Home Merk Obat A-ZMerk Obat G Gentamicin Indo Farma – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Gentamicin Indo Farma – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

by Robi Diansah

Kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai obat Gentamicin Indo Farma, salah satu obat yang cukup terkenal di dunia kesehatan. Obat ini memiliki fungsi utama yaitu untuk mengobati beragam penyakit yang diakibatkan oleh serangan bakteri yang mana harus segera diobati agar bakteri tersebut tidak semakin berkembang sehingga bisa semakin membahayakan.

Gentamicin Indo Farma berbentk salep sehingga pada umumnya penggunaan obat ini tidak jauh berbeda dengan obat yang lainnya, meskipun mungkin di dalam pemberian dosis ada beberapa hal yang membedakan antara obat Gentamicin Indo Farma dengan obat salep yang lain.

Bagi anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai apa saja yang berhubungan dengan Gentamicin Indo Farma, maka kami sarankan agar anda menyimak baik-baik informasi yang kami berikan di bawah ini:

Fungsi Gentamicin Indo Farma

  1. Gentamicin Indo Farma merupakan obat yang digunakan untuk membantu mengobati penyakit infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri seperti misalnya folikulitis, impetigo, maupun juga pioderma yang mana kondisi ini biasanya akan ditandai dengan munculnya nanah.
  2. Gentamicin Indo Farma juga digunakan untuk membantu mengobati infeksi kulit ringan. Beberapa contoh dari infeksi yang dialami seperti psoriasis, eksim, lecet, atau bisa juga luka bakar yang bersifat ringan.

Untuk anda yang ingin tahu tentang indikasi Gentamicin Indo Farma secara lebih detail, maka anda bisa menanyakan informasi tersebut kepada dokter.

Kontraindikasi Gentamicin Indo Farma

  • Kami sarankan agar anda tidak menggunakan Gentamicin Indo Farma jika anda termasuk seseorang yang pernah mengalami alergi terhadap kandungan yang ada pada obat ini.
  • Pasien yang juga pernah mengalami hipersensitifitas sebaiknya bertanya kepada dokter agar supaya penggunaan Gentamicin Indo Farma tidak menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.
  • Adapun ibu hamil dan menyusui yang ingin menggunakan obat ini, sebaiknya ia juga bertanya kepada dokter mengenai seperti apa keamanan dari Gentamicin Indo Farma jika ingin digunakan.

Dosis Gentamicin Indo Farma

Untuk dosis dari Gentamicin Indo Farma yakni sebanyak 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari. Namun anda juga harus ingat bahwa dosis tersebut merupakan dosis umum yang kemungkinan ketika anda menggunakan obat ini, maka dosis yang disarankan untuk anda bisa berbeda.

Alasannya adalah karena pemberian dosis kepada pasien tentu harus disesuaikan dengan kondisi pasien tersebut dan juga seberapa parah penyakit yang ia alami. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk berkomunikasi dengan dokter mengenai takaran dosis yang paling sesuai untuk kondisi yang anda alami saat ini.

Efek Samping Gentamicin Indo Farma

  1. Efek samping yang bisa anda alami ketika menggunakan Gentamicin Indo Farma yakni seperti iritasi, namun yang anda alami tersebut bersifat ringan sehingga biasanya akan hilang dengan sendirinya.
  2. Gentamicin Indo Farma terkadang bisa menyebabkan pasien mengalami dermatitis, meskipun memang kondisi ini terkadang jarang terjadi. Namun anda harus tetap waspada karena dikhawatirkan anda bisa mengalami masalah tersebut.
  3. Terkadang Gentamicin Indo Farma juga bisa menyebabkan kemerahan, terutama jika obat ini digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  4. Efek samping lainnya yang harus anda waspadai adalah pemberian Gentamicin Indo Farma bisa menyebabkan pasien mengalami ruam kulit, gatal, edema wajah, dan lain sebagainya.
  5. Jika anda mengalami beberapa kondisi seperti misalnya ruam kulit, gatal, dan kondisi lainnya, maka anda harus segera menghubungi dokter.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai apa saja informasi mengenai Gentamicin Indo Farma. Semoga bermanfaat.

You may also like