Flamergi – Obat Apa – Fungsi – Dosis Dan Efek Samping

118

Flamergi dikenal sebagai merek obat tetes mata yang mampu mengatasi serta menghilangkan keluhan pada organ mata, seperti mata merah dan mata yang terkena iritasi. Obat yang tergolong obat keras ini biasanya digunakan sebagai  cara mengatasi mata lelah dan pusing karena  berdasarkan resep dokter dan sesuai dengan keluhan yang dialami pada organ mata pasien terkait. Kedua mata kita memang harus selalu dijaga kebersihanya, jika tidak maka akan mudah terkena iritasi yang menyebabkan mata memerah bahkan mengalami peradangan. Obat tetes mata kemasan botol ini diproduksi oleh pabrik Sanbe Farma.

Kandungan Flamergi

Sebagai obat tetes mata yang ampuh mengatasi masalah mata yang cukup sering terjadi, Flamergi memiliki kandungan zat khusus yang disebut Naphazoline hydrochloride serta pheniramine maleate yang bekerja sebagai dekongestan yang akan bekerja di area mata kita, untuk mengurangi kongesti pada mata.

Fungsi Flamergi

Obat tetes mata kenali 14 penyebab sakit mata dan jenisnya , lalu mengkonsumsi obat Flamergi yang memiliki fungsi utama untuk digunakan pada organ mata, serta meredakan beberapa keluhan pada mata seperti :

  1. Meredakan mata merah
  2. Meredakan mata bengkak serta gatal
  3. Meringankan sakit mata karena alergi
  4. Meredakan iritasi mata karena debu atau asap

Dosis Flamergi

Obat tetes mata biasanya digunakan dengan mudah, cukup aplikasikan pada mata sebanyak beberapa tetes saja. Adapun dosis untuk Flamergi yaitu teteskan sebanyak 1 hingga 2  tetes setiap 3 hingga 4 jam setiap harinya. Bagi Anda yang menggunakan lensa kontak, sebaiknya menunggu 10 menit setelah meneteskan Flamergi, baru kemudian menggunakan kembali lensa kontak Anda untuk menghindari kelainan yang terjadi pada mata agar tidak berbahaya.

Efek Samping Flamergi

Masuk ke dalam kategori obat keras, ternyata dapat menimbulkan beberapa efek samping saat pemakaian dilakukan. Efek samping yang ringan dapat segera menghilang dengan sendirinya. Namun, efek samping yang berbahaya dan berkepanjangan harus segera dilakukan konsultasi kepada dokter. Berikut ini  kelainan yang terjadi pada mata serta berikut ini beberapa efek samping yang mungkin terjadi :

  1. Mata menjadi merah
  2. Mata menjadi perih
  3. Penglihatan sedikit buram
  4. Sakit kepala
  5. Dilatasi mata

Jika terjadi efek samping yang dianggap membahayakan kesehatan mata, sebaiknya segera periksa ke dokter mata terkait untuk segera ditangani.

Kontraindikasi Flamergi

Penggunaan Flamergi yang mungkin tidak sesuai dengan dosisnya atau pemakaian obat tetes mata yang menimbulkan efek samping pada pasienya, dapat menyebabkan kontraindikasi berupa glaucoma sudut sempit di mata.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum menggunakan obat tetes mata Flamergi resep dokter ini,  sebaiknya jenis jenis penyakit mata Anda berkonsultasi dengan dokter dan menyebutkan hal-hal seperti berikut :

  1. Katakan pada dokter jika memiliki riwayat alergi terhadap kandungan zat pada obat Flamergi
  2. Pasien yang sedang merencanakan kehamilan juga dapat berkonsultasi terlebih dulu
  3. Hindari membiarkan tutup obat tetes mata ini terbuka dan digunakan selama 30 hari kedepan
  4. Pasien yang memiliki riwayat penyakit Glaukoma harus banyak berkonsultasi dengan dokter juga
  5. Simpan Obat tetes mata Flamergi di tempat yang tidak terpapar langsung matahari
  6. Hindari obat tetes mata ini dari jangkauan anak-anak, kecuali dia telah berusia 18 tahun ke atas

Flamergi Untuk Wanita Hamil

Obat tetes mata resep dokter seperti Flamergi ini sebenarnya bisa aman digunakan wanita hamil dan bukan penyebab penyebab bola mata mengecil  Namun, resiko kerusakan janin bisa saja terjadi, mengingat kehamilan yang usianya sudah cukup tua. Sebaiknya konsumsi Flamergi sesuai keterangan dan saran dari dokter saja, tentunya dengan dosis yang dianjurkan.