16 Cara Menyembuhkan Gagap Paling Efektif Secara Alami

gagap merupakan keadaan dimana seorang tidak mampu berbicara secaa lancar, gagap memang menyulitkan, teapi apa jadinya jika gagap sudah melekat pada diri anda, tetnu akan sulit dihilangkan. Tetapi sebenarnya gagap dapat disembuhkan dengan menggunakan terapi. Banyak terapi yang dapat dilakukan untuk mengobati gagap. Terapi gagap in ibertujuan untuk meningkatkan perkembangan otak agar mampu memberikan respon dan dorongan serta stimulus pada pita suara agar tidak mengalami kegagapan lagi. dengan terapi ini mampu untuk mengurangi gagab bahkan untuk cara menyembuhkan gagap. Terapi ini bukan merupakan pengobatan yang instan dengan terapi ini membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi asalkan rutin dilakukan makan kesempatan untuk berbicara lancar lebih cepat didapatkan. Berikut tips yang dapat digunakan untuk mengobati gagap

  1. Melakukan relaksasi pada mental

Tak hanya mental, tetapi fisik pun perlu direlaksasi. Terapi yang digunakan ini bukan lah terapi air putih yang biasanya dilakukan untuk mengobati berbagai macam penyakit, tetapi terapi ini lebih ke merilekskan mental dan fisik. Semakin seorang tidak rileks semakin gagap akan terjadi. Tetapi jika orang gagap dapat lebih rileks bicara pun akan lebih mudah dan lancar, dengan membiasakan hal ini tentu kelancaran dalam bicara akan dapat didapatkan.

  1. Lakukan sesering mungkin latihan

Latihan sangat diperlukan untuk membiasakan diri berbicara, dengan membiasakan diri untuk berbicara di depan cermin. Depan cermin merupkan cara paling efektif. Dengan membiasakan diri berbicara didepann cermin dengan kondisi yang rileks akan mempercepat pemulihan agar tidak gagap.

  1. Baca buku dengan suara

Membaca buku memang menyenangkan, asalkan dalam membaca tidak terlalu dekat karena jika terlalu dekat dapat menyebabkan penyakit mata seperti mata minus, Buta Warna, kelainan yang terjadi pada mata jika sudah demikian akan perlu banyak vitamin a dalam mengatasinya. Namun ternyata tidak hanya untuk menambah ilmu pengetahuan saja, tetapi membaca buku dengan suara dapat memperlancar si gagap dalam berbicaara karena ia terbiasa untuk bersuara.

  1. Lakukan visualisasi dalam mengatakan suatu hal

Hal ini memang sulit untuk dilakukan, tetapi hal ini sangat efektif jika mau dilakukan dengan benar-benar serius. Visualisasi akan lebih membuat si gagap terhindar dari kesulitan dalam berbicara. Selain memvisualisasikan dapat dilakukan dengan cara mengeja huruf demi huruf sebelum mengatakannya. Karena hal ini akan mengurangi efek kesalahan ketika akan berbicara.

  1. Lakukan dalam kerangkakan pikir yang baik

Sebelum berbicara usahakan harus tetap optimis, jangan merasa pesimis karena pesimis dapat membuat kesulitan dalam belajar. Bahkan kepesimisan ini justru akan membuat depresi pada si gagap ini. Melakukan kerangka dalam berfikir akan membantu si gagap lebih percaya diri dan lebih yakin dalam berbicara, sehingga lama kelamaan akan menjadi mudah dalam berbicara. Melakukan sesuatu dengan rutin akan menghasilkan suatu yang baik pula. Untuk itu hal ini tidak hanya dilakukan sekali saja tetapi harus dilakukan beberapa kali. Bahkan bisa dilakukan dengan berbicara sendiri atau berpidato di depan cermin untuk melatih lancarnya dlam berbicara.

  1. Lakukan latihan pernafasan

Pernafasan perlu dilatih agar tidak tergelincir dalam berbicara, pernafasan pun perlu latihan agar tidak terserang penyakit sesak nafas yang akan mempersulit dalam melakukan latihan berbicara. Melakukan latihan pernafasan ini akan membantu pernafasan menjadi normal dan dapat bernafas dengan panjang. Pernafasan yang rileks akan membantu berbicara semakin lancar. Karena kondisi yang tenang dan tidak terburu-buru. Bahkan dengan melakukan latihan pernafasan bila berbicara dalam waktu yagn lama tidak akan termegap-megap saat berbicara. Tentu hal ini sangat diperlukan untuk mereka yang gagap. Karena gagap membutuhkan waktu yang lama dalam berbicara dan ketanangan dalam berbicara. Dengan hal ini semua itu dapat didapatkan.

  1. Hindari kontak mata langsung

Ada beberapa orang yang malu ketika berbicara sehingga akan merasa tegang ketika berbicara dengan seseorang, tentu ia akan menjadi gagap jika tidak tenang, untuk itu bagi seorang yang gagap lebih baikuntuk melihat pada titik lains perti pada bagian rambut atau bagian yang lain yang tidak menunjukan kontak mata secara langsung. Bahkan tidak hanya untuk orang yang gagap saja, seorang yang normal dan tidak gagap saja ketika berbicara menatap mata seroang langsung akan menjadi patah-patah dalam berbicara, bisa jadi karena grogi atau karena ada perasaan yang lainnya yang menyebabkan ia menjadi gagap dalam berbicara.

  1. Ketahui penyebabnya

Untuk menyembuhkan segala penyakit tentu harus mengetahui penyebabnya. Denganmengetahui penyebabnya akan lebih mudah untuk mengatasi gagap. Gagap dapat di atasi dengan melakukan artikulasi secara terus menerus agar mampu hafal dan mudah dalam mengucapkannya.

  1. Pelan-pelan dalam berbicara

Dalam melakukan pembicaraan, lakukan secara perlahan, bicara yang terlalu cepat dpat membuat fikiran cepat dalam berfikr. Beda halnya denga yang pelan-pelan berbicaranya, dengan berbicara secara pelahan beraarti memberi kesempatan pada otak untukmembentuk kata-kata pada otak. Dengan demikian akan lancar dalam berbicara. Dengan cara inipun dapat menghilangkan Stress dalam berbicara

  1. Bernafas

Sebelum berbicara lakukanlah bernafas terlebih dahulu, bernafas dalam dalam akan membantu rileks tubuh dan fikiran sehingga untuk berbicara pun akan rileks, ketika tubuh dan fikiran rileks maka otak akan mampu bekerja dengan mdah sehinga kegagapan akan sulit terjadi.

  1. Bernyanyi

Memang sulit tampaknya untuk bernyanyi, apalagi untuk orang yang gagap, pasti bernyanyi terasa tidak enak, namun untuk melakukan benryanyi setiap hari ini akan memancing si gagap untuk terus berbicara, sehingga akan melatih terus menerus, selain itu bernyanyi pun dapat menjadikan fikiran lebih tenang. Sehingga akan lebih menyenangkan ketika belajar, kerilekskan dalam fikiran akan lebih menyenangkan. Itu sebabnya mengapa cara ini lebih banyak disukai daripada harus belajar membaca dengan suara keras.

  1. Lakukan terapi

Terapi ini dapat dilakukan oleh diri sendiri atau oleh bantuan orang yang sudah profesional. Terapis yang dilakukan diri sendiri bisa dilakkan dengan beberapa cara yang sudah diterangkan di atas tadi. Sedangkan untuk terapi yang dilakukan orang profesional ini tentu akan memberikan berbagai program-program tertentu yang elih efektif sehingga dapat menghentikan dan cara menyembuhkan gagap.

  1. Berfikir positif

Dengan selalu berfikir positif akan membuat mentallebih berani. Berfikir positif ini sering menjadi penolong ketika sedang mengalami kesulitan, termasuk pada kesulitan dalam berbicara. Berfikir positif memang sebuah hal yang cukkup penting, dengan melakukan berifkir postitif setiap orang akan terbiasa untuk bersikap baik dengan orang lain, hal ini tentu merupakan hidup baik seorang. Yang tentu akan membawa kebaikan ketimbang dengan hidup buruk.

  1. Membiasakan mengucapkan dengan lantang

Mengucapkan dan beruccap harus lantang, tidak boleh takut-takut, memang yang diucapkan haruslah perlahan, teapi tidak boleh dengan suara yang perlahan. Perlahan yang dimaksud adalah tidak terburu-buru dalam berbcara, teapi dalam alfal penguncapannya harus lantang dan jelas, hal ini tentu akan melatih keberanian seseorang dapam berbicara terutama pada si gagap, biasanya keberanianin akan mengalahkan kegagapan itu.

  1. Rangkai kata-kata

Sebelum bebicara biasakan melatih untuk merangkaikan kata-kta terlebih dahulu agar dalam pengucapannya tidak keliru, sehingga akan menghindari ketakutan dalam berbicara dan akan menghindarai kegagapan pula.

  1. Jangan diam

Menjadi pendiam akan membunuh mu, dengan menjadi pendiam tentu akan membuat seseorang ini menjadi tidak terlatih terutama dalam berbicara, hingga hal ini tidak baik untuk orang yang gagap karena tidak akan ada kesempatan untuk latihan.

Itulah cara mengobati gagap, dengan cara itu, tentu yang dilakuka secara berulang-ulang akan memudahkan seseorang untuk mengobati kegagapannya. Jika memang ingin semubuh dari suatu penyakit jangan pernah malas, terutama malas untuk berlatih.