Efek Minum Kopi Setiap Hari pada Tubuh

195

Salah satu kebiasaan yang sangat umum untuk semua orang adalah kebiasaan minum kopi. Kopi menjadi minuman yang bisa diminum saat pagi hari, sore hari bahkan malam hari. Indonesia sebagai negara keempat penghasil kopi terbesar di dunia juga memiliki berbagai jenis kopi. Rasanya memang tidak lengkap jika tidak minum kopi setiap hari. Tapi ternyata ketika kita minum kopi setiap hari maka ada beberapa efek yang terjadi pada tubuh. Berikut ini penjelasan efek minum kopi setiap hari pada tubuh.

  1. Berkurangnya Risiko Penyakit Kanker

Kopi mengandung bahan antioksidan yang bisa membuat tubuh merasa mendapatkan energi yang tinggi. Minum kopi setiap hari ternyata bisa menurunkan beberapa risiko penyakit seperti diabetes tipe 2, kanker, demensia, parkinson, sirosis hati dan beberapa jenis kanker. Kopi dianggap sebagai obat ajaib yang bisa membantu tubuh mendapatkan antioksidan khusus . Hanya saja untuk mendapatkan manfaat ini maka hindari minum kopi dengan gula dan krim.

  1. Merasa Lebih Gembira

Kopi mengandung kafein yang bisa menyebabkan pengaruh pada otak. Kondisi ini kemudian akan menyebabkan otak mendapatkan efek hormon yang bisa memicu rasa gembira, suasana hati yang lebih baik dan bisa meningkatkan konsentrasi. Bahkan minum kopi diklaim bisa menurunkan keinginan bunuh diri. Studi ini bahkan sudah dibuktikan oleh Harvard’s School of Public Health.

  1. Membantu Meningkatkan Memori

Kafein pada kopi bisa membuat kita bersikap lebih waspada, lebih perhatian dan konsentrasi. Kondisi ini ternyata memiliki hubungan yang sangat baik pada otak. Orang yang sudah terbiasa minum kopi biasanya merasa otaknya bekerja lebih baik dan mengingat dengan cepat. Kafein dibuktikan memiliki hubungan yang sangat baik untuk meningkatkan memori jangka panjang. Tentu saja efek ini bisa Anda dapatkan jika minum kopi tanpa gula dan krim.

  1. Rasa Cemas Berlebihan

Minum kopi secara berlebihan juga bisa menyebabkan rasa cemas yang berlebihan. Ini menjadi efek negatif kopi yang bisa membuat tubuh sulit tidur, lebih waspada, dan efek ketergantungan kafein. Efek ini akan terjadi ketika Anda berhenti minum kopi dalam waktu yang lama. Dosis kafein yang masuk ke tubuh mungkin sudah sangat tinggi sehingga jika akan berhenti harus dilakukan secara perlahan. Namun efek ini juga bisa disebabkan oleh dampak metabolisme tubuh setelah minum kopi setiap hari.

  1. Kolesterol Meningkat

Minum kopi setiap hari juga bisa meningkatkan kolesterol dengan sangat cepat. Efek ini bisa terjadi Anda sudah terbiasa minum kopi dengan susu dan gula. Campuran kopi dan susu menyebabkan cafestol yang bisa meningkatkan kadar LDL secara perlahan dan pasti. Karena itu jika Anda ingin minum kopi setiap hari maka pilih jenis minuman kopi tanpa gula, krim dan susu.

  1. Hipertensi

Minum kopi setiap hari juga akan menyebabkan efek darah tinggi secara perlahan dan terus menerus. Dalam waktu yang lebih lama maka menjadi hipertensi dan biasanya dampak ini terjadi dalam waktu yang lama. Kopi bisa menyebabkan efek pada pembuluh darah yang kemudian membuat beberapa pembuluh darah terhambat oleh plak dan kolesterol yang sudah terbentuk. Ini risiko yang berbahaya karena bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Itulah efek berbahaya akibat minum kopi setiap hari. Memang ada efek positif dan negatif dimana ini sangat tergantung dengan kebiasaan dan cara membuat kopi. Untuk menghindari efek negatif maka minum kopi saja tanpa gula, krim dan susu.