Cara Mengatasi Sakit Kepala Akibat Hipertensi Agar Tidak Berbahaya

255

Salah satu hal yang sangat menakutkan dan sekaligus menyakitkan untuk penderita hipertensi adalah sakit kepala. Sakit kepala selalu menjadi gejala pertama yang mudah dikenal ketika tekanan darah mulai tinggi. Kondisi ini berhubungan dengan sempitnya pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otak sehingga bagian kepala akan terasa sakit, berdenyut dan sangat sakit.

Hal yang sangat berbahaya adalah kondisi ini bisa memicu pecah pembuluh darah atau aneurisma. Jika sudah terjadi pecah pembuluh darah karena pembuluh darah yang sangat sempit atau tersumbat maka bisa memicu kematian mendadak. Inilah bahaya darah tinggi yang sangat menakutkan.

Sehingga ketika sudah terkena sakit kepala maka segera lakukan pencegahan. Kemudian juga bisa mencoba cara mengatasi sakit kepala akibat hipertensi agar tidak berbahaya, seperti dibawah ini.

  1. Minum Obat Sesuai Resep Dokter

Jika ini bukan serangan darah tinggi yang pertama untuk Anda maka tentunya Anda sudah terbiasa menerima perawatan dokter. Dokter akan merawat dengan memberikan obat untuk menurunkan tekanan darah seperti sodium nitroprusside, nicardipine, nitrogliserin, labetalol dan jenis obat yang lain. Beberapa jenis obat harus diberikan lewat suntikan sehingga harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Obat seperti aspirin mungkin hanya meredakan sementara sehingga tetap harus periksa ke dokter. Selain itu juga bisa melakukan perawatan di rumah dengan obat darah tinggi alami. Tapi jika perawatan alami tidak membuat sakit kepala berkurang maka segera datang ke rumah sakit terdekat.

  1. Hidup dengan Cara Sehat

Semua penderita darah tinggi sebaiknya juga harus menjaga gaya hidup yang sehat. Hindari semua pemicu sakit kepala yang bisa mengarah kepada tekanan darah tinggi seperti konsumsi alkohol, merokok, kafein dan begadang. Tubuh Anda harus sehat kembali ketika sudah mulai merasa sakit kepala. Caranya adalah dengan mengatur waktu tidur yang cukup, konsumsi makanan yang sehat, dan lakukan gerakan ringan seperti berjalan kaki.

  1. Kendalikan Emosi dan Suasana Hati

Penyebab utama sakit kepala akibat darah tinggi Anda mungkin juga karena stres, tekanan dan emosi yang tinggi. Semua ini sangat berhubungan dengan perasaan dan suasana hati Anda. Jadi Anda perlu menarik nafas panjang dan cobalah melepaskan semua beban. Kesampingkan pikiran berat dan cobalah untuk mencari udara segar seperti jalan kaki, berenang, bersepeda atau berkebun. Namun hindari semua aktifitas ini jika sakit kepala sangat berat sampai tubuh tidak seimbang.

  1. Hindari Semua Pemicu

Jika sudah merasa sakit kepala seperti biasa ketika tekanan darah tinggi naik maka cobalah untuk waspada. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah mencoba untuk menghindari semua pemicunya. Hindari semua kegiatan yang menyebabkan sakit kepala, hindari semua aktifitas berat, cobalah untuk bersikap tenang, dan sementara jangan mengonsumsi makanan yang tinggi garam. Jaga agar tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan soda. Jika Anda sudah menghindari pemicu dan sakit kepala berkurang atau sembuh maka tetap lakukan pemeriksaan ke dokter.

Inilah beberapa cara mengatasi sakit kepala akibat hipertensi agar tidak berbahaya. Langkah perawatan awal ini perlu dilakukan untuk mencegah kondisi lanjut yang bisa menyebabkan kematian mendadak pada penderita darah tinggi.