Futraful Capsule – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

374

Futraful merupakan sebuah obat yang diindikasikan untuk perawatan yang diambil bersamaan dengan gimeracil, oteracil dan urasil yang berfungsi mengobati berbagai jenis kanker seperti kanker usus, kanker perut dan beberapa kondisi lainnya.

Kandungan Futraful

Futraful mengandung bahan aktif seperti Tegafur.

Fungsi Futraful

Futraful berfungsi untuk pengobatan, perawatan, pengkontrolan, pencegahan dan perbaikan beberapa jenis kanker sebagai berikut

Efek Samping Futraful

Dalam menggunakan obat tertentu, bukan hal tidak mungkin jika suatu saat anda dapat mengalami efek samping yang ditimbulkan dari penggunaannya. Seperti futraful, futraful juga memiliki beberapa efek samping sebagai berikut:

  • Munculnya rasa sakit pada saraf
  • Munculnya borok pada kulit
  • Mual
  • Rambut rontok
  • Tubuh terasa tertusuk-tusuk
  • Kulit terasa terbakar
  • Muntah
  • Meningkatnya kadar enzim pada hati
  • Alkali fostafase
  • Terjadinya Diare
  • Tubuh Mudah lelah
  • Anemia
  • Pusing dan sakit kepala

Jika dalam penggunaannya anda mengalami beberapa efek samping tersebut, maka segera pergi ke dokter dan konsultasikan keluhan yang anda rasakan agar dokter anda memahami maksud dari keluhan anda dan memberikan pengobatan dan penanganan yang tepat.

Dosis Futraful

Dalam mengkonsumsi obat tertentu, anda diperlukan mengetahui dosis yang dibutuhkan kondisi anda saat ini. Anda tidak bisa menggunakan obat dengan dosis sesuka hati anda tanpa mengikuti anjuran dan petunjuk dari dokter anda.

Sama halnya dengan obat futraful, obat futraful juga memiliki dosis yang perlu diketahui sebagai berikut:

  • Oral 800-200 mg/hari

Terbagi dalam dua dosis.

Cara menyesuaikan dosis tergantung dengan usia dan kondisi pasien yang membutuhkan.

Kontraindikasi

  • Futraful sangat kontraindikasi dengan pasien yang dalam keadaan hamil.

Overdosis Futraful

jangan anda mencoba mengkonsumsi futraful secara berlebih dan tidak mengikuti resep yang dianjurkan. Mengkonsumsi berlebihan bukan membuat pengobatan anda berjalan lancar melainkan menjadi efek samping yang lebih serius. Apabila anda mengalami overdosis, anda perlu mengetahui cara menetralisir overdosis obat dengan benar.

Selain itu, kekurangan dosis futraful juga berpengaruh dalam pengobatan anda. Jika anda melewati dosis yang diharuskan, maka minum obat anda sesegera mungkin jika anda sadar. Namun jika waktu minum obatnya berdekatan dengan waktu minum obat berikutnya, maka jangan langsung meminum dua obat sekaligus. Sebaiknya lewatkan saja dan minum dosis yang seharusnya saat ini.

Jika anda sering melewati waktu minum obat, maka anda perlu membuat alarm atau meminta anggota keluarga, sahabat, dan kerabat untuk mengingatkan anda. Dan yang terpenting, tetap konsultasikan apapun kepada dokter anda mengenai perubahan dosis yang anda lewatkan.

Obat futraful tidak cocok dikonsumsi oleh orang yang hendak berkendara atau mengoperasikan alat berat. Hal ini dikarenakan obat ini dapat membuat penggunanya mengalami rasa kantuk, hipotensi atau pusing saat melakukan aktivitas.

Penyimpanan Futraful

  1. Futraful sebaiknya disimpan di temperature dalam ruangan yang jauh dari panas matahari dan cahaya langsung.
  2. Anda tidak perlu membekukan obat apabila tidak ada anjurannya dalam kemasan atau dari dokter anda.
  3. Jangan membuang obat ke dalam toilet apabila tidak ada instruksi seperti itu. Membuang obat ke dalam toilet akan membuat lingkungan terkontaminasi.
  4. Jauhkan obat futraful dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan anda.

Kadaluwarsa Futraful

Apabila obat futraful anda sudah kadaluwarsa sebaiknya tidak perlu dikonsumsi lagi. Jika anda mengkonsumsi setidaknya satu kali, hal ini memang tidak akan menyebabkan kejadian atau kerugian bagi anda. Namun, obat yang sudah kadaluwarsa menjadi tidak efektif dalam merawat dan mengobati penyakit anda. Untuk itu, konsultasikan dengan dokter anda apabila obat anda sudah kadaluwarsa.