyembuhan herpes merupakan salah satu solusi yang baik, ulkus Herpes biasanya nyeri dan luar biasa menyakitkan. Ada banyak tumbuhan yang dalam Ayurveda yang bahkan penggunaannya sudah selama ribuan tahun sebagai pereda sensasi terbakar, gatal dan kesemutan.

Herbal seperti Chandana (Santalum album), Devadaru (Cedrus Devdar), Nagarmotha (Cyperus rotundus), Guduchi (Tinospora cordifolia), kelompok tanaman Ficus seperti Ficus bengalenis dan Ficus religiosa, Sariva (Hemidesmus indicus), Utpala (teratai ), Yesthimadu (Glycirhiza glabra), terkenal karena manfaatnya dalam mendinginkan kulit. Campuran herbal tersebut dalam perbandingan yang sama untuk membantu mengatasi luka herpes dan lecet.

Cara penggunaannya yakni dengan rebus 1 sendok teh bubuk (menggunakan api kecil) dengan 450 ml air. Rebus hingga tersisa 100 ml. Gunakan ramuan ini untuk mencuci daerah yang terinfeksi. Untuk pasta, campur bubuk dengan susu, air mawar atau air biasa. Oleskan pasta ini ke daerah yang terinfeksi. Saat luka sedang terasa nyeri hebat dan rasa terbakar terjadi, pasta ini bisa diterapkan, sedangkan penggunaan langsung dianjurkan bila kelembaban meliputi daerah yang terkena infeksi.

Tes apa saja yang bisa ditempuh untuk mendeteksi herpes genital?

Untuk menentukan apakah penderita mengalami herpes genital dapat dilakukan beberapa pemeriksaan yakni :

  • Pemeriksaan kultur virus, metode pemeriksaan ini mengandalkan penggunaan sampel yang pengambilannya berasal dari ulkus di kulit atau sariawan untuk mengkonfirmasi adanya virus herpes.
  • Tes Polymerase chain reaction (PCR), tes ini memeriksa DNA  dari sampel darah untuk memastikan adanya HSV dan menentukan tipenya.
  • Pemeriksaan darah, tes ini untuk memeriksa antibodi HSV, yang mendeteksi adanya infeksi virus herpes sebelumnya.

Cara mengatasi herpes genital diatas hanya sebagai alat bantu guna meringankan bukan untuk menyembuhkan. Semoga bermanfaat dan selalu jaga pola hidup sehat sebagai pencegahan terhadap berbagai penyakit, termasuk penyakit kulit ini.