Konigen – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

213

KonigenKonigen adalah obat yang diproduksi oleh PT. Konimex. Obat ini merupakan obat keras sehingga ketika anda menggunakannya harus memperhatikan dosis yang akan anda gunakan tersebut. Jika salah dosis, maka bisa mengakibatkan obat ini tidak bekerja secara maksimal dan dikhawtirkan malah menyebabkan masalah untuk anda.

Adapun fungsi yang terkandung di dalam Konigen yaitu mengatasi penyakit infeksi kulit yang diakibatkan oleh bakteri. Di dalam Konigen, terkandung zat aktif bernama gentamicin yang kita tahu bahwa ia masuk ke dalam antibiotik golongan aminoglikosida. Obat ini dipasarkan dalam bentuk krim, dimana kemasannya yaitu tube 10 gram. Tiap kemasan pada obat ini mengandung setidaknya 0.1% gentamicin sulfate.

Sekedar informasi bahwa gentamicin biasanya digunakan secara luas di dalam mengatasi berbagai macam infeksi yang diakibatkan oleh bakteri gram negatif. Beberapa kondisi tersebut antara lain Pseudomonas, Serratia, Proteus, dan jugaStaphylococcus. Selain itu, gentamicin juga dimanfaatkan di dalam pengobatan septikemia.

Septikemia merupakan kondisi berupa keracunan darah yang diakibatkan oleh bakteri patogenik ataupun zat yang dihasilkan oleh bakteri tersebut. Selain itu, masih ada penyakit lain yang juga memanfaatkan gentamicin untuk mengatasinya. Beberapa diantaranya seperti meningitis, infeksi kulit dan jaringan, infeksi saluran kemih, dan lain sebagainya.

Fungsi Konigen

  • Konigen merupakan obat yang digunakan untuk mengobati infeksi kulit primer. Beberapa kondisi yang berkaitan antara lain impetigo contagiosa, ecthyma, furunkulosis, folikulitis superfisial, pioderma gangrenosum, dan juga sycosis barbae.
  • Konigen juga dipakai di dalam pengobatan infeksi kulit sekunder, seperti dermatitis eczematoid, dermatitis seborotik, jerawat. dermatitis kontak, psoriasis pustular, kista kulit, laserrasi terinfeksi, paronychia, luka bakar disertasi infeksi, dan lain sebagainya. Bahkan termasuk infeksi yang diakibatkan oleh gigitan serangga.

Bagi anda yang ingin tahu informasi yang lebih lengkap tentang kegunaan dari Konigen, maka silahkan anda tanyakan kepada dokter.

Kontraindikasi Konigen

  • Obat Konigen tidak dianjurkan diberikan kepada seseorang yang pernah mengalami alergi terhadap gentamicin.
  • Obat ini juga tidak dianjurkan digunakan oleh seseorang dengan hipersensitivitas terhadap gentamicin maupun obat yang masuk ke dalam antibiotik aminoglikosida.
  • Konigen juga harus dihindari penggunannya untuk bayi baru lahir maupun juga bayi prematur.

Dosis Konigen

Lalu seperti apa dosis yang harus diberikan bagi mereka yang menggunakan Konigen? Meskipun obat ini merupakan obat krim atau obat oles, namun anda tetap harus menggunakannya sesuai dengan ketentuan agar tidak sampai menimbulkan masalah.

  • Dosis secara umum yang harus diberikan adalah cukuip oleskan secukupnya sebanyak 3 sampai dengan 4 kali setiap harinya.
  • Anda hanya perlu mengoleskannya pada bagian kulit yang mengalami infeksi. Jangan pernah mengoleskan terlalu berlebihan.

Cara Penggunaan Konigen

  • Cuci tangan anda terlebih dahulu sebelum mulai menggunakan Konigen.
  • Gunakan Konigen secara rutin dan dianjurkan di jam yang sama agar obat ini bisa bekerja lebih maksimal.
  • Jangan pernah mengoleskan di bagian yang masih memiliki luka basah atau bekas luka lain yang belum sembuh.
  • Oleskan secukupnya hanya pada area yang mengalami infeksi.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan

  • Konigen hanya untuk infeksi kulit dan jangan sampai terkena mata.
  • Konigen tidak efektif digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh jamur maupun juga virus.
  • Jika obat ini digunakan dalam mengatasi bisul atau impetigo contagiosa, anda harus membersihkan kerak terlebih dahulu sebelum mulai mengoleskannya ke kulit. Hal ini bertujuan agar kontak yang terjadi berlangsung secara maksimal.
  • Konigen tidak dianjurkan untuk pengobatan jangka panjang.