Cisplatin Ebewe – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Obat Cisplatin Ebewe adalah merupakan jenis obat yang masuk kedalam kelompok obat Kemoterapi Sitotoksik, yang seringkali digunakan untuk pengobatan Kanker testikel, Kanker ovarium, Kanker kandung kemih, Kanker paru-paru dan Tumor otak/intrakranial, termasuk karsinoma, limfoma, dan sarkoma. Obat Cisplatin Ebewe ini diproduksi dan didistribusikan oleh PT. Ferron Par Pharma dalam bentuk infus berkekuatan 0.5 mg/ml dan 1 mg/ml.

Obat Cisplatin Ebewe sendiri memiliki kandungan senyawa Cisplatin, yang bekerja dengan cara memodifikasi siklus sel kanker atau tumor yang ada di dalam tubuh manusia, sehingga dapat menghentikan perkembangan sel kanker/tumor tersebut. Oleh BPOM sendiri, obat Cisplatin Ebewe ini kemudian dimasukkan kedalam golongan obat keras, yang dimana untuk menggunakannya sendiri memerlukan resep ataupun rujukan dari dokter.

Indikasi:

Dibawah ini adalah beberapa indikasi dari penggunaan obat Cisplatin Ebewe yang perlu diketahui pengguna sebelum menggunakan obat Cisplatin Ebewe tersebut, yaitu sebagai berikut:

  • Seringkali digunakan untuk memperlambat ataupun menghentikan pertumbuhan sel kanker pada tubuh pengguna.

Dosis & Cara Penggunaan:

Dibawah ini adalah beberapa dosis dan juga cara penggunaan obat Cisplatin Ebewe ini yang perlu diketahui pengguna sebelum menggunakan obat Cisplatin Ebewe tersebut, yaitu sebagai berikut:

Dosis untuk mengobati Kanker testikel, yaitu:

  • Berikan obat Cisplatin Ebewe ini sebanyak 20 mg/m2 luas permukaan tubuh sebanyak 1 kali per hari selama 5 hari berturut-turut.

Dosis untuk mengobati Kanker ovarium, yaitu:

  • Berikan obat Cisplatin Ebewe ini sebanyak 100 mg/m², yang kemudian dilarutkan ke dalam larutan NaCl 0.9%, dan diberikan setiap 4 minggu sekali apabila digunakan sebagai terapi tunggal,
  • Namun apabila obat Cisplatin Ebewe ini dikombinasikan dengan obat cyclophosphamide, maka berikan sebanyak 75-100 mg/m² yang diberikan setiap 4 minggu sekali.

Dosis untuk terapi Kanker kandung kemih, yaitu:

  • Berikan obat Cisplatin Ebewe ini sebanyak 50-70 mg/m² luas permukaan tubuh sebanyak 1 kali setiap 3-4 minggu.

Dosis untuk terapi Kanker paru-paru (non-small cell lung cancer), yaitu:

  • Berikan obat Cisplatin Ebewe ini sebanyak 60-100 mg/m² luas permukaan tubuh sebanyak 1 kali setiap 21 hari yang kemudian dikombinasikan bersamaan dengan obat-obatan jenis antineoplastik lainnya.

Dosis untuk terapi Tumor otak/intrakranial, yaitu:

  • Berikan obat Cisplatin Ebewe ini sebanyak 60 mg/m² luas permukaan tubuh sebanyak 1 kali setiap 2 hari berturut-turut, setelah itu diberikan lagi dengan selang waktu 3-4 hari sekali.


Kontra Indikasi:

Dibawah ini adalah beberapa kontra indikasi dari penggunaan obat Cisplatin Ebewe yang perlu diketahui pengguna sebelum menggunakan obat Cisplatin Ebewe tersebut, yaitu sebagai berikut:

  • Untuk para wanita yang sedang merencanakan kehamilan ataupun yang sedang hamil, sangat tidak disarankan untuk menggunakan obat Cisplatin Ebewe ini. Hal tersebut disebabkan karena menurut US Food and Drugs Administration (FDA), obat Cisplatin Ebewe ini masuk kedalam kategori obat D, yang artinya sudah terbukti secara klinis dapat menyebabkan efek samping pada janin ibu hamil.
  • Hindari penggunaan obat Cisplatin Ebewe ini untuk anak-anak yang berumur dibawah 18 tahun. Hal tersebut disebabkan karena belum adanya ketentuan dosis dan juga jaminan keamanan bagi pengguna dibawah 18 tahun tersebut.
  • Disarankan untuk tidak menggunakan obat Cisplatin Ebewe ini, apabila pengguna diketahui memiliki riwayat Hipersensitif terhadap senyawa Cisplatin
  • Obat Cisplatin Ebewe ini diketahui dapat terlarut dalam ASI, oleh sebab itu sangat tidak disarankan digunakan untuk ibu menyusui karena dikhawatirkan dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

Efek Samping:

Dibawah ini adalah beberapa efek samping dari penggunaan obat Cisplatin Ebewe yang perlu diketahui pengguna sebelum menggunakan obat Cisplatin Ebewe tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Mual
  2. Asma
  3. Muntah
  4. Kehilangan nafsu makan
  5. Rasa dingin pada bagian tangan atau kaki
  6. Nyeri pada mata
  7. Diare
  8. Menurun atau hilangnya indera perasa
  9. Kesemutan
  10. Detak jantung menjadi tidak teratur
  11. Rambut rontok
  12. Sakit Kepala
  13. Kehilangan keseimbangan tubuh
  14. Buang air besar dengan disertai darah
  15. Penglihatan terganggu
  16. Meningkatnya rasa haus
  17. Gejala flu
  18. Refleks menurun
  19. Pusing
  20. Nyeri sendi
  21. Sulit buang air kecil
  22. Bengkak
  23. Demam
  24. Gangguan pada pendengaran
  25. Mengantuk
  26. Kerontokan rambut sementara

Interaksi dengan Obat Lain:

Dibawah ini adalah beberapa efek samping dari penggunaan obat Cisplatin Ebewe bersamaan dengan obat-obatan lainnya, yang perlu diketahui pengguna sebelum menggunakan obat Cisplatin Ebewe tersebut, yaitu sebagai berikut:

  • Hindari penggunaan obat Cisplatin Ebewe ini bersamaan dengan obat-obatan yang digunakan untuk vaksinasi, seperti vaksin Adenovirus, vaksin Doxorubicin Hydrochloride Liposome, vaksin Influenza, vaksin campak, vaksin mumps, ataupun jenis vaksin lainnya. Karena interaksi kedua obat-obatan tersebut dapat menyebabkan meningkatnya kadar vaksin tersebut didalam darah pengguna.

Peringatan dan Perhatian:

Dibawah ini adalah beberapa peringatan dari penggunaan obat Cisplatin Ebewe yang perlu diperhatikan pengguna sebelum menggunakan obat Cisplatin Ebewe tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Selalu berhati-hati dalam menggunakan obat Cisplatin Ebewe ini, untuk para pengguna yang sedang menderita penyakit ginjal.
  2. Perhatikan selalu penggunaan obat Cisplatin Ebewe ini untuk para pengguna yang memiliki gangguan fungsi pada tulang sumsum.
  3. Untuk pengguna yang sedang mengalami gangguan pendengaran, harap berhati-hati dalam menggunakan obat Cisplatin Ebewe ini.
  4. Selalu monitoring kondisi kesehatan pengguna yang memiliki ketidakseimbangan mineral dalam tubuhnya, contohnya seperti memilik kadar magnesium atau kalsium yang rendah di dalam darahnya, pada saat menggunakan obat Cisplatin Ebewe ini.
  5. Pengguna yang mengalami gangguan sel darah seperti anemia, penggunaan obat Cisplatin Ebewe ini harus dilakukan secara berhati-hati.

, , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Merk Obat C