Home Merk Obat A-ZMerk Obat I Iflaz – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

Iflaz – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

by Robi Diansah

IflazTahukah anda apa itu obat Iflaz? Obat ini merupakan obat yang berperan sebagai anti peradangan dan juga anti alergi. Di dalam Iflaz terkandung zat aktif yang bernama Methylprednisolone dimana kandungan tersebut tergolong ke dalam steroid untuk kategori glukokortikoid sintetis.

Bagi anda yang ingin mendapatkan Iflaz, maka kami sarankan agar anda pergi ke dokter karena obat ini masuk ke dalam obat resep. Dengan kata lain, ketika anda pergi ke apotek tanpa membawa resep dokter, tentu anda tidak bisa mendapatkan obat ini.

Iflaz berbentuk tablet dengan dua varian sebagai berikut:

  • Dos 3 x 10 tablet sebanyak 16 mg
  • Dos 5 x 10 tablet sebanyak 4 mg

Berikut ini akan kami jelaskan lebih lengkap mengenai apa saja yang berhubungan dengan obat Iflaz, termasuk juga dosis dan bagaimana cara anda mengkonsumsinya secara benar sesuai dengan ketentuan medis.

Fungsi Iflaz

  1. Iflaz merupakan obat yang digunakan sebagai anti inflamasi atau obat anti peradangan.
  2. Iflaz juga digunakan sebagai obat yang berguna untuk mengatasi alergi.
  3. Iflaz juga diindikasikan untuk mengobati seseorang yang menderita penyakit endoktrin.
  4. Selain itu, Iflaz juga terbukti ampuh mengobati sindrom neftorik dan juga hematologik.
  5. Pengobatan terhadap pasien dengan radang tenggorokan juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi Iflaz. Namun hanya digunakan sebagai obat jangka pendek.
  6. Selain itu, obat ini juga terbukti ampuh digunakan untuk pasien yang menderita rematik.

Bagi anda yang ingin tahu lebih lengkap tentang indikasi dari Iflaz, maka silahkan anda tanyakan hal tersebut kepada dokter.

Kontraindikasi Iflaz

  • Iflaz tidak dianjurkan untuk diberikan kepada seseorang yang pernah mengalami hipersensitivitas.
  • Iflaz juga tidak dianjurkan diberikan kepada seseorang yang memiliki alergi terhadap obat yang tergolong ke dalam methylprednisolone maupun juga glukokortikoid.
  • Seseorang yang juga pernah mengalami penyakit herpes, baik itu zoster atau simpleks juga dikontraindikasikan dengan Iflaz.
  • Bagi anda yang menderita osteoporosis berat, sebaiknya anda menggunakan obat yang lainnya kecuali jika memang dokter memberikan instruksi yang lain.

Dosis Iflaz

Berikut ini kami akan menjelaskan kepada anda tentang seperti apa takaran dosis Iflaz yang wajib anda konsumsi.

  • Dosis yang harus dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak yang berusia 12 tahun atau lebih adalah 4 sampai dengan 48 mg setiap hari. Dosis tersebut bisa diberikan secara terbagi atau tunggal.
  • Dosis yang diberikan kepada seseorang yang menderita sklerosis adalah sebanyak 160 mg setiap hari. Dosis tersebut nantinya diberikan dalam waktu 1 minggu. Kemudian akan dilanjutkan sebanyak 64 mg per hari dalam jangka waktu 1 bulan.
  • Dan untuk dosis yang harus diberikan kepada anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun adalah 0.4 sampai 1.6 mg /kg/BB per hari. Dosis tersebut diberikan sebagai dosis awal. Sementara untuk dosis pemeliharaannya adalah sebesar 2 sampai dengan 8 mg per hari.

Cara Penggunaan Iflaz

  • Selalu gunakan Iflaz sesuai dengan anjuran atau resep yang telah diberikan kepada anda.
  • Jika anda ingin menambah takaran dosis Iflaz, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter.
  • Jika ketika mengkonsumsi Iflaz ternyata anda mengalami beberapa kondisi seperti ruam kulit atau gatal, maka anda harus segera menghentikan penggunaan Iflaz dan langsung hubungi dokter.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan

  • Ketika anda mengkonsumsi Iflaz, maka anda bisa mengalami beberapa gangguan pada saluran pencernaan. Adapun gangguan tersebut antara lain mual tanpa muntah dan sakit perut.
  • Iflaz juga bisa menimbulkan sakit kepala, khususnya untuk penggunaan dosis tinggi.

You may also like