Cepezet – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

2334

Cepezet merupakan produk obat yang diproduksi oleh Mersifarma TM, obat ini digunakan untuk menangani masalah gejala psikiosis pada skizofrenia, Perlu diketahui bahwa produk obat Cepezet ini mempunyai kandungan  Chlorpromazine HCl di dalam nya. Chlorpromazine ini selain untuk mengatasi gejala psikosis, juga dapat digunakan untuk menangani mual, muntah, dan cegukan yang tidak kunjung berhenti.

Cara kerja obat Cepezet ini yaitu dengan cara menghambat zat kimia yang ada di otak, dinamakan dengan dopamin, sehingga dengan begitu dapat mengurangi gejala skizofrenia psikosis berupa perilaku agresif yang membahayakan diri sendiri atau orang lain (disorganized behaviour), sertamengurangi penyebab halusinasi, yaitu mendengar atau melihat sesuatu yang tidak nyata sama sekali. Chlorpromazin yang terdapat di dalam Cepezet ini juga dapat menghambat dopamine di pusat muntah di otak, sehingga dapat meringankan gejala mual serta muntah.

Obat yang termasuk di dalam golongan obat antipsikotik ini hanya dapat diperoleh dengan resep dokter, jadi obat ini tidak beredar dengan bebas di pasaran. Serta obat ini dapat digunakan pada orang dewasa maupun anak anak.

Manfaat Cepezet

Sebagai obat dengan golongan antipsikotik, produk Obat Cepezet ini mempunyai beberapa khasiat ataupun manfaat, diantaranya adalah :

  • Skizofrenia dan kondisi yang berhubungan dengan psikosis,
  • Trankuilisasi dan kontrol darurat untuk gangguan perilaku
  • Sebagai terapi tambahan untuk gangguan perilaku karena retardasi mental.
  • Dapat juga untuk menangani masalah seperti mual, muntah, dan cegukan yang tidak kunjung berhenti.

Cepezet ini biasanya dikemas dalam bentuk tablet dan juga injeksi, untuk tablet dikemas dalam kemasan 100 mg sedangkan injeksi yaitu 50 mg/2 ml.

Dosis Cepezet

Kebanyakan penggunaan obat ini diaplikasikan dalam bentuk tablet, oleh karena obat ini hanya bisa didapatkan melalui resep dokter, konsultasikan kepada dokter berapa dosis yang harus digunakan, jangan menggunakan obat Cepezet ini secara asal tanpa sepengetahuan oleh dokter. Selalu konsumsi obat dalam dosis yang sudah ditentukan agar terhindar dari masalah negatif seperti overdosis dan lainnya.

Berikut adalah Dosis umum penggunaan obat Cepezet ini dalam bentuk tablet :

  • Untuk orang Dewasa yaitu dosisnya 10-25 mg tiap 4-6 jam.
  • Untuk penderita Psikosis dosisnya 200-800 mg/hr.
  • Untuk anak anak dosisnya adalah 0.5 mg/kg BB tiap 4-6 jam.

Pada dasarnya penggunaan obat tablet atau suntikan tergantung oleh keputusan dokter, dilihat dari separah apa kondisi pada saat itu.

Efek Samping Cepezet

Pada dasarnya, penggunaan setiap obat obatan ada yang mempunyai efek samping dan ada yang tidak, ada yang mempunyai efek samping ringan ada yang parah. Berikut adalah beberapa efek samping yang dapat terjadi pada saat memulai untuk mengkonsumsi atau memakai produk obat Cepezet ini :

  1. Gejala extrapiramidal,
  2. Efek antikolinergik,
  3. Hilang nafsu makan.
  4. Cemas.
  5. Depresi.
  6. Gangguan menstruasi.
  7. Disfungsi ereksi.
  8. Kejang.
  9. Tubuh mudah lelah.
  10. Berat badan naik.
  11. Sulit tidur.
  12. Sakit kepala.
  13. Pusing.
  14. Pembengkakan otak.
  15. Hipotensi ortostatik.
  16. Jantung berdebar.
  17. Dispepsia.

Tidak semua efek samping diatas dapat terjadi pada saat menggunakan obat Cepezet ini, efek samping dapat terjadi tergantung dari imunitas badan masing masing individu, apabila efek samping tidak kunjung hilang dan semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter untuk segera mendapatkan pertolongan medis.

Perlu diketahui juga bahwa kandungan Chlorpromazine yang ada pada obat Cepezet ini tidak boleh digunakan pada pasien psikosis akibat demensia, karena dapt meningkatkan risiko penyakit jantung dan infeksi paru hingga dapat memperparah keadaan seperti mengakibatkan kematian.