Kenacort-A – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

156

Apa yang anda ketahui tentang obat Kenacort-A? Obat ini mengandung triamcinolone yang mana ia memiliki fungsi untuk mengatasi peradangan dan juga alergi. Kenacort-A tergolong ke dalam obat resep sehingga untuk anda yang ingin menggunakannya, maka anda harus menggunakan resep dokter.

Beberapa kondisi yang bisa disembuhkan dengan Kenacort-A adalah gatal, pengapuran tulang, kemerahan, alergi, ruam kulit, dan lain sebagainya. Penggunaan Kenacort-A harus benar-benar sesuai dengan apa yang telah diberikan oleh dokter di dalam resepnya sehingga pengobatan yang anda jalani mampu memberikan hasil yang maksimal.

Kenacort-A berbentuk krim meskipun sebenarnya masih ada varian lainnya yakni ada yang berbentuk tablet, injeksi atau IV, sampai ada obat yang berbentuk spray. Perlu anda tahu bahwa triamcinolone merupakan zat yang termasuk ke dalam kortikosteroid poten, namun agar sedikit berbeda dengan golongan kortikosteroid yang lainnya.

Hal ini disebabkan karena triamcinolone memiliki efek anti alergi dan anti inflamasi dan juga glukoneogenesis yang lebih kuat dan juga memiliki efek retensi garam yang lebih rendah. Di bawah ini akan kami berikan informasi yang lebih lengkap mengenai Kenacort-A.

Fungsi Kenacort-A

  1. Kenacort-A merupakan obat yang digunakan untuk mengobati pengapuran tulang.
  2. Kenacort-A juga digunakan untuk membantu mengatasi gatal pada kulit dan juga kemerahan.
  3. Indikasi lain yang ada pada Kenacort-A adalah sebagai solusi untuk bersin-bersin dan juga sesak nafas.
  4. Kenacort-A juga digunakan mengatasi berbagai macam masalah peradangan dan juga alergi lainnya yang berhubungan dengan tulang dan sendi.

Bagi anda yang ingin mengetahui indikasi lain yang terkandung di dalam Kenacort-A, maka silahkan anda tanyakan kepada dokter karena mungkin saja ada indikasi lain yang belum kami sebutkan.

Cara Kerja Triamcinolone

Adapun cara kerja dari zat ini adalah dengan mencegah terjadinya pelepasan enzim hidrolase yang memiliki sifat asam dan juga destruktif yang berasal dari sel darah putih sehingga nanti dapat menurunkan permeabilitas pada dinding kapiler dan juga pembentukan edema.

Kontraindikasi Kenacort-A

  • Bagi anda yang pernah mengalami alergi terhadap kandungan di dalam Kenacort-A dianjurkan untuk berhati-hati ketika hendak menggunakannya.
  • Kenacort-A kemungkinan akan berkontraindikasi terhadap seseorang yang memiliki riwayat hipersensitivitas.
  • Selain itu, kemungkinan penggunaan Kenacort-A tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.
  • Kenacort-A juga akan berkontraindikasi bagi seseorang yang secara bersamaan juga sedang menggunakan atau mengkonsumsi obat kulit yang lainnya.

Dosis Kenacort-A

  • Ingat, penggunaan Kenacort-A harus berdasarkan keterangan yang sudah diberikan oleh dokter. Jadi, jangan sembarangan menggunakan Kenacort-A jika anda tidak mendapatkan persetujuan dokter.
  • Dosis yang harus diberikan kepada pasien yang ingin menggunakan Kenacort-A adalah dengan mengoleskannya sebanyak 2 sampai dengan 3 kali dalam sehari. Anda cukup mengoleskan dan menggosokkannya secara lembut ke daerah yang ingin anda obati.

Cara Penggunaan Kenacort-A

  1. Kenacort-A harus selalu digunakan sebagaimana instruksi yang sudah diberikan oleh dokter.
  2. Jangan pernah mengoleskannya secara berlebihan pada area yang bahkan tidak mengalami peradangan atau alergi.
  3. Oleskan hanya secukupnya dan secara tipis pada area kulit yang mengalami masalah.
  4. Jauhkan Kenacort-A dari kontak dengan mata maupun juga area kulit yang masih memiliki luka yang belum kering.

Cara Penyimpanan Kenacort-A

  1. Kenacort-A harus selalu disimpan di tempat yang memiliki suhu ruangan.
  2. Jangan pernah menyimpan Kenacort-A di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung agar supaya tidak sampai merusak kualitas obat ini.
  3. Kenacort-A juga tidak dianjurkan untuk disimpan di tempat yang mudah dijangkau oleh anak-anak maupun hewan peliharan anda.
  4. Yang tidak kalah penting, jangan meletakkan Kenacort-A di tempat yang bercampur dengan benda bau menyengat.