Home Penyakit dan KelainanCacar Air 17 Cara Mencegah Cacar Air Bertambah Banyak Paling Ampuh

17 Cara Mencegah Cacar Air Bertambah Banyak Paling Ampuh

by Henny Anugerah

Cara mencegah cacar air bertambah banyak adalah upaya untuk menghentikan peningkatan jumlah lentingan berisi cairan meluas kebagian tubuh lain.

Cacar air merupakan penyakit kulit menular yang disebabkan oleh virus varicella zoster yang dapat menyerang jaringan kulit pria dan wabita disegala usia terutama pada seseorang yang seumur hidupnya belum pernah menjalani vaksin cacar.

Solusi terbaik

Seseorang yang telah mendapatkan vaksin cacar bukan berarti tidak akan pernah terhindar dari serangan virus varicella zoster namun vaksin dapat menurunkan resiko yang ditimbulkan dari virus  itu sendiri ketika terkena cacar air dari pada orang yang tidak sama sekali mendapatkan vaksin cacar.

Cara mencegah cacar air agar tidak bertambah banyak adalah dengan melakukan beberapa perubahan pola hidup sehat yang bisa diterapkan untuk selamanya .

1.Salep aciclovir

Salep aciclovir merupakan obat yang mampu menghilangkan bekas luka akibat cacar air yang menyembuhkannya tanpa bekas.Sealain itu aciclovir dapat dijadsikan cara mencegah cacar air bertambah banyak. Salep ini bisa digunakan secara aman sesuai dengan resep dokter yang diberikan setelah penderita cacar menjalaniu beberapa pemeriksaan fisik .

2. Istirahat cukup

Penderita cacar dapat beristirahatn cukup untuk menghimpun daya tahan tubuh agar mempercepat proses penyembuhan. Istirahat antara 7 hingga 8 jam setiap malam ampuh meningkatkan pembentukan jaringan baru pada jaringan kulit yang rusak akibat serangan virus varicella zoster.

3. Tetap mandi

Cara mencegah cacar air bertamnbah banyak adalah dengan cara tetap melakukan aktivitas mandi yang teratur dengan menggunakan air hangat dan sabun antiseptik. Mandilah dengan menggosok perlahan lahan tanpa harus memecahkan lentingan berisi cairan yang ada dipermukaan kulit. Menjaga kebersihan kulit saat menderita sakit cacar dapat membantu memperkecil penyebaran virus pada area kulit yang ada didekatnya.

4. Tidak Menggaruk

Tahan keinginan untuk mengagaruk lentingan cacar berisi cairan yang hanya akan menginfeksi kulit yang ada didekatnya jika cairan menyembur keluar. Lentingan yang digaruk akan membentuk luka baru yang rentan terkena infeksi dari bakteri jenis lain melalui udara dan akan meninggalkan bekas kehitaman. Gatal akan hilang sendiri seiring berjalannya waktu yang berkaiatan dengan aktivitas anda. Jika anda menyibukkan diri dengan kegiatan ringan seperti mendengarkan musik atau membaca maka rasa gatal akan berangsur hilang.

5. Pola makan sehat

Salah satu cara mencegah cacar air bertambah banyak pada anak dan dewasa adalah meningkatkan nutrisi pada makanan dan minuman. Pola makan yang sehat menjanjikan kesembuhan penyakit cacar menjadi lebih cepat karena nutrisi yang ada pada makanan akan memperbaiki jaringan kulit, Mempertebal imunitas tubuh dan mengembalikan tubuh dalam hal kemampuannya menolak benda asing. Hindari junkfood  yang ahnya akan menurunkan daya tahan tubuh dan mengacaukan sel sel pada jaringan kulit yang rusak akibat cacar.

6. Bedak anti gatal

Gunakan bedak tabur yang mengandung zat anti bakteri dan bertindak sebagai pengering luka. Bedak anti gatal mampu menjaga permukaan kulit tetap dalam keadaan kering tetapi normal tidak berminyak. Kondisi ini dapat mencegah penyebaran virus cacar pada lokasi permukaan kulit yang lain.

7. Mengganti peralatan tidur

Cara mencegah cacar air bertambah banyak yang paling dianjurkan adalah rajin mengganti dan mencuci semua peralatan tidur seperti sprei, Sarung bantal, Selimut dan lain lain, Agar tidak memberi peluang virus varicella zoster untuk memperluas perkembangbiakannya. Cara ini bisa mencegah penularan terhadap orang lain.

8. Mengganti pakaian

Selain rajin mengganti peralatan tidur cara mencegah cacar air bertambah banyak adalah mengganti baju yang dikenakan 2 hingga beberapa kali untuk memblokir pergerakan virus melebar kebagian tubuh lain.

9. Isolasi diri

Penularan virus cacar paling mudah melalui udara yaitu lewat percikan batuk, Bersin atau kontak fisik yang dapat menulari orang lain.  Percikan batuk dapat menulari bagian tubuh sendiri dan kemungkinan besar penyebaran virusnya akan cepat berjalan jika percikan tersebut mengenai kulit yang sedang mengalami iritasi, Luka terbuka atau lecet lecet ringan. Cara mencegah cacar air bertambah banyak dan menulari orang lain sebaiknya isolasikan diri sendiri  dengan cara tidak bersosialisasi sementara dengan  dunia luar sebelum cacar benar benar dinyatakan sembuh.

10. Hindari asap rokok atau radikal bebas lain

lingkungan yang bersih sangat berperan dalam menentukan cepat tidaknya proses penyembuahan cacar. Lingkungan yang tidak sehat memungkinkan cacar berkembang biak lebih cepat kebagian tubuh lain. Hindari asap rokok karena bahaya asap rokok hingga menyebabkan kematian menutup kemungkinan dapat menyerang penderita cacar yang masih  berusia dini atau jauhi bentuk radikal bebas lainnya yang hanya akan mengiritasi lentingan cacar yang berisi cairan. Ketika terjadi iritasilah lentingan rentan menjadi pecah.

11. Kompres batu es

Suhu tubuh yang tinggi dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat. Keringat hanya akan merangsang lentingan cacar menjadi terasa gatal dan menyebabkan penderita memilki keinginan kuat untuk melakukan tindakan menggaruk. Cara mencegah cacar air bertambah banyak adalah mengompres tubuh dengan batu es perlahan lahan agar lentingan tetap terjaga baik dan tidak pecah. Suhu sejuk pada es batu mampu menjaga suhu tubuh tetap seimbang dan menghambat kelenjar keringat agar tidak menproduksi peluh lebih cepat.

12.Air kelapa hijau

Air kelapa hijau mengandung zat anti racun yang mampu menekan infeksi pada luka luka yang telah menjadi lentingan cacar yang berisikan cairan. Air kelapa hijau bisa dikonsumsi 2 kali sehari untuk mencegah agar lentingan tidak mudah pecah dan luka yang diakibatkan oleh virus tidak lagi mengandung cairan sehingga tidak membentuk sebuah pemularan baru pada permukaan kulit lain.

13. Air kunyit

Selain air kelapa hijau ada kunyit yang bisa diambil airnya melalui proses diparut dan diperas dimana airnya bisa dioleskan secara hati hati pada tiap tiap lentingan cacar. Manfaat air kunyit yang mengandung anti bakteri dan anti mikroba tersebut dapat memblokir pergerakan virus varicella zoster dalam tubuh dan dijadikan cara mencegah cacar air bertambah banyak, Karena zat anti mikrobanya  dapat mempercepat penyembuhan luka yang ada didalam setiap lentingan cacar yang berisi cairan. Namun perlu diperhatikan tentang efek samping kunyit wajib diketahui pula jika digunakan secara berlebihan.

14. Air jagung

Salah satu buah yang juga masuk dalam golongan sayuran adalah jagung manis atau jagung biasa yang ternyata bisa dimanfaat untuk cara mencegah cacar air bertambah banyak. Kandungan gizi jagung sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka akibat cacar . Air jagung manis dapat dioleskan pada lentingan cacar agar lentingan cepat mengempis dan kering. Dengan demikian cacar tidak akan menyebar ke area kulit lainnya dan membuat lentingan baru.

15.Protein ditingkatkan

Penderita cacar yang ingin cacarnya tidak berkembang dan bertambah banyak ada baiknya untuk meningkatkan pola makannya dengan memperbanyak makan makanan yang mengandung zat protein tinggi. Protein dapat menggandakan tingkat daya tahan tubuh, Menpercepat pengeringan luka, Pengempisan cacar dan memperbaiki jaringan kulit yang mengalami kerusakan akibat luka atau infeksi bakteri. Makanan yang dimaksud misalnya Telur, Susu, Daging ayam tanpa kulit, Kedelai rebus dan lain lain.

16. Vaksin cacar

Bagi penderita cacar air ada baiknya berkonsultasi pada dokter tentang kapan waktu yang tepat untuk bisa melakukan vaksin cacar. Vaksin dibutuhkan untuk mencegah penularan atau munculnya penyakit cacar kembali dimasa depan walaupun mungkin presentasi untuk tertular kembali sangat kecil. Vaksin juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan bakteri jenis lain atau virus dari penyakit lain.

17. Suplemen vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C dalam dosis tinggi perlu diperhatikan cara penggunaannya yang benar agar manfaatnya dapat maksimal dirasakan oleh tubuh. Vitamin C mampu meningkatkan kekuatan dinding sel, Memperbaiki sel kulit yang rusak akibat cacar dengan sel kulit yang baru dan dapat memperkuat tubuh terhadap serangan bakteri atau virus cacar lebih lanjut. Minumlah suplemen vitamin C jika dibutuhkan atau sesuai dengan anjuran dokter.

You may also like