Home Penyakit dan KelainanBatuk 5 Perbedaan Batuk Berdahak dan Batuk Tidak Berdahak yang Penting Untuk Dikenali

5 Perbedaan Batuk Berdahak dan Batuk Tidak Berdahak yang Penting Untuk Dikenali

by Nur Wachid, S.Pd

Batuk pada umumnya telah di kenal masyarakat kita. Bahkan hampir dipastikan penah mengalami penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri ini. Memang penyakit ini begitu mudah menyerang tubuh. Terlebih ketika musim penghujang dan tubuh tidak dalam keadaan batuk akan mudah hinggap. Batuk sering dianggap sebuah penyakit yang ringan karena bisa sembuh dalam jangka waktu yang singkat. Namun, panting untuk anda pahami batuk juga tergolong panyakit yang berbaha. Terlebih tidak kunjung sembuh artinya berjalan dalam jangka waktu yang begitu lama. Karena bisa jadi batuk itu berupa penyakit TBC dan kangker paru-paru.  Sebuah penyakit yang begitu berbahaya bagi tubuh. Penting juga mengetahui penyebab sakit kepala akut. 

Batuk juga memiliki jenisnya yang penting untuk anda ketahui. Jenis inilah yang nanti akan membedakan tidak saja persoalan penyebabnya, tetapi juga persoalan cara untuk mengatasinya. Sebagai sebuah pembelajaran artikel ini akan mengupas perbedaan batuk. Adapun perbedaan itu terbagi menjadi batuk berdahak dan tidak berdahak. Perbedaan itu digolongan atas penyebabnya.

Penyebab Batuk Berdahak

Untuk megetahui lebih lanjut terkait dengan bahaya batuk berdahak berikut akan dijabarkan. Tentu untuk pembelajaran bagi anda.

  1. Gangguan Asam Lambung Tinggi

Seorang yang terkena asam lambung salah satu gejalanya berupa batuk berdahak. Batuk ini disebabkan oleh naikknya asam lambung dan mencapai saluran esophagus yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Iritasi inila yang akhirnya menyebabkan terjadi batuk berdahak. Anda juga disarankan untuk mengatahui terkait bahaya mandi saat kurang tidur .

  1. Asma Kronis

Penyakit asma ini tergolong penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan kemartian pada pederintanya. Namun, yang pentig untuk anda ketahui salah satu gejala yang disebabkan oleh penyakit ini berupa batuk yang berdahak. Batuk ini disebabkan oleh lempengan lendir yang berada di tenggorokan begitu banyak. Sehingga, menyebabkan batuk berdahak. Anda juga disarankan membaca asam lemak trans monoenoic.

  1. Batuk Rejan

Penyebab batuk berdahak ini memang tegolong berbahaya karena akan menimbulkan penderita mengalami perubahan tubuh. Utamanya berkaitan dengan penurunan berat badan yang begitu drastis. Selain itu, sakit pada tenggorokan yang diderita akan menghasilkan lendir yang berlebih. Lendir inilah yang mengakibatkan batuk berdahak. Penting untuk anda ketahui terkait gejala mata lelah

  1. Infeksi Paru-paru

Jenis penyakit ini salah satu gejalanya dalah batuk dengan mengelurkan lendir. Namun, bukan lendir sembarangan seperti pada batuk berdahak pada umumnya karena berwarna kuning. Penyebab dari penyakit ini merupakan virus flu yang mengakibatkan perangan dan menyerang paru-paru. Peradangan inilah yang salah satu penyebabnya berupa batuk dengen keluar lendir atau batuk berdahak. Peting juga untuk anda ketahui terkait cara menghilangkan stres.

  1. Kangker Paru-paru

Salah satu tanda terkena penyakit kangker paru-paru barupa batuk berdahak yang berlangsung cukup lama. Batuk ini tidak saja sekedar batuk biasa tetapi semakin lama akan semakin parah yang mengeluarkan darah. Jika hal itu terjadi tentu perlu diwaspadai sebagai kangker paru-paru.

Penyebab batuk tidak berdahak

Selain batuk berdahak, artikel ini juga membahas akan penyebab batuk tidak berdahak.

  1. Asap Rokok

Asap rokoh yang terhidup dapat menyebabkan batuk tidak berdahak. Hal ini disebabkan oleh kadungan racun yang dihasilkan oleh pembakaran puntung rokok. Paru-paru yang menghirup asap berbahaya ini akan menganggu sistem yang ada di dalamnya. Sehingga, ketika terhirup tenggorokan akan merasa tidak nyaman. Selain itu, zat yang berbahaya juga mengakibatkan tenggorokan dan paru-paru akan mengalami kerusakan.

  1. Alergi

Batuk tidak berdahak ini juga disebabka oleh alergi yang masuk ke dalam hidup. Jenis alergi ini bermacam  hal ada yang berupa debu, bulu, dan asap kendaraan yang berpolusi. Sehingga, hidung akan mengalami peradangan yang menyebabkan batuk tidak berdahak.

  1. Mangga

Buah yang menyegarkan ini juga dapat menimbulkan batuk tidak berdahal. Hal ini disebabkan oleh asam yang ada di dalam mangga. Rasa asam inilah akan tertinggal di tenggorokan sehingga menimbulkan batuk tidak berdahak.

  1. Makanan yang Digoreng

Jenis makanan ini memang tidak dianjurkan untuk kesehatan. Karena memang mengandung kolesterol yang tinggi. Selain itu, makanan yang digoreng juga dapat menyebabkan batuk tidak berdahak. Lemak yang terdapat di gorengan akan menganggu dan tersendat dirongga tengorokan. Lemak inilah yang menyebabkan batuk sering hinggap dalam tubuh anda.

  1. Keripik

Makanan cemilan ini memang enak untuk menemani ketika sedang bersantai. Terlebih harga yang ditawarkan juga tidak begitu mahal. Namun, penting untuk anda ketahui cemilan ini dapat menyebabkan batuk tidak berdahak. Hl ini disebabkan oleh minyal yang terkandung dalam kripik. Minyal ini akan menyebabkan rasa gatal di tenggokan, yang akhirnya akan menyebabkan batuk di berdahak.

 

 

 

 

 

You may also like