Invega – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

69

Invega merupakan obat yang digunakan untuk membantu mengobati pasien yang memiliki gejala gangguan khusus seperti Skizofrenia dan Skizoafektif. Invega merupakan golongan obat antipsikotik untuk terapi pengobatan psikosis (berhubungan dengan gangguan jiwa). Untuk pembelian dan penggunaan obat ini, diperlukan resep dokter ataupun surat keterangan kesehatan dari pasien.

Indikasi Invega

Obat ini diindikasikan untuk membantu pengobatan dalam terapi gangguan kejiwaan akut dan mengatasi gejala seperti keterangan diatas, yaitu Skizofrenia, Skizoafektif, gangguan bipolar dan kondisi gangguan khusus lainnya pada orang dewasa.

Kandungan Invega

Obat Invega ini mengandung komposisi aktif yang berupa Paliperidone, paliperidone palmitate, risperidone. Obat ini dikemas dalam bentuk tablet (6 mg – isi 7 tablet).

Dosis dan Cara Penggunaan Invega

Dosis penggunaan obat Invega tablet pada orang dewasa, yaitu 6 mg 1x sehari. Obat Invega Tablet dapat diberikan sebelum maupun sesudah makan. Saran penggunaan obat : konsultasikan dengan dokter atau apoteker atau merujuk pada kemasan produk.

Interaksi Invega

Obat Invega Tablet dapat berinteraksi dengan obat bekerja secara sentral dan produk seperti berikut ini:

  • Alkohol
  • Amantadine
  • Apomorphine
  • Bromocriptine
  • Karbamazepin
  • Levodopa
  • Metoclopramide       

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Invega

  1. Simpan obat Invega ini dalam suhu ruangan dan tempat yang kering, hindarkan dari cahaya langsung. Dilarang membekukan obat. Perhatikan petunjuk penyimpanan pada label produk yang tersedia atau tanyakan pada apoteker Anda.
  2. Jauhkan obat dari jangkauan anak kecil dan binatang peliharaan.
  3. Obat ini (Antipsikotik) efektif dalam meredakan gejala psikosis dalam jangka pendek.
  4. Hindari menggunakan obat selama masa kehamilan atau menyusui
  5. Jangan mengemudi atau mengoperasikan mesin berat
  6. Konsultasikan dengan dokter Anda jika merasa ketidaknyamanan perut setelah mengkonsumsi obat
  7. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil obat jika memiliki riwayat kesehatan dari penyakit kardiovaskular
  8. Apabila terdapat dosis pemakaian yang terlewat. Segera konsumsi dosis yang terlewat tersebut. Tapi apabila waktu untuk mengkonsumsi dosis yang selanjutnya telah dekat, loncati dosis yang terlewat tersebut dan kembali mengkonsumsi dosis seperti biasanya. Menggandakan jumlah dosis tidak dianjurkan tanpa petunjuk dari dokter maupun ahli medis lainnya.
  9. Jangan konsumsi obat yang telah lewat tanggal kadaluwarsanya. Bagaimanapun, mohon diskusikan dengan penyedia kesehatan utama atau apoteker Anda untuk nasihat yang baik atau jika Anda merasa kurang baik atau sakit. Obat yang kadaluwarsa dapat menjadi tidak efektif dalam merawat kondisi yang diresepkan
  10. Jangan membuang obat ke toilet
  11. Sebelum melakukan pengobatan, beritahu dokter tentang semua kondisi pengguna, termasuk jika pengguna memiliki riwayat Neuroleptic Malignant Syndrome (NMS), riwayat masalah jantung, termasuk serangan jantung, gagal jantung, irama jantung abnormal, atau sindrom QT panjang, riwayat kadar kalium atau magnesium yang rendah dalam darah, gerakan lidah, wajah, mulut, atau rahang yang tidak terkontrol (tardive dyskinesia), memiliki riwayat masalah ginjal atau hati, menderita diabetes atau memiliki riwayat diabetes, memiliki jumlah sel darah putih yang rendah, memiliki tekanan darah tinggi, riwayat kejang atau epilepsi.
  12. Penggunaan untuk pasien yang sedang hamil atau berencana untuk hamil tidak dianjurkan karena belum diketahui efek yang akan timbul.