Kalquest – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

81

Merek obat kalquest yang hadir dalam bentuk sachet ini merupakan obat yang digunakan untuk mengobati penyakit hyperkalemia. Seperti kita ketahui, penyakit hyperkalemia merupakan kondisi peningkatan kadar kalium darah yang terjadi saat fungsi ginjal menurun ( telah terjadi gagal ginjal) dan menimbulkan penyakit ginjal.

Selain itu, pasien yang sering mengkonsumsi suplemen kalium berlebihan, mengalami penyakit diabetes tipe 1 juga rentan terkena penyakit hyperkalemia. Obat kalquest ini merupakan obat generic resep dokter dalam bentuk powder yang dapat dicampur air atau sirup, serta di produksi oleh pabrik farmasi Novell Pharma.

Kandungan Kalquest

Obat resep dokter ini memiliki kandungan tertentu yang dapat membuat kondisi penyakit yang dialami pasien menjadi lebih membaik. Zat aktif yang terdapat dalam obat kalquest ini adalah Ca polystyrene sulfonate. Zat aktif ini bekerja untuk menghambat laju perburukan fungsi ginjal, mengatasi jenis penyakit ginjal khususnya pada pasien yang mengalami gagal ginjal akut dan kronik.

Fungsi Kalquest

Obat merek kalquest dengan kandungan Ca polystyrene sulfonate ini, memiliki fungsi sebagai obat hyperkalemia dengan gangguan kadar kalium yang tinggi dalam darah, baik kondisi akut maupun kronik yang merupakan penyebab gagal ginjal. Selain itu, mungkin juga akan digunakan untuk tujuan lainya, berdasarkan resep dokter.

Dosis Kalquest

Dosis merupakan petunjuk penggunaan obat untuk pasien, agar sakit yang dialami bisa segera sembuh. Dosis harus sesuai dengan petunjuk dokter. Adapun dosis obat Kalquest ini untuk dewasa sebanyak 15-30 gram per hari, kemudian dosisnya ditambahkan dengan 30 – 50 ml air. Dosis tersebut juga dibagi dalam 2 hingga 3 kali pemberian. Adapun dosis untuk anak-anak, harus kenali 6 gejala gagal ginjal yang paling mudah terlihat kemudian berikan sebanyak ½ dosis dewasa.Sebaiknya perhatikan dosis yang sesuai dengan anjuran dokter.

Cara Penggunaan Kalquest

  1. Obat merek kalquest dengan kandungan Ca polystyrene sulfonate ini, umumnya diberikan sebagai obat melalui mulut, melalui tabung pengisi perut, maupun sebagai enema dubur.
  2. Obat dalam bentuk powder ini dicampur dengan air atau sirup (agar rasa lebih enak) dan diminumkan pada pasien.
  3. Obat ini sebaiknya dikonsumsi saat kondisi perut pasien kosong, sekitar 1 hingga 2 jam sebelum atau sesudah makan.

Hal-Hal yang perlu Diperhatikan

Sebelum mengkonsumsi obat merek kalquest ini, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, seperti pantangan pasien cuci darah agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari obat ini. Berikut ulasanya:

  • Selama menggunakan kalquest ini, jangan lupa untuk terus melakukan monitor kadar K dan kalsium secara berkala
  • Pasien dengan keluhan  stenosis intestinal, tukak GI, hipertiroid, hingga myeloma multiple sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter, sebelum mengkonsumsi obat ini
  • Pasien juga harus melakukan uji darah selama penggunaan kalquest, untuk memastikan obat ini membantu proses penyembuhan atau tidak

Kalquest untuk Wanita Hamil

Obat merek kalquest dengan kandungan Ca polystyrene sulfonate ini, tidak diketahui memiliki resiko terhadap wanita hamil. Namun, dilihat dari kategori obatnya yang tergolong pada C, maka kemungkinan resiko ini bisa muncul jika dikonsumsi wanita hamil. Sebaiknya, wanita hamil yang diresepkan obat merek kalquest, harus berdasarkan petunjuk dokter.