Cerebrovit X-Cel – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

1239

Cerebrovit X-Cel adalah obat multivitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi otak bagi usia remaja.

Cerebrovit X-Cel memiliki komposisi yang dapat menutrisi otak dan berbagai vitamin dan mineral guna menunjang kegiatan remaja hingga dewasa dalam sehari-hari. Kandungan Cerebrovit X-CEL berguna sebagai antioksidan untuk melindungi sel otak dan sel lainnya dari serangan radikal bebas.

Cerebrovit X-Cel merupakan obat berbentuk tablet atau kapsul diproduksi oleh PT Kalbe. Obat ini termasuk ke dalam golongan bebas, artinya obat ini dapat diperoleh di apotek terdekat tanpa membutuhkan resep dari dokter.

Komposisi Cerebrovit X-Cel

Cerebrovit X-Cel merupakan obat yang bemanfaat dan obat ini terdiri atas beberapa komposisi yang baik bagi perkembangan otak, antara lain:

  • L Glutamic Acid 200 mg (Asam Glutamat)

Asam L-Glutamat atau Asam Glutamat memiliki khasiat untuk cara meningkatkan konsentrasi otak karena mampu menyalurkan sinyal pikiran dari satu sel saraf ke sel lainnya.

  • Folic Acid 150 mcg

Folid Acid atau asam folat merupakan nutrisi yang memberikan manfaat untuk pembentukan sel darah pada tubuh,menyebabkan anemia .

  • Zinc 15 mg

Zinc memiliki manfaat yang sama dengan vitamin C. Zinc merupakan zat mineral yang sangat penting bagi tubuh berperan sebagai katalisator saat terjadinya reaksi-reaksi biokimia di dalam tubuh. Selain itu, Sebuah penelitian di Amerika Serikat, menjelaskan bahwa Zinc berperan dalam penghubung antar neuron di dalam otak, sehingga otak dapat bekerja lebih maksimal dan menyimpan memori lebih banyak .

  • Selenium 50 mcg, Vitamin B1 5 mg, Vitamin B6 2 mg, Vitamin B12 1,5 mcg

Selenium dan vitamin B1, B6, B12 memiliki peran yang sama, yaitu bekerja pada otak dengan meningkatkan kinerja sel saraf serta cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh tetap sehat dan bugar.

  • Vitamin C 

Vitamin C merupakan vitamin yang memiliki peranan untuk menangkal berbagai penyakit. Vitamin ini penting untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh, serta perbaikan pada tulang rawan, gigi, tulang, dan kulit.

  • Vitamin E 30 mg

Vitamin E adalahn vitamin yang berguna untuk menunjang kinerja organ tubuh dengan menambah daya tahan tubuh, menambah kesuburan, meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner. Selain itu, vitamin E berperan untuk menjaga kesehatan kulit, yakni dengan menambah elastisitas dan kelembapan kulit di seluruh anggota badan.

Dosis Penggunaan Cerebrovit X-Cel

Dosis penggunaan yang tepat bagi pasien atau penderita yang ingin mengonsumsi Cerebrovit X-Cel, sebagai berikut:

  1. Minum sebanyak satu tablet selama satu atau dua kali sehari.
  2. Obat ini dapat diminum sebelum atau sesudah makan

Efek Samping Cerebrovit X-Cel

Efek samping merupakan reaksi yang diterima tubuh ketika meminum suatu obat. Efek samping dapat berbagai macam, dari gejala umum hingga serius. Pada obat Cerebrovit X-Cel, efek samping yang diberikan sangat jarang hampir tidak ada efek samping apabila digunakan sesuai dengan petunjuk dokter.

Kontraindikasi Cerebrovit X-Cel

Rata-rata obat memiliki kondisi dimana pasien atau penderita tersebut tidak diperbolehkan meminum obat tersebut. Kondisi tersebut dinamakan kontraindikasi. Beberapa kontraindikasi Cerebrovit X-Cel adalah sebagai berikut:

  1. Pengguna yang memiliki hipersensitivitas pada kandungan obat
  2. Pengguna obat yang memiliki kecenderungan pendarahan

Hal-hal yang perlu diperhatikan 

Tidak ada yang perlu dicemaskan apabila dosis yang diminum sesuai dengan anjuran dokter atau apoteker. Namun penderita dapat menghentikan pemakain apabila terjadi gejala reaksi alergi dan segera hubungi dokter atau apoteker.