Home Merk Obat A-ZMerk Obat G Gentamerck IM/IV – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Gentamerck IM/IV – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

by Robi Diansah

Gentamerck IM/IV merupakan obat yang memang dibuat khusus untuk membantu mengobati berbagai penyakit infeksi yang disebabkan oleh serangan bakteri gram negatif. Di dalam obat ini, terkandung suatu zat aktif yang bernama gentamicin yang mana ia masuk kedalam salah satu antibiotik dari golongan aminoglikosida yang memang memiliki peran utama di dalam mengatasi dan membunuh bakteri.

Adapun cara kerja dari Gentamerck IM/IV adalah dengan melakukan pengikatan terhadap reversibel sub unit 30s yang berasal dari ribosom bakteri sehingga kemudian akan menghambat sintesa protein sehingga nantinya pertumbuhan bakteri akan bisa dihambat juga dan mati.

Bagi anda yang ingin mendapatkan Gentamerck IM/IV, maka anda harus memperoleh resep dokter terlebih dahulu karena memang obat ini masuk kedalam salah satu obat resep. Selain itu, dari namanya saja mungkin anda sudah bisa menebak bahwasanya Gentamerck IM/IV berbentuk injeksi sehingga cara penggunaannya pun harus disuntikkan kedalam tubuh.

Fungsi Gentamerck IM/IV

Berikut ini beberapa indikasi dari obat Gentamerck IM/IV yang harus anda perhatikan:

  1. Gentamerck IM/IV merupakan obat yang digunakan untuk membantu mengobati berbagai infeksi bakteri seperti misalnya proteus, pseudomonas, serratia, dan juga staphyloccocus.
  2. Gentamerck IM/IV juga digunakan sebagai obat untuk membantu mengobati septikemia. Septikemia merupakan sebuah kondisi dimana pasien mengalami keracunan darah yang diakibatkan oleh jenis bakteri patogenik atau zat yang dihasilkan oleh bakteri itu.
  3. Gentamerck IM/IV juga merupakan obat yang digunakan untuk membantu mengobati meningitis atau yang merupakan peradangan pada selaput otak.
  4. Infeksi saluran kemih dan saluran pernapasan juga masuk kedalam beberapa indikasi yang ada pada Gentamerck IM/IV.
  5. Penyakit infeksi kulit, tulang, maupun juga jaringan lunak juga bisa disembuhkan dengan menggunakan Gentamerck IM/IV.

Kontraindikasi Gentamerck IM/IV

  • Jangan menggunakan Gentamerck IM/IV jika anda termasuk pasien yang pernah mengalami hipersensitifitas terhadap kandungan pada obat ini.
  • Anda juga sebaiknya tidak menggunkan Gentamerck IM/IV jika anda termasuk pasien yang pernah memiliki riwayat alergi terhadap kandungan yang ada pada obat ini yaitu gentamicin, kecuali jika dokter memberikan instruksi yang berbeda.
  • Sementara itu, pasien ibu hamil atau menyusui yang ingin menggunakan obat ini disarankan untuk bertanya kepada dokter mengenai keamanan dari obat tersebut.

Dosis Gentamerck IM/IV

Di bawah ini akan kami jelaskan mengenai takaran dosis Gentamerck IM/IV:

  • Untuk dosis yang harus diberikan kepada orang dewasa adalah 3 sampai dengan 5 mg/Kg BB setiap hari.
  • Untuk dosis pada pasien dengan infeksi berat nantinya bisa dinaikkan sampai 5 mg/kg BB setiap hari.
  • Sementara itu, dosis yang harus diberikan kepada anak-anak adalah 6 sampai dengan 7.5 mg/kg BB per hari.
  • Untuk dosis prematur atau yang kurang dari 1 minggu, maka dosisnya 5 mg/kg BB.

Dosis tersebut biasanya akan diberikan kedalam 3 dosis yang terbagi secara intravena. Bagi anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai dosis Gentamerck IM/IV, maka silahkan bertanya kepada dokter karena mungkin dokter akan memberikan dosis yang berbeda sesuai dengan kondisi anda.

Efek Samping Gentamerck IM/IV

  1. Gentamerck IM/IV bisa menyebabkan pasien mengalami kerusakan yang terjadi pada aparatus vestibular yang terjadi pada bagian dalam telinga.
  2. Gentamerck IM/IV juga bisa menyebabkan pasien yang menggunakan obat ini mengalami kehilangan kesadaran maupun juga mengganggu penglihatan mata.
  3. Perlu anda tahu bahwa obat-obatan yang termasuk antibiotik bisa memberikan efek yang lebih jika digunakan oleh seseorang yang terindikasi pernah mengalami beberapa penyakit seperti penyakit ginjal, jantung, maupun ketika digunakan oleh orang yang sedang hamil.
  4. Dalam beberapa kasus juga bisa menyebabkan gangguan saluran pencernaan seperti mual tanpa muntah meskipun masih jarang terjadi.

You may also like