10 Cara Mengatasi Diare Pada Ibu Menyusui

Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang umum menyerang masyarakat kita. Penyakit ini disertai dengan demam, mual, kram perut, dan intensitas buang air besar yang tinggi. Secara berlanjut diare ini dapat menimbulkan efek yang cukup parah. Tidak saja menyebebkan dehidrasi tetapi dapat menyebabkan kematian.

Penyebab diare disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan kita. Bakteri inilah yang akan menghambat sistem kinerja dari pencernaan. Orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak dapat diinfeksi oleh penyakit ini. Tergantung pola makan dan kebersihan tubuhnya.

Diare sungguh berbahaya ketika menyerang ibu menyusui Mengapa demikian, selain karena dapat menyebabkan dehidrasi. Dapat pula menurunkan sistem imun tubuh. Karena seseorang yang mengalami diare akan kesulitan untuk makan. Mulut terasa pahit dan tidak mood untuk makan. Tentu ini sangat menganggu akan perkembangan bauh hati yang ada dalam kandungan. Seseorang yang sedang menyusui tidak sembarang obat dapat dikonsumsi. Selain  menganggu  produksi asi. Tentu Anda para ibu tidak ingin mengalami kondisi yang demikian. Untuk itulah, melalui artikel berikut Anda para ibu akan mendapatkan pengetahuan terkait cara mengatasi diare pada ibu menyusui.

  1. Oralit

Oralit merupakan cara yang telah dipakai masyarakat sejak dahulu. Obat diare ini dapat ditemukan di toko obat atau apotek. Namun, ketika Anda dalam keadaan genting karena tidak menahan diare dapat membuatnya di rumah. Cara untuk membuat cukup mudah, siapkan satu sendok gula dan setengah sendok garam. Kedua bahan dicampur dalam segelas air dan diminum. Oralit ini sangat efektif untuk membantu menambah cairan tubuh yang hilang. Sebab ketika diarea akan banyak kehilangan cairan tubuh.

  1. Cuka Apel

Cuka apel ini banyak yang tidak mengetahui berguna untuk menyembuhkan diare. Sebab cuka inilah yang akan membantu melawan bakteri penyebab diare. cara untuk membuat obat dari cuka apel ini terbilang mudah. Cukup menambahkan satu sendok cuka apel dalam segelas air putih. Setelah itu diminum secara rutin 3 kali sehari. Untuk ibu hamil penting untuk mengkonsumsi tidak terlalu banyak.

  1. Yogurt

Yogurt ini merupakan salah satu minuman yang baik untuk penderita diare. Karena akan mampu memulihkan dan menjaga dari kesehatan sistem pencernaan. Produk susu biasanya tidak bagus untuk seseorang yang terkena diare. Berbeda dengan yogurt yang mengandung bakteri baik yang disebut probiotik. Probiotik ini melindungi usus dari bakteri penyebab penyakit seperti diare. Tidak saja itu, yogurt ini juga dapat membunuh bakteri jahat yang ada dalam usus.

  1. Pisang, nasi dan roti panggang

Makanan ini memang cocok dikonsumsi untuk seseorang yang menderita diare. Makanan ini rendah serat sehingga melalui makanan ini akan memadatkan tinja. Biasanya yang encer semakin lama akan semakin mengeras. Sehingga, lebih menjadikan tubuh lebih baik dari sebelumnya.

  1. Air Putih

Air putih yang biasa kita minum setiap hari ternyata baik untuk obat diare. Ketika terserang diare tubuh akan banyak kehilangan cairan. Salah satu cara untuk menganti cairan yang hilang ini adalah dengan minum air putih. Mengkonsumsi bukan dalam jumlah yang banyak melainkan dalam takaran yang pas untuk setiap harinya.


  1. Teh Chamomile

Teh ini merupakan salah satu cara teh herbal yang memiliki rasa yang unik. Teh ini bukan teh sembarangan seperti teh pada umumnya. Karena akan membuat tubuh menjadi hangat dan melegakan lambung. Selain itu, teh ini mengandung antibiotik dan antibakteri. Sehingga, baik untuk penderita dan juga untuk menjaga agar tubuh tidak terserang berbagai penyakit. Salah satunya diare.

  1. Makan Salak

Buah salah dipecaya oleh masyarakat sejah dahulu sebagai obat diare. Hal ini tidak lain karena rendah serat. Selain itu, akan mengeraskan tinja yang keluar. BAB yang encer berangsur-angsur menjadi lebih baik. Tentu buah yang banyak ditemukan di Indonesia ini akan sangat membantu mengobati diare.

  1. Mengkonsumsi Jambu

Mengkonsumsi jambu ternyata dapat menymbuhkan diare secara alami. Jambu yang dikonsumsi bukan jambu sembarangan melainkan jambu biji. Ketika mengkonsumsi akan mengurangi cairan dalam fasis pada penderita diare.

  1. Makanan yang Mudah Dicerna

Makanan yang dimaksud mengandung serat yang rendah. Ketika mengkonsumsi makanan yang tinggi serat akan sulit untuk dicerna. Sehingga, semakin memperparah akan diare. Makanan yang rendah serat dan mudah dicerna ini akan membentu menjadikan BAB normal kembali secara alami. Bagi ibu menyusui juga akan menjaga asupan gizi dan vitamin yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Sawo Muda

Buah sawo selain memiliki rasa yang manis juga bagus untuk penderita diare. Namun, nukan sawo yang sudah matang melainkan yang masih muda. Ini dikarenakan rasa sepat pada sawo muda  akan membentu mengeraskan cairan fases. Lambat laun akan menjadikan BAB normal kembali.

 

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Diare