Begini Khasiat Mentimun yang Wajib Konsumsi

364

Pada umumnya sayur Mentimun dimanfaatkan oleh ibu-ibu rumah tangga sebagai pelengkap hidangan makanan contohnya adalah dibuat acar atau lalapan segar diberi sambal terasi pedas. Mentimun atau lebih terkenal disebut Timun banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Diketahui sayur ini mengandung sekitar 95 persen kadar air sehingga bagus untuk membantu mengatasi dehidrasi.

Timun kaya akan kandungan Vitamin yang bermanfaat bagi tubuh seperti Vitamin C, dimana manfaatnya terasa dari dalam tubuh untuk dikonsumsi atau pengaplikasian di luar tubuh seperti untuk pemeliharaan kulit dan rambut atau menghilangkan kantung mata.

Lalu apakah manfaat dari Mentimun secara lengkap tidak hanya untuk kesehatan tubuh tetapi bagus buat kebugaran tubuh dan kecantikan kulit ?

Nah kami rangkum dari berbagai sumber berita akan memberikan penjelasan singkat tentang manfaat dari Mentimun tersebut di bawah ini :

1/Bagus buat menjaga kesehatan kulit dan rambut. Contohnya adalah membantu mengurangi terjadinya iritasi kulit sebagai akibat adanya sengatan sinar matahari yang terlalu panas. Gosokkanlah seiris Mentimun pada bagian kulit yang terkena iritasi. Dalam hal ini Mentimun mengandung zat ‘Sulfur’ dan ‘Silikon’ yang bagus untuk pertumbuhan rambut menjadi sehat secara alami. Jika kondisi kelopak mata bagian bawah membengkak atau muncul kantung mata maka anda juga dapat memanfaatkan irisan Mentimun segar.

2/Mengontrol kadar gula darah sehingga menjadi normal. Buatlah sayur Mentimun menjadi jus segar yang juga bisa berfungsi sebagai media untuk meningkatkan hormon khusus dibutuhkan oleh sel – sel ‘Pankreas’ dalam proses memproduksi ‘Insulin’.

3/Ampuh buat melawan Kanker. Sayur Mentimun mengandung 3 zat ‘Lignan’ yaitu ‘Pinoresinol, Lariciresinol, dan Secoisolariciresinol’ yang membantu anda untuk mengurangi resiko terserang berbagai jenis Kanker seperti Kanker Ovarium, Kanker Peyudara, Kanker Prostat, dan Kanker Rahim.

4/Mengurangi perasaan mual – mual karena mabuk dan sakit kepala. Kunyahlah beberapa iris Mentimun segar sebelum anda beranjak tidur di malam hari yang ampuh buat mengurangi rasa sakit kepala dan mabuk sehingga esok pagi dapat bangun dengan kondisi segar. Ini disebabkan karena Mentimun banyak mengandung Vitamin B, gula dan ‘Elektrolit’ yang akan mengisi tubuh dengan nutrisi penting.

5/Menurunkan Kolesterol tinggi. Riset menjelaskan bahwa Mentimun diketahui banyak mengandung zat bernama ‘Sterol’ yaitu senyawa yang berfungsi untuk membantu mengurangi jumlah Kolesterol menumpuk di dalam darah.

6/Ampuh buat mengontrol Tekanan Darah. Dimana diketahui  bahwa Mentimun banyak mengandung Magnesium, Kalium, dan Serat yang mengontrol Tekanan Darah anda. Dengan rutin mengonsumsi Mentimun, maka dapat menjaga Tekanan Darah menjadi normal (tidak terlalu rendah).

7/Melenyapkan nyeri pada sendi dan encok. Mentimun adalah salah satu sumber ‘Silika’ yang dikenal berfungsi sebagai media untuk memperkuat jaringan sendi. Erat kaitannya dengan kondisi ini, Jus Mentimun diketahui banyak mengandung ‘Kalsium, Folat, Potassium, Magnesium’, dan Vitamin A, C, D, B1, dan B6.

8/Mengonsumsi Mentimun setiap hari bermanfaat untuk menurunkan kadar Asam Urat.

Semoga Bermanfaat 🙂