Home Merk Obat A-ZMerk Obat D Daxet – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Daxet – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

by Robi Diansah

Obat Daxet adalah merupakan salah satu jenis obat yang masuk kedalam kelompok obat-obatan anti-biotik golongan beta laktam (penghambat beta laktamase) dan asam klavulanat (penghambat beta laktamase). Obat Daxet ini kerapkali dipergunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam infeksi yang disebabkan bakteri, seperti infeksi saluran kencing, saluran pencernaan, saluran pernafasan, serta infeksi-infeksi yang terjadi di kulit serta jaringan lunak lainnya.

Obat Daxet sendiri mengandung senyawa Co-amoxiclav, yang merupakan kombinasi dari amoxicillin dengan clavulanic acid, yang dimana dalam 1 tablet obat Daxet mengandung Amoxycillin sebanyak 500 mg dan clavulanic acid sebanyak 125 mg. Senyawa Co-amoxiclav ini sangat efektif dalam mengatasi berbagai macam infeksi bakteri yang memproduksi senyawa beta laktamase dan telah kebal terhadap amoxicillin.

Sebagai informasi, obat Daxet ini diproduksi serta didistribusikan oleh PT. Fahrenheit Indonesia dalam kemasan kaplet. Obat Daxet ini juga telah didaftarkan ke BPOM, yang dimana oleh BPOM sendiri obat Daxet ini dimasukkan kedalam kelompok golongan obat keras. Oleh sebab itu untuk dapat menggunakannya diperlukan rujukan ataupun resep dari dokter.

Indikasi:

Berikut dibawah ini adalah informasi yang menyangkut indikasi dari penggunaan obat Daxet yang perlu diperhatikan oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Daxet tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Obat ini di indikasikan untuk mengatasi berbagai macam infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang telah kebal terhadap amoxicillin, contohnya seperti penyakit faringitis, otitis media akut, infeksi Salmonella, pneumonia, ataupun infeksi klamidia dan Lyme disesase.
  2. Selain itu obat Daxet ini juga digunakan sebagai obat pencegah endokarditis yang mungkin dapat terjadi akibat infeksi bakteri yang menyerang pengguna yang sedang melakukan perawatan gigi.
  3. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi Infeksi saluran kencing, infeksi saluran pernafasan bagian atas dan bawah, infeksi bakteri pada bagian pelvis, serta infeksi bakteri yang terjadi pasca operasi.

Dosis & Cara Penggunaan:

Berikut dibawah ini adalah dosis dan cara penggunaan obat Daxet yang perlu diperhatikan oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Daxet tersebut, yaitu sebagai berikut:

  • Dosis orang dewasa dan anak-anak diatas 12 tahun: berikan 1 tablet, sebanyak 3 kali sehari.
  • Obat ini dapat dikonsumsi setelah ataupun sebelum makan.

Kontra Indikasi:

Berikut dibawah ini adalah informasi yang menyangkut kontra indikasi dari penggunaan obat Daxet yang perlu diperhatikan oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Daxet tersebut, yaitu sebagai berikut:

  • Disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat Daxet ini, apabila pengguna memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap penicillin ataupun senyawa Co-amoxiclav.
  • Tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat Daxet ini, apabila pengguna memiliki riwayat terkena ikterus kolestatik atau disfungsi hati.

Efek Samping:

Berikut dibawah ini adalah informasi yang menyangkut efek samping dari penggunaan obat Daxet yang perlu diperhatikan oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Daxet tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Diare
  2. Gangguan pencernaan
  3. Kolitis pseudomembran
  4. Kandidiasis
  5. Perubahan mental.
  6. Kecemasan.
  7. Kepekaan terhadap cahaya dan suara.
  8. Urtikaria
  9. Sindrom steven-johnson
  10. Ikterus kolestatik.
  11. Kebingungan
  12. Demam
  13. Mual.
  14. Muntah.
  15. Ruam.
  16. Hepatitis sementara

Interaksi dengan Obat Lain:

Berikut dibawah ini adalah informasi yang menyangkut efek dari penggunaan bersama obat Daxet dengan obat-obatan lainnya, yang perlu diperhatikan oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Daxet tersebut, yaitu sebagai berikut:

  • Tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat Daxet ini bersamaan dengan obat allopurinol, karena interaksi dari kedua jenis obat-obatan tersebut dapat meningkatkan reaksi ruam pada kulit pengguna.
  • Hindari penggunaan progesteron oral atau kontrasepsi estrogen, pada saat pengguna sedang mengkonsumsi obat Daxet ini. Hal tersebut perlu dilakukan karena obat Daxet ini dapat menghilangkan manfaat dari kontrasepsi estrogen tersebut.

Peringatan dan Perhatian:

Berikut dibawah ini adalah informasi yang menyangkut peringatan dari penggunaan obat Daxet yang perlu diperhatikan oleh pengguna sebelum mengkonsumsi obat Daxet tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Hati-hati dalam menggunakan obat Daxet, apabila pengguna sedang hamil atau menyusui, walaupun oleh FDA obat ini dimasukkan kedalam golongan obat kategori B, yang artinya tidak ditemukan efek samping terhadap janin hewan percobaan dan belum ada percobaan yang terkontrol pada ibu hamil.
  2. Pengguna yang menderita penyakit ginjal dan juga penurunan fungsi hati yang berat, disarankan untuk berhati-hati pada saat menggunakan obat Daxet ini.

You may also like