Latanoprost – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

LatanoprostApa yang anda ketahui tentang Latanoprost? Sebenarnya obat ini memiliki nama lain yaitu Xalatan. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengatasi tekanan yang tinggi yang terjadi pada mata. Kondisi ini diakibatkan oleh glukoma tipe open angle atau sudut terbuka maupun juga disebabkan oleh penyakit mata yang lainnya.

Glaukoma adalah penyakit berupa kerusakan saraf mata yang mana kondisi ini mengakibatkan tingkatan tinggi pada bola mata. Kondisi ini disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada sistem cairan yang ada pada mata. Gejala atau glaukoma awal yang tak kunjung diberikan pengobatan bisa menimbulkan rasa nyeri pada mata atau bahkan bisa mengakibatkan sakit kepala.

Sebenarnya ada dua tipe glaukoma. Yang pertama glaukoma sudut terbuka dan yang kedua adalah glaukoma sudut tertutup. Untuk glaukoma sudut terbuka inilah yang merupakan salah satu penyakit yang bisa disembuhkan dengan menggunakan Latanoprost. Namun bagi anda yang ingin membeli Latanoprost, maka anda harus menyertakan resep dokter. Biasanya obat ini tidak akan bisa anda dapatkan secara langsung karena ia merupakan obat keras.

Selain itu, karena Latanoprost termasuk obat keras sehingga anda harus memperhatikan setiap takaran dosis yang ada. Di bawah ini kami akan memberikan informasi lainnya yang berhubungan dengan Latanoprost yang harus anda perhatikan. Dengan begitu, anda bisa menggunakan Latanoprost sesuai ketentuan medis untuk kesembuhan mata anda.

Fungsi Latanoprost

  • Seperti yang sudah kami terangkan sebelumnya bahwasanya Latanoprost merupakan obat yang digunakan untuk mengobati tekanan tinggi pada mata yang mana kondisi ini diakibatkan oleh glaukoma sudut terbuka atau open angle.
  • Latanoprost juga merupakan obat yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit mata yang lainnya seperti hipertensi okuler.
  • Latanoprost bermanfaat untuk meredakan tegangan yang terjadi pada mata sehingga bisa menghindarkan anda dari kebutaan.

Kontraindikasi Latanoprost

  • Bagi seseorang yang memiliki masalah berupa alergi terhadap kandungan di dalam Latanoprost disarankan untuk berbicara dengan dokter mengenai kondisinya tersebut.
  • Seseorang yang juga terindikasi pernah mengalami hipersensitivitas juga sebaiknya berbicara kepada dokter mengenai kondisi yang dialaminya. Dokter bisa memberikan saran agar seseorang tersebut menggunakan obat lainnya atau tetap menggunakan Latanoprost namun dengan dosis yang berbeda.
  • Penggunaan Latanoprost bagi pasien yang memiliki riwayat iritasi mata kemungkinan harus dihindari, kecuali jika dokter memiliki pertimbangan yang lain.

Dosis Latanoprost

Penggunaan dosis pada Latanoprost maupun obat yang lainnya harus benar-benar diperhatikan.

  • Dosis yang diberikan kepada orang dewasa yang mengalami hipertensi intraokular adalah sebanyak 1 tetes. Ingat, Latanoprost hanya diteteskan pada mata yang mengalami masalah. Anda hanya perlu meneteskannya sekali dalam sehari yakni ketika malam hari.
  • Dosis yang diberikan kepada orang dewasa yang menderita glaukoma adalah sebanyak 1 tetes untuk sekali dalam sehari. Anda harus meneteskanya ketika malam hari.
  • Adapun mengenai dosis Latanoprost yang diberikan kepada anak-anak masih belum diketahui. Maka dari itu, anda bisa bertanya kepada dokter mengenai informasi yang lebiih lengkap seputar dosis Latanoprost.

Cara Penggunaan Latanoprost

  • Latanoprost harus selalu digunakan seperti apa yang sudah tertera pada kemasan atau resep yang sudah diberikan oleh dokter.
  • Tutup rapat penutup Latanoprost setelah anda menggunakannya.
  • Anda hanya meneteskan Latanoprost pada mata yang terkena luka.
  • Jangan sampai mengucek mata anda sebelum maupun setelah meneteskan obat ini.
  • Jika selama penggunaan Latanoprost ternyata mata anda mengalami masalah-masalah yang berhubungan dengan alergi, maka silahkan anda hubungi dokter.