Invitec – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

145

Invitec adalah jenis obat yang berfungsi untuk mencegah radang lambung sapabila dikonsumsi bersama NSAID (aspirin, ibuprofen, naproxen), khususnya jika pengguna memiliki maag atau memiliki riwayat maag. Invitec diproduksi oleh PT. Dankos Farma dalam bentuk tablet (isi 3 strips x 10 tablet).

Fungsi Invitec

Suatu obat pasti memiliki aneka macam fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda tergantung jenis dan kandungannya untuk kesehatan pasien. Dan adapun fungsi dan kegunaan dari Invitec yaitu untuk :

  1. mencegah radang lambung
  2. membantu mengurangi risiko timbulnya penyakit serius pada lambung seperti pendarahan. Dengan cara melindungi lambung dari zat asam tertentu.
  3. sebagai pembantu proses persalinan hanya pada saat waktu melahirkan (robeknya serviks, persalinan induksi)
  4. mengobati perdarahan yang parah seusai persalinan. Diskusikan risiko dan manfaat yang didapat dengan dokter Anda.  Ketika Invitec digunakan untuk tujuan ini, ia bekerja dengan membuat otot pada rahim berkontraksi.
  5. Obat ini efektif digunakan untuk menggugurkan kandungan usia 1,2,3,4 sampai 5 bulan. Baik di luar negeri maupun di Indonesia, tindakan aborsi tidaklah dibenarkan,akan tetapi aborsipun terjadi, karena dengan berkembangnya zaman begitu banyak alasan yang dilontarkan oleh wanita-wanita sekarang seperti hamil diluar nikah,meniti karir, anak masih kecil dan alasan lainnya.
  6. Sebegai obat pelancar menstruasi.

Dosis dan Cara Penggunaan Invitec

Dosis biasanya diberikan oleh dokter berdasarkan kondisi medis pasien. Berikut ini dosis umum yang biasa digunakan :

  • Pencegahan penyakit lambung: 4x sehari, sesudah makan dan saat akan tidur untuk mengurangi diare, atau sesuai petunjuk dokter.
  • Aborsi : Diberikan sesuai dengan anjuran dokter.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Invitec

  1. Simpan pada suhu ruangan, dan tempat yang kering, hindarkan dari cahaya langsung. Jangan membekukan obat. Perhatikan petunjuk penyimpanan pada label produk yang tersedia atau tanyakan pada apoteker Anda.
  2. Jauhkanlah dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
  3. Dilarang membuang obat-obatan ke toilet maupun pada saluran pembuangan lainnya, terkecuali bila diperintah seperti itu oleh petunjuknya. Buanglah obat ini apabila telah kadaluwarsa.
  4. Hentikan pemakaian obat Invitec ini dan segera hubungi dokter jika Anda mengalami reaksi alergi berlebih seperti sesak nafas, susah menelan, terjadi pembengkakan pada bibir, lidah, maupun kulit wajah dan timbul rasa gatal-gatal.
  5. Apabila terdapat satu dosis pemakaian yang terlewat, konsumsi dosis yang terlewat dalam jangka waktu sesingkat mungkin. Tetapi jika telah dekat waktu untuk mengkonsumsi dosis yang selanjutnya, loncati dosis yang terlewat tersebut dan kembali mengkonsumsi dosis seperti biasanya. Menggandakan jumlah dosis tidak dianjurkan tanpa petunjuk dari dokter.
  6. Obat ini dilengkapi dengan brosur informasi untuk pasien. Bacalah petunjuk yang ada dengan seksama. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait obat ini, tanyakan pada dokter, perawat, atau apoteker.
  7. Sampaikan pada dokter apabila pengguna memiliki penyakit-penyakit atau sedang menjalani pengobatan lainnya.