Gopten – Obat Apa – Fungsi – Dosis dan Efek Samping

100

Gopten merupakan merek obat resep dokter yang umumnya diberikan kepada pasien dengan keluhan hipertensi atau darah-tinggi . Penyakit hipertensi merupakan tekanan darah yang tinggi di area jantung, sehingga mendorong dinding pembuluh darah (arteri). Pasien yang mengalami hipertensi umumnya memiliki tekanan darah di nilai 130/80 mmHg atau lebih. Obat Gopten dapat dikonsumsi ketika pasien mengalami penyakit ini. Gopten diproduksi oleh pabrik farmasi Abbott, dalam bentuk kapsul yang mudah diminum.

Kandungan Gopten

Gopten yang diproduksi dalam bentuk kapsul, serta merupakan obat resep dokter yang ampuh untuk menurunkan hipertensi ini, memiliki kandungan zat aktif Trandolapril. Zat aktif ini memiliki kinerja untuk mengendurkan pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah. Trandolapril termasuk grup obat ACE (angiotensin-converting enzyme) inhibitors.

Fungsi Gopten

Gopten merupakan obat kapsul yang fungsi utamanya sebagai obat untuk mengatasi penyakit hipertensi ringan hingga sedang. Ketahui dosis jus seledri untuk pengobatan hipertensi , mulai dari gejala hipertensi ringan yang umumnya merupakan gejala tekanan darah yang naik, namun tidak memicu keluhan penyakit lainya. Sebaliknya, hipertensi sedang terjadi saat tekanan darah sudah melebihi normal dan memunculkan keluhan penyakit lain seperti sakit kepala, pusing yang berat di area kepala dan sebagainya.

Dosis Gopten

Gopten yang merupakan obat resep dokter ini tentunya sangat direkomendasikan sebagai cara mencegah tekanan darah tinggi untuk diminum sesuai dengan dosis yang diberikan. Adapun dosis yang tepat untuk mengkonsumsi Gopten agar bisa menurunkan tekanan darah yang sedang tinggi sebagai berikut :

  • Berikan dosis awal sebanyak 0.5 mg/hari dosis tunggal
  • Tingkatkan dosis menjadi 2 kali lipat dengan jarak 2 hingga 4 minggu , sesuaikan dengan respon pasien
  • Berikan dosis maksimal hingga 4 mg/hari dengan dosis tunggal

Efek Samping Gopten

Mengkonsumsi obat resep dokter untuk hipertensi ini dapat menghindari bahaya-darah-tinggi namun juga menyebabkan efek samping tertentu yang mungkin dapat membuat pasien menjadi kurang nyaman. Beberapa keluhan efek samping yang bisa dialami seperti:

  • Sakit kepala
  • Kepala menjadi pusing
  • Mengalami batuk
  • Mengalami asthenia
  • Kontraindikasi Gopten

Selain keluhan efek samping, obat Gopten juga dapat menyebabkan kontraindikasi bagi pasien yang mengkonsumsinya. Kontraindikasi yang dapat dialami seperti pada pasien dengan riwayat penyakit angiodema, seperti angiodema idiopatik herediter.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum mengkonsumsi obat hipertensi resep dokter dengan merek Gopten, sebaiknya ketahui penyebab darah tinggi yang dialami pasien dan perhatikan beberapa hal penting berikut, agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari obat Gopten :

  • Pasien hipertensi dengan riwayat angiodema idiopatik, gangguan fungsi ginjal, gangguan hati serta pasien dengan keluhan penurunan kadar garam sebaiknya tidak diberikan obat Gopten ini
  • Pasien dengan gangguan stenosis arteri unilateral, hiperkalemia, anestesi, stenosis aorta juga sebaiknya menghindari penggunaan obat Gopten ini

Gopten Untuk Wanita Hamil

Jika dilihat dari keluhan efek samping serta kontraindikasi yang bisa ditimbulkan karena mengkonsumsi obat Gopten ini, sebaiknya wanita hamil dan ibu menyusui juga tidak mengkonsumsi obat ini, cobalah untuk membuat obat alami seperti bahaya melinjo bagi penderita hipertensi dengan praktis, apalagi tanpa resep dokter. Dikhawatirkan reaksi obat Gopten ini akan merusak janin dalam kandungan ibu hamil.