Gestofam tablet– Obat Apa – Fungsi – Dosis Dan Cara Penggunaanya

281

Merek obat Gestofam merupakan jenis obat tablet yang tergolong kategori obat keras dan merupakan obat resep dokter. Obat ini sering diresepkan sebagai obat antacid atau obat antirefluks untuk keluhan gejala sakit lambung dan penyakit tukak lambung. Tukak lambung serta refluks esofagitis biasanya muncul dengan keluhan luka yang muncul pada area dinding lambung yang diakibatkan lapisan dinding yang terkikis. Penyebabnya bisa diakibatkan banyak faktor. Gestofam diproduksi untuk mengatasi keluhan tersebut dan telah diproduksi oleh pabrik OTTO.

Kandungan Gestofam

Obat tablet dengan merek Gestofam ini memiliki kandungan zat aktif yang disebut Famotidine. Zat tersebut memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa keluhan penyakit maag dan heartburn. Zat famotidine ini mampu bekerja dengan cara mengatasi tukak lambung secara alami untuk menghambat zat histamine di lambung dan mengurangi produksi asam lambung. Selain itu, zat ini juga dapat membantu memulihkan kerusakan pada area dinding lambung.

Fungsi Gestofam

Melihat pada kandunga zat yang terkandung dalam obat tablet Gestofam ini, fungsi obat resep dokter ini sebagai obat untuk mengatasi keluhan sakit tukak lambung, refluks lambung dan keluhan sakit maag, ciri ciri luka lambung hingga heart burn. Obat ini juga dapat membantu mengobati kondisi sakit karena asam lambung yang berlebihan seperti ulkus duodenum hingga sindrom Zollinger-Ellison.

Dosis Gestofam

Gestofam juga merupakan obat resep dokter yang harus dikonsumsi sesuai dengan anjuran dan dosis yang dianjurkan. Adapun dosis untuk Gestofam yang tepat disesuaikan dengan keluhan penyakit yang dialami sebagai berikut:

  • Untuk Tukak Duodenum

Berikan dosis sebanyak 40 mg/ hari setiap sebelum tidur. Bisa juga diberikan sebanyak 20 mg untuk 2 kali sehari dalam kurun waktu 4 minggu. Untuk dosis pemeliharaan berikan sebanyak 20 mg setiap sebelum tidur.

  • Untuk Tukak lambung dan Refluks Esofagitis

Berikan dosis sebanyak 40 mg setiap sebelum tidur. Refluks esofagitis berikan 20 mg untuk 2 kali sehari. Berikan selama 6 hingga 12 minggu.

  • Untuk Sindrom Zollinger Ellison

Berikan dosis Gestofam sebanyak 20 mg setiap 6 jam.

Cara Penggunaan Gestofam

Obat merek Gestofam bentuk tablet yang termasuk pada kategori obat keras ini, sebaiknya memang dikonsumsi sesuai dengan anjuran yang berlaku dalam kemasan. Lalu bagaimana cara penggunaan obat Gestofam ini? karena tergolong obat maag, sebaiknya gestofam dikonsumsi sebelum makan. Alasanya karena rata-rata obat maag memang efektif bekerja jika diminum sebelum makan. Namun, jika anjuran yang ditetapkan adalah dapat diminum sebelum dan bersama makan, tidak masalah untuk mengikuti aturan tersebut.

Kontraindikasi Gestofam

Konsumsi obat Gestofam ini dapat menimbulkan kontraindikasi berupa resiko terkena pneumonia hingga sakit lambung yang kronis. Untuk menghindari kontraindikasi, konsumsi juga buah penurun kadar asam lambung dan sebaiknya konsumsi obat sesuai dosis yang berlaku.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum mengkonsumsi obat Gestofam ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi obat Gestofam, agar pasien mendapatkan manfaat yang maksimal  dari obat tablet tersebut. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Pasien dengan riwayat penyakit ginjal yang berat atau gagal ginjal tidak diperbolehkan minum obat Gestofam
  2. Wanita hamil dan menyusui juga sebaiknya tidak mengkonsumsi obat keras ini

Gestofam Untuk Wanita Hamil

Anda sudah mengetahui bahwa kategori obat Gestofam ini termasuk dalam obat keras resep dokter. Oleh sebab itu, obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi wanita hamil dan ibu menyusui. Sebaiknya konsumsi makanan untuk penderita infeksi lambung yang tidak perlu dikhawatirkan akan mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Gestofam hanya diperuntukan bagi pasien dengan keluhan lambung dan tukak lambung.