Combi Flu – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Obat Combi Flu adalah merupakan sejenis obat-obatan yang masuk kedalam golongan obat preparat batuk berdahak dan juga pilek yang berbentuk tablet. Obat Combi Flu ini biasanya digunakan untuk meredakan flu dan juga batuk berdahak. Selain itu obat Combi Flu ini juga dapat digunakan untuk meredakan gejala alergi dan juga menurunkan demam serta sakit kepala.

Obat Combi Flu ini dibuat oleh PT. Combiphar, yang dimana pada pembuatannya di setiap tablet, terdapat beberapa senyawa seperti paracetamol (500 mg), guaiphenesin (50 mg), phenylpropanolamine HCl (15 mg), dan chlorpheniramine maleate (2 mg).

Indikasi:

Berikut adalah beberapa daftar indikasi dari penggunaan obat Combi Flu yang perlu diketahui dan diperhatikan oleh pengguna sebelum menggunakan obat Combi Flu ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Sifat analgesik dan antipiretik pada obat Combi Flu ini dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala dan juga demam
  2. Digunakan sebagai obat untuk membantu mengeluarkan dahak yang mengganggu.
  3. Dapat digunakan juga untuk melegakan saluran pernafasan akibat pilek.
  4. Dapat juga digunakan untuk mengurangi gejala alergi yang dialami pengguna

Dosis & Cara Penggunaan:

Berikut adalah beberapa dosis dan cara penggunaan obat Combi Flu yang perlu diketahui dan diperhatikan oleh pengguna sebelum menggunakan obat Combi Flu ini, yaitu sebagai berikut:

Pemberian obat Combi Flu untuk dewasa, yaitu:

  • Berikan obat Combi Flu ini 3-4 kali sehari masing-masing sebanyak 1 kaplet, dan diminum bersamaan dengan makanan.

Pemberian obat Combi Flu untuk anak-anak, yaitu:

  • Berikan obat Combi Flu ini 1-2 kali sehari masing-masing sebanyak 1 kaplet, dan diminum bersamaan dengan makanan.

Kontra Indikasi:

Berikut adalah beberapa daftar kontra indikasi dari penggunaan obat Combi Flu yang perlu diketahui dan diperhatikan oleh pengguna sebelum menggunakan obat Combi Flu ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Hindari penggunaan obat Combi Flu ini apabila pengguna sedang mengalami Hipertiroidisme
  2. Dilarang menggunakan obat Combi Flu ini, apabila pengguna memiliki riwayat terkena penyakit Hipertensi (tekanan darah tinggi) berat.
  3. Untuk para pengguna yang sedang menderita penyakit jantung koroner, sangat tidak disarankan untuk menggunakan obat Combi Flu ini.
  4. Pengguna yang memiliki riwayat terkena penyakit ginjal, dilarang menggunakan obat Combi Flu ini.
  5. Pengguna yang sedang menjalani terapi dengan menggunakan obat jenis MAOI (obat penghambat mono amin oksidase), tidak dianjurkan menggunakan obat Combi Flu ini.
  6. Obat Combi Flu ini masuk kedalam golongan obat Kategori C menurut Food and Drug Association, oleh sebab itu penggunaan terhadap ibu hamil sangat tidak disarankan. 
  7. Pengguna yang terkena penyakit Diabetes melitus, tidak disarankan untuk menggunakan obat Combi Flu ini.
  8. Tidak disarankan untuk para pengguna yang memiliki kondisi gangguan fungsi hati berat, menggunakan obat Combi Flu ini.
  9. Para pengguna yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap komponen yang terkandung dalam obat Combi Flu ini, dilarang menggunakan obat Combi Flu ini

Efek Samping:

Berikut adalah beberapa daftar efek samping dari penggunaan obat Combi Flu yang perlu diketahui dan diperhatikan oleh pengguna sebelum menggunakan obat Combi Flu ini, yaitu sebagai berikut:


  1. Pada dosis besar dapat menyebabkan kejang seperti epilepsi
  2. Mengantuk
  3. Pusing
  4. Mulut kering
  5. Kemerahan pada kulit.
  6. Gangguan pencernaan ringan.
  7. insomnia
  8. Gelisah
  9. Eksitasi
  10. Tremor
  11. Takikardia

Interaksi dengan Obat Lain:

Berikut adalah beberapa daftar efek samping dari penggunaan obat Combi Flu ini apabila digunakan bersamaan dengan obat-obatan lainnya yang perlu diketahui dan diperhatikan oleh pengguna sebelum menggunakan obat Combi Flu ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Hindari penggunaan obat Combi Flu ini bersamaan dengan obat Metoclopramide, karena hal tersebut dapat meningkatkan efek analgetic dari paracetamol yang terkandung dalam obat Combi Flu ini.
  2. Jangan mengkonsumsi alkohol pada saat sedang menggunakan obat Combi Flu ini, karena hal tersebut dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan hati yang berat.
  3. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan obat Combi Flu ini bersamaan dengan obat Carbamazepine, fenobarbital ataupun fenitoin, karena hal tersebut dapat menyebabkan meningkatkan resiko terkena kerusakan hati pada penggunanya.
  4. Hindari penggunaan obat Combi Flu ini bersamaan dengan obat Kolestiramin ataupun obat lixisenatide, karena dapat menyebabkan berkurangnya efek farmakologis paracetamol yang terkandung pada obat Combi Flu.
  5. Dilarang menggunakan obat Combi Flu ini bersamaan dengan obat-obatan pengencer darah seperti obat warfarin, karena obat Combi Flu dapat meningkatkan efek koagulansi dari obat warfin, sehingga dapat meningkatkan resiko terjadinya perdarahan pada pengguna.
  6. Penggunaan obat Combi Flu ini dilarang digunakan bersamaan dengan jenis obat-obat (MAO) inhibitors, karena dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah pengguna.

Peringatan dan Perhatian:

Berikut adalah beberapa daftar peringatan dari penggunaan obat Combi Flu yang perlu diketahui dan diperhatikan oleh pengguna sebelum menggunakan obat Combi Flu ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Hati-hati dalam menggunakan obat Combi Flu ini, untuk para pengguna yang menderita penyakit jantung.
  2. Untuk para pengguna yang sedang menderita penyakit glaukoma, harap perhati-hati dalam menggunakan obat Combi Flu ini.
  3. Hindari mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya pada saat menggunakan obat Combi Flu ini, karena efek sampingnya dapat menyebabkan kantuk bagi penggunanya.
  4. Hati-hati dalam menggunakan obat Combi Flu ini untuk penggunaan dalam jangka panjang, karena hal tersebut dapat berpotensi menyebabkan antikoagulan oral.
  5. Perhatikan kondisi pengguna yang memiliki riwayat depresi pada saat menggunakan obat Combi Flu ini, karena kandungan Antihistamin yang ada pada obat Combi Flu dapat berpotensi menyebabkan depresan susunan saraf pusat pada tubuh pengguna.

, , , , , , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Merk Obat C