Home Merk Obat A-ZMerk Obat K Konipid – Fungsi – Obat Apa – Dosis dan Cara Penggunaan

Konipid – Fungsi – Obat Apa – Dosis dan Cara Penggunaan

by Robi Diansah

Konipid merupakan merek obat resep dokter yang umumnya digunakan untuk membantu mengatasi keluhan sakit darah tinggi atau hipertensi. Dilansir dari farmasi id, obat merek konipid ini juga dapat membantu mengatasi iskemia miokard karena angina stabil atau angina prinzmetal.

Penyakit darah tinggi dapat menyerang siapa saja, termasuk pasien yang usianya lebih muda. Perubahan gaya hidup yang menjadi kurang sehat, bisa menjadi salah satu bahaya garam bagi penderita hipertensi dan pemicunya. Obat merek konipid ini disarankan untuk dikonsumsi secara tersendiri. Konipid di produksi oleh pabrik farmasi PT. Konimex dalam bentuk tablet yang siap minum.

Kandungan Konipid

Merek obat konipid, yang direkomendasikan untuk mengobati penyakit darah tinggi ini, memiliki kandungan zat aktif yang disebut amlodipine. Amlodipine memiliki kinerja dengan cara melemaskan dinding serta melebarkan diameter pembuluh darah pada pasien penderita hipertensi.

Setelah itu, efek yang ditimbulkan adalah aliran darah mengalir menuju jantung dan mengurangi tekanan darah dalam pembuluh. Amlodipine juga menghalangi kadar kalsium yang masuk dalam sel otot pada dinding pembuluh darah organ jantung.

Fungsi Konipid

Sebagai obat darah tinggi dengan kandungan zat aktif amlodipine, maka Konipid ini memiliki fungsi utama sebagai obat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan ciri-ciri darah tinggi pada pasien yang mengalaminya. Selain itu, pasien dengan keluhan sakit angina, stroke, penyakit ginjal dan serangan jantung.

Dosis Konipid

  • Pemberian obat merek konipid pada pasien darang tinggi, sebaiknya diberikan berdasarkan keluhan yang diderita dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.
  • Adapun dosis konipid untuk mengatasi keluuhan hipertensi dan angina, diberikan dosis sebanyak 5mg dengan aturan minum 1 kali per hari.
  • Dosis tersebut dapat ditingkatkan maksimal, menjadi 10 mg per harinya.
  • Sedangkan cara mencegah darah tinggi untuk anak usia 6-17 tahun, umumnya diberikan dosis sebanyak 2.5 hingga 5 mg per harinya, satu kali.

Cara Penggunaan Konipid

  1. Konipid yang dikonsumsi dengan cara yang benar, maka akan menghasilkan manfaat yang maksimal juga untuk menurunkan darah tinggi yang dialami.
  2. Agar efeknya optimal, pastikan cara mencegah tekanan darah tinggi, Anda menentukan waktu per harinya yang persis sama, untuk mengkonsumsi obat ini.
  3. Hindari untuk melewatkan dosis obat ini.
  4. Pastikan juga meminum obat konipid tablet dengan air putih sebelum atau sesudah makan.

Kontraindikasi Konipid

Obat merek konipid dengan kandungan amlodipine ini, dapat menimbulkan kontraindikasi pada pasien berupaa hipersensitifitas yang dirasakan pasien terhadap dihidropiridin.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum mengkonsumsi obat merek konipid ini, sebaiknya Anda memperhatikan bahaya darah tinggi beberapa hal penting terkait obat tersebut, agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Berikut hal-hal penting tersebut:

  • Pasien dengan riwayat penyakit gagal ginjal dan hati serta sudah memasuki usia lansia, sebaiknya waspada mengkonsumsi obat ini dan harus atas resep dokter
  • Kandungan amlodipine pada konipid ini umumnya bisa membuat kepala terasa pusing
  • Sebaiknya, pasien yang sedang mengkonsumsi obat konipid, tidak mengemudi dan mengoperasikan alat-alat berat
  • Pasien dengan riwayat penyakit jantung, liver, hingga pembuluh darah jantung dan tekanan darah rendah, sebaiknya berkonsultasu dulu ke dokter sebelum mengkonsumsi konipid

Konipid untuk  Wanita Hamil

Merek obat konipid dengan kandungan amlodipine ini mungkin cocok dan tidak cocok jika dikonsumsi oleh wanita hamil. Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter, sebelum wanita hamil mengkonsumsi obat konipid dengan kandungan zat aktif tersebut.

You may also like