Penyakit Asam Urat Yang Patut Diwaspadai

602

Pada umumnya penyakit Asam Urat rentan menyerang orang dewasa. Kondisi buruk ini dengan mudah menular dan mempengaruhi semua orang ( termasuk anak – anak hingga lansia dan semua jenis kelamin ). Tetapi kelompok pria rentan terkena penyakit ini dibandingkan dengan kelompok wanita. Pada umumnya disertai penyakit batu ginjal dan encok khususnya menular kepada kelompok laki – laki berusia antara 30 s/d 50 tahun. Sementara terhadap kelompok wanita lebih banyak ditemukan pada mereka yang berusia menopause. Kelompok anak – anak dan usia remaja jarang mengidap penyakit ini.

Mengenal Tanda – Tanda Dan Gejala Anda Terkena Penyakit Asam Urat

Pada awal anda terkena penyakit ini tidak memunculkan gejala apapun, nah akan mulai terasa ketika si penderita sedang mengalami kondisi kronis / akut. Kami rangkum dari berbagai sumber berita akan menjelaskan tentang gejala umum anda mulai terkena sakit asam urat sebagai berikut :

  • Terasa nyeri pada sendi yang cukup parah dan terjadi secara mendadak menyerang pada waktu pagi hari dan paling sering pada waktu malam hari.
  • Sendi kemerahan dan mulai membengkak serta lunak.
  • Rasa panas pada area sekitar sendi.
  • Gejala asam urat terjadi dalam beberapa jam selama 1 s/d 2 hari. Tetapi jika sudah parah sekali maka bisa terjadi berminggu – minggu lamanya yang memunculkan penyakit encok. Encok bisa menyerang selama 6 s/d 12 bulan dengan intensitas yang berbeda – beda setiap harinya. Kondisi ini sudah termasuk ke dalam kondisi parah maka dianjurkan untuk segera periksa diri ke dokter.

Setelah anda mengenal tentang gejala awal terserang penyakit Asam Urat seperti tersebut di atas, maka selanjutnya ketahui tahapan dari penyakit Asam Urat.

Dikenal 3 tahapan penyakit Asam Urat yang diurut berdasarkan atas tingkat keparahan sebagai berikut :

  • Tahapan pertama adalah kandungan Asam Urat naik dalam darah tetapi belum diketahui gejala awal yang menyertai. Pada umumnya anda yang mengalami kondisi tahap pertama ini adalah baru bisa merasakan sakit setelah anda tahu bahwa anda terkena penyakit batu ginjal.
  • Tahapan kedua adalah kadar Asam Urat sudah mencapai tingkat tinggi dan membentuk kristal, ini terjadi pada bagian jari kaki. Anda akan mulai merasakan sakit / nyeri di area sendi namun kondisi buruk ini tidak berlangsung lama. Selanjutnya selang beberapa waktu barulah anda menyadari bahwa anda terserang gejala Asam Urat tahap kedua, dengan intensitas yang sering.
  • Tahapan ketiga adalah gejala Asam Urat semakin parah dan membentuk banyak kristal, selanjutnya akan menular kepada satu sendi saja. Akan muncul gumpalan – gumpalan zat dan mengkristal pada bagian bawah kulit. Anda akan merasakan sakit nyeri yang parah dan bisa merusak tulang rawan.

Untuk gejala awal, anda menderita penyakit ini hanya melalui dua tahapan saja yaitu tahap satu dan dua. Sedangkan tahap ketiga jarang terjadi karena ketika Asam Urat menyerang pada tahap kedua, mereka sudah menyadari bahwa terkena Asam Urat dan segera ditangani ke dokter. Nah apabila anda terkena demam disertai sendi memanas dan meradang maka segeralah mencari perawatan karena akan dengan mudah menjadi gejala awal munculnya infeksi akut.

Faktor Penyebab Terjadinya Asam Urat

Seperti dijelaskan di atas bahwa penyakit Asam Urat merupakan sebuah kondisi buruk dimana kandungan Asam Urat di dalam tubuh jumlahnya berlebihan. Dalam kondisi normal, zat kimia ini secara rutin akan dikeluarkan oleh jaringan tubuh terkait melalui tinja dan urin. Pada beberapa orang yang sudah terlanjur terkena Asam Urat, zat kimia ini tidak dapat diolah lagi oleh jaringan tubuh sehingga pada akhirnya zat tersebut akan membentuk kristal lalu menumpuk di area sendi yang menyebabkan munculnya peradangan.

Kami rangkum dari berbagai sumber berita selanjutnya akan menjelaskan tentang penyebab terjadinya penumpukan Asam Urat di dalam tubuh.

  • Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan / minuman yang mengandung Purin seperti daging atau olahan makanan dari laut dan alkohol. Yang dimaksud dengan Purin adalah zat kimia yang secara alami ada dalam tubuh melalui sebuah proses produksi dimana biasanya zat ini mudah dijumpai pada beberapa jenis makanan / minuman.
  • Terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan / minuman yang banyak mengandung Purin akan menyebabkan organ tubuh terkait merubahnya menjadi zat Asam Urat yang beresiko anda rentan terkena penyakit Asam Urat.
  • Jenis kelamin dan usia. Asam Urat paling sering dialami oleh kelompok laki – laki dan lansia daripada menyerang anak – anak, usia remaja atau dewasa muda.
  • Riwayat kesehatan dalam sebuah keluarga. Apabila pada jaman dulu salah satu anggota keluarga anda terkena penyakit Asam Urat maka jika anda kurang berhati – hati dalam menjaga diri bisa terkena penyakit yang sama. Ketahui terlebih dahulu riwayat kesehatan keluarga masing – masing, selanjutnya anda wajib waspada.
  • Anda terkena penyakit Diabetes, Jantung, gagal fungsi Ginjal, penyakit infeksi, arterosklerosis atau tersumbatnya pembulu darah, dan tekanan darah tinggi.
  • Dehidrasi. Jika tubuh anda kekurangan cairan maka akan sulit untuk mengeluarkan zat Asam Urat dan pada akhirnya menumpuk di dalam tubuh.
  • Usai pembedahan atau mengalami cedera. Cedera pada bagian sendi dapat menyebabkan anda terkena sakit Asam Urat. Dimana cedera ini akan memicu munculnya peradangan pada sendi yang selanjutnya membesar menjadi gejala Asam Urat.
  • Mengkonsumsi obat – obatan tertentu dalam jangka panjang. Diketahui bahwa obat – obatan tertentu yang anda konsumsi selama ini rentan menjadi penyebab munculnya penyakit Asam Urat yang menumpuk dalam tubuh, contohnya adalah obat – obatan Aspirin, penghilang rasa sakit ( akan meningkatkan resiko Asam Urat menjadi lebih parah apabila dikonsumsi dengan rutin 1 s/d 2 tablet per hari ). Obat diuretik yang berfungsi mencegah penumpukan cairan dalam tubuh. Obat kemoterapi untuk mencegah anda terkena sakit kanker. Dan obat – obatan yang menurunkan sistem kekebalan tubuh seperti Cyclosporine.
  • Berat tubuh anda yang berlebihan. Penyakit ini sangat mudah menyerang anda yang memiliki kondisi tubuh terlalu gendut, dimana indeks massa tubuh lebih dari 25 Kg/m 2 harus waspada terkena encok dadakan.
  • Jarang melakukan olahraga dengan rutin. Jika anda adalah termasuk ke dalam tipe orang yang suka berdiam diri saja di rumah dan malas melakukan kegiatan olahraga maka tubuh anda akan rentan terserang penyakit termasuk penyakit Asam Urat. Olahragalah dengan rutin sehingga anda mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan kekebalan tubuh yang optimal.

Mengetahui Tentang Diagnosis Dan Obat Penangkalnya

Jika seseorang merasa curiga bahwa dirinya terkena penyakit Asam Urat maka mereka wajib melakukan pemeriksaan yang dianjurkan oleh tim dokter seperti uraian kami tersebut di bawah ini :

1/Tes cairan sendi. Tes atau pemeriksaan ini wajib untuk anda lakukan yaitu dengan cara mengambil cairan pada sendi yang bengkak dengan memakai jarum suntik.

2/Tes darah. Pemeriksaan selanjutnya adalah tes darah yang bertujuan untuk mencari dan mengetahui tingkat / jumlah Asam Urat tertinggi atau masih normal dalam darah. 

3/Tes urin. Selain melakukan tes tersebut di atas, anda wajib melakukan pemeriksaan / tes urin. Zat kimia ini akan diketahui kadar ketinggiannya melalui urin anda. Apabila tidak normal maka kemungkinan besar anda terkena Asam Urat.

4/Rontgen dengan sinar X. Bagi anda penderita Asam Urat maka wajib melakukan rontgen dengan sinar X guna memeriksa penyebab terjadinya peradangan pada sendi.

5/CT-scan. Tes ini bertujuan untuk bisa mendeteksi lokasi dimana terjadi penumpukan kristal meskipun jarang memperlihatkan gejala jelas anda terkena Asam Urat.

Nah jika anda merasa sudah positif terkena penyakit Asam Urat namun malas berobat dan tidak mau melakukan terapi penyembuhan maka gejala – gejala awal tersebut di atas kondisinya akan semakin parah dan kemungkinan besar memunculkan gangguan kesehatan yang lainnya. Contohnya adalah :

1/Tophi. Tanda yang diperlihatkan adalah adanya penumpukan kristal – kristal pada bagian bawah dari permukaan kulit. Akan dengan mudah menjumpai gumpalan ini pada sekitar area jari – jari kaki, dengkul, telinga dan jari – jari tangan. Harus segera ditangani karena jika terlambat maka Tophi akan semakin membesar.

2/Kerusakan pada sendi. Jika anda belum juga memulai untuk minum obat Asam Urat maka persendian akan beresiko terkena kondisi pembengkakan yang permanen / akan rusak. Kondisi ini akan memicu anda beresiko terserang gangguan kesehatan pada tulang serta sendi lainnya.

3/Batu ginjal. Perlu untuk diketahui bahwa penumpukan kristal akan semakin parah terjadi pada sendi, jika kurang ditangani dengan profesional oleh seorang dokter maka kristal akan menumpuk pada Ginjal yang menyebabkan ginjal memiliki batu lalu akan menghalangi aliran urin untuk lancar keluar.

Apabila uraian dari kami ini masih kurang jelas bagi anda maka silahkan selanjutnya berkonsultasi dengan dokter sehingga anda benar – benar memahami solusi terbaik apa yang harus dilakukan sehingga dapat sembuh.