Carmed – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Kulit kering hingga bersisik merupakan masalah kesehatan kulit yang sering terjadi. Penyebab kulit bersisik atau iktiosis diakibatkan oleh hilangnya kelembaban pada lapisan kulit luar (epidermis) yang membuat kulit menjadi kurang elastis. Kulit yang terlalu kering akan memberikan beberapa efek seperti kulit akan terlihat kusam, keriput, kemerahan, sensitif, terlihat kasar dan tidak segar. Kondisi kulit kering hingga bersisik bisa dialami oleh siapa saja tanpa melihat jenis kelamin dan beberapa faktor pendukung seperti kesehatan, kondisi tempat tinggal, usia dan lama waktu di ruangan terbuka.

Ada beberapa hal yang memicu penyebab kulit bersisik dan kering, misalnya: bahaya sinar matahari langsung, penggunaan AC yang berlebihan, regenerasi kulit alami, malnutrisi atau tubuh kurang asupan gizi, cuaca terlalu panas, cuaca terlalu dingin, keturunan, tidak memakai pelembab, bahaya akibat kurang minum air putih, akibat kurang tidur malam, hindari rokok, dan olahraga.

Carmed merupakan obat kulit yang dikemas dalam bentuk salep dan juga lotion untuk mengatasi hiperkeratosis, kekeringan pada iktiosis (kelainan bawaan kulit berupa hiperkeratosis sehingga kulit menjadi kering, kasar, dan bersisik) dan kondisi sejenis yang ditandai oleh kulit kering, kasar, dan bersisik.

Carmed merupakan obat yang diproduksi oleh PT Surya Dermato Medica Lab dan termasuk golongan obat keras. Apabila hendak melakukan pembelian obat ini harus menggunakan resep dokter

Kandungan Carmed 

  • Carmed Cream

Komposisi utama Carmed adalah urea. Urea ialah kandungan obat yang dapat meredakan situasi kulit yang kering dan kasar dan masalah pada kuku. Urea bisa  menolong permukaan kulit yang kehilangan jaringan yang mati pada sejumlah luka untuk menolong penyembuhan luka. Urea bersifat keratolitik dan menambah kelembaban kulit dengan menghaluskan atau menghancurkan zat keratin pada lapisan kulit teratas.

  • Carmed Lotion

Khusus, Carmed Lotion, ada beberapa komposisi tambahan seperti: mineral oil, urea, C12-15 alkyl benzoate dan Hydrogenated polyisobutene. Ketiga bahan tambahan ini (mineral oil, Hydrogenated polyisobutene, dan C12-15 alkyl benzoate) memiliki fungsi yang hampir sama dengan Urea, yaitu sebagai pelembab untuk kulit sehingga kulit tidak menjadi kering.

Dosis Penggunaan Carmed

Hampir setiap obat lebih baik untuk mengikuti anjuran dokter agar efek samping atau risiko dapat terkontrol dengan baik. Namun, dosis penggunaan Carmed bisa dilihat pada kemasan obat.

  • Lakukan pengolesan minimal 2 kali sehari.
  • Carmed disarankan untuk pengolesannya setelah mandi sehingga efek bisa maksimal.
  • Lakukan penggosokan secara perlahan pada kulit yang perlu diobati.

Efek Samping Carmed

  1. Efek samping pada penggunaan Carmed tergolong jarang, namun ada kemungkinan terjadi.
  2. Efek samping yang mungkin terjadi adalah iritasi pada kulit misalnya, rasa panas, menyengat rasa terbakar pada kulit yang diobati.
  3. Hentikan pemakaian apabila keadaan kulit semakin memburuk.

Kontraindikasi Carmed

Kontraindikasi merupakan kondisi bahwa orang yang akan menggunakan obat justru tidak boleh menggunakan obat tersebut. Carmed tidak diperbolehkan bagi orang yang hipersensitivitas terhadap kandungan obat Carmed, yaitu urea.

Hal yang perlu diperhatikan 

Hal yang perlu diperhatikan penderita atau pasien yang akan menggunakan obat Carmed, sebagai berikut:
  • Hindari kontak dengan mata, bibir, dan selaput lendir
  • Jangan mengambil secara internal
  • Jangan menggunakan urea dalam jumlah besar atau untuk durasi yang lebih lama dari yang direkomendasikan

Pada saat akan memilih obat ini, pastikan manfaat yang diperoleh lebih besar dari pada risiko yang mungkin didapatkan atau akan pasien alami. Apabila ada kondisi berlanjut atau bahkan memburuk, segera laporkan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih.

, , , , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Merk Obat C