Home Merk Obat A-ZMerk Obat I Inversyn – Fungsi – Obat Apa – Dosis dan Cara Penggunaan

Inversyn – Fungsi – Obat Apa – Dosis dan Cara Penggunaan

by Robi Diansah

Obat Inversyn adalah salah satu jenis obat yang banyak di jual di apotek-apotek  dan biasa digunakan oleh masyarakat untuk membantu proses penyembuhan rhinitis alergi, urtikaria kronis & penyakit dermatologik lain. Inversyn diproduksi oleh Pharos dalam bentuk tablet 10 mg (3 blister @ 10 tablet).

Kandungan Inversyn

Suatu obat pasti memiliki aneka macam fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda tergantung jenis dan kandungannya untuk kesehatan pasien. Dan tentang kandungan dari Inversyn ini adalah Loratadine.

Loratadine merupakan jenis obat golongan antihistamin, yang memiliki pengertian berupa golongan obat-obatan yang fungsinya adalah untuk membantu mengatasi gejala dari reaksi alergi, seperti gejala pada alergi yang disebabkan oleh serangga, makanan, maupun hal-hal lainnya.

Dosis dan Cara Penggunaan Inversyn

Dosis pemakaian obat ini sebaiknya dikonsultasikan pada dokter atau apoteker terlebih dahulu, atau baca petunjuk pada label kemasan obat. Berikut anjuran dosis pemakaian dari Inversyn secara umum :

  • Dewasa dan anak diatas usia 6 tahun : 1 x sehari 1 tablet
  • Anak usia 2-5 tahun : 1 x sehari 1/2 tablet

Cara Kerja Inversyn

  • Karena kandungan utama dari Inversyn adalah Loratadine, maka kurang lebih fungsi yang dimiliki oleh Inversyn sama dengan fungsi Loratadine.
  • Seperti yang telah dijabarkan diatas, Loratadine yang terdapat pada Inversyn merupakan kandungan yang termasuk pada golongan obat antihistamin trisiklik.
  • Obat jenis antihistamin ini bekerja dengan cara menghambat efek yang ditimbulkan oleh histamin dalam tubuh yang dapat mengakibatkan berbagai gejala alergi. Dengan demikian efek alergi yang muncul pada tubuh dapat dikurangi.
  • Loratadine bersifat long-lasting anti histamin, yaitu dapat bekerja menekan efek histamin lebih lama dibandingkan obat lain.
  • Selain itu, loratadine bersifat non sedatif yang berarti obat ini sangat kecil kemungkinan memberikan efek sedatif atau obat penenang. Dengan demikian obat ini juga memiliki efek yang lebih kecil terhadap kemungkinan terjadinya gangguan psikomotorik pasien.

Kontraindikasi Inversyn

Setelah membahas tentang indikasi Inversyn yang digunakan untuk mengatasi gejala alergi pada pasien atau pengguna, saat ini membahas kontraindikasi, yang merupakan kebalikan dari indikasi tersebut.

Kontraindikasi dapat di terjemahkan sebagai suatu kondisi pasien dimana obat Inversyn ini tidak boleh diberikan, atau faktor yang menjadi alasan tidak diperbolehkannya melakukan pengobatan dengan menggunakan Inversyn karena reaksi atau efek yang dikhawatirkan terjadi pada pengguna apabila dilakukannya pengobatan menggunakan Inversyn.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Inversyn

  1. Simpan Obat pada tempat yang sejuk dan kering
  2. Simpan obat pada suhu kamar
  3. Jangan menggunakan obat ini tanpa resep dokter atau merubah resep dari dokter
  4. Pada wanita menyusui sebaiknya berhati hati menggunakan obat ini karena obat ini dapat meresap pada air susu ibu. Jika memang terpaksa harus menggunakan obat ini sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan dosis yang terendah untuk meminimalisir efek pada bayi.
  5. Jangan menggunakan obat ini bersamaan dengan orang lain meskipun memiliki keluhan dan gejala yang sama.
  6. Jangan memberikan sisa obat yang telah dipakai pada orang lain.

You may also like