Kalitake – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

400

Apakah anda tahu obat Kalitake? Kalitake merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi hiperkalemia yang disebabkan oleh gagal ginjal akut maupun juga kronis.

Perlu anda tahu bahwa hiperkalemia merupakan kondisi dimana jumlah kalium yang ada di dalam darah memiliki jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi normal.

Umumnya, kadar kalium sebanyak 5 mEq/L. Artinya, seseorang yang menderita hiperkalemia menderita kadar kalium yang tinggi yang ada di dalam darahnya. Kondisi ini tentunya  merupakan kebalikan dari hipokalemia dimana kadar kalium di dalam darah lebih rendah dibandingkan kondisi pada umumnya. Seseorang yang menderita hiperkalemia tentu tidak boleh dibiarkan secara terus-menerus.

Seseorang yang menderita kondisi ini biasanya akan ditandai dengan mual, kelemahan otot, mudah lelah, merasa kesemutan, dan untuk gejala yang lebih serius adalah penderita bisa mengalami lemah detak jantung. Maka dari itu, anda harus segera menggunakan Kalitake yang memang sudah dipercaya sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan anda tersebut.

Akan tetapi, anda harus tahu bahwasanya Kalitake tergolong ke dalam obat keras. Anda tidak boleh sembarangan ketika menggunakan obat ini agar supaya kondisi anda tidak malah semakin parah. Untuk itulah anda perlu menyimak penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini.

Fungsi Kalitake

Seperti apa yang sudah kami jelaskan di awal bahwasanya Kalitake merupakan obat yang digunakan untuk mengobati hiperkalemia atau kondisi dimana kadar kalium di dalam darah lebih tinggi dibandingkan kondisi normal. Obat ini mengandung Ca polystyrene sulfonate yang memang berperan penting untuk menurunkan kadar kalium sehingga anda bisa sembuh dari kondisi tersebut.

Jika anda ingin mendapatkan kemungkinan indikasi lain yang terkandung di dalam Kalitake, maka anda bisa menanyakan hal tersebut kepada dokter. Dokter tentunya akan dengan senang hati memberikan informasi tersebut kepada anda.

Kontraindikasi Kalitake

  • Seseorang yang pernah mengalami hipersensitivitas terhadap kandungan dari Kalitake dianjurkan untuk tidak menggunakan obat ini.
  • Seseorang yang pernah mengalami alergi terhadap obat ini dianjurkan agar supaya bertanya kepada dokter agar supaya kondisi yang anda alami tersebut tidak parah. Dokter tentu akan memberikan kejelasan apakah Kalitake aman untuk digunakan atau tidak.
  • Sementara itu, bagi ibu hamil dan juga menyusui yang ingin menggunakan Kalitake, maka harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar supaya Kalitake bisa bekerja secara efektif demi kesembuhan anda.

Dosis Kalitake

Berikut ini akan kami jelaskan kepada anda mengenai seperti apa takaran dosis yang harus anda gunakan sebelum anda mengkonsumsi obat ini.

Untuk dosis yang harus diberikan kepada orang dewasa yang menggunakan Kalitake adalah 15 sampai dengan 30 gram. Dosis ini nanti akan diberikan ke dalam 2 sampai dengan 3 dosis terbagi. Kemudian, dosis akan dilanjutkan sebesar 30 sampai dengan 50 mL yang juga akan diberikan ke dalam 3 sampai dengan 4 dosis terbagi.

Disarankan agar anda menggunakan Kalitake sesuai dengan keterangan yang sudah diberikan oleh dokter.

Cara Penggunaan Kalitake

  1. Anda harus menggunakan Kalitake sesuai dengan apa yang telah diberikan oleh dokter.
  2. Jika anda ingin menambah dosis Kalitake, maka disarankan agar anda menghubungi dokter.
  3. Untuk penggunaan Kalitake dalam waktu yang lama, kami menyarankan agar anda bertanya mengenai kondisi anda kepada dokter. Hal ini untuk mencegah anda agar tidak sampai mengalami masalah yang tidak diinginkan.
  4. Jika anda mengalami ruam kulit atau gatal akibat penggunaan obat ini, maka silahkan anda hubungi dokter.

Cara Penyimpanan Kalitake

  • Simpanlah di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh anak-anak maupun hewan peliharaan.
  • Jangan simpan di tempat dekat dengan benda bau menyengat.