Jangan Sepele, 6 Makanan ini Berbahaya untuk Ibu Hamil

132

Ibu hamil biasanya cukup rentan terserang penyakit, dan sangat banyak pantangan yang harus dihindari demi kesehatan diri dan sang buah hati yang masih berada di dalam kandungan. Ya, biasanya pantangan yang paling banyak adalah mengenai makanan yang dikonsumsi ibu, apakah cukup aman atau justru harus dijauhi. Nah, agar tidak bingung memilih, setidaknya ibu perlu mengetahui makanan berbahaya berikut ini agar tidak dimakan selama hamil.

  1. Sayuran Mentah

Beberapa orang sangat menyukai sayuran mentah sebagai lalapan. Memang rasanya segar, namun sebaiknya dihindari ibu hamil karena dapat membahayakan janinnya jika dikonsumsi. Sayuran mentah terutama yang tidak dibersihkan dengan air mengalir mengandung banyak bakteri dan senyawa pestisida yang masih menempel di permukaan. Apalagi jika sedikit terbuka atau bolong, tentu parasit mudah hinggap dan tidak aman lagi dikonsumsi ibu.

2. Keju Lembut

Keju sebenarnya bagus dikonsumsi, namun bagi ibu hamil, sebaiknya hindari keju lembut yang teksturnya lebih basah. Keju yang lembut biasanya tidak melalui proses pasteurisasi dan lebih lembap sehingga sering mengandung bakteri Listeria. Jika memang ibu ingin memakan keju, pilihlah yang lebih keras dan kering teksturnya seperti cheddar.

3. Ikan dan Daging

Ikan dan daging sangat bagus dikonsumsi karena kandungan nutrisinya yang cukup tinggi, namun perlu diwaspadai oleh ibu hamil. Beberapa jenis ikan cukup tinggi mengandung merkuri sehingga dapat membahayakan janin ketika dimakan. Selain itu, daging yang diolah setengah matang seringkali masih terkontaminasi bakteri seperti toxoplasma. Karena itu jika ingin makan daging, olahlah hingga benar-benar matang. Selain itu makanan dengan olahan ikan seperti sushi dan ikan asap juga perlu dihindari.

4. Hati

Hati sangat bagus dikonsumsi anak-anak namun tidak untuk wanita hamil. Kandungan vitamin A pada hati terlalu tinggi dan jika berlebihan dapat membahayakan kondisi janin. Jika ingin mengkonsumsi hati, ibu hanya boleh memakannya sekali dalam sebulan itu pun dengan porsi yang wajar.

5. Telur Mentah

Tidak ada salahnya jika ibu hamil ingin mengkonsumsi telur, namun pastikan telah memasaknya hingga benar-benar matang. Mengkonsumsi telur setengah matang atau bahkan mentah bisa menyebabkan bakteri Salmonella yang tertinggal tidak mati dan ini dapat menyebabkan ibu diare. Dampaknya, ibu bisa dehidrasi dan kekurangan nutrisi untuk janinnya.

6. Kecambah Mentah

Umumnya kecambah seperti tauge mengandung banyak bakteri, karena itu jika ingin mengkonsumsinya pastikan sudah dimasak dengan baik. Hindari mengkonsumsi kecambah yang mentah, dan sebaiknya hindari makanan tersebut saat akan makan di restoran.

Makanan yang baik akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janinnya, namun beberapa makanan di atas memang sebaiknya dihindari atau diubah cara pengolahannya. Ibu hamil harus menjauhi makanan berbahaya yang beredar di masyarakat agar janin tetap sehat dan tidak terkontaminasi bakteri atau senyawa berbahaya. Dengan begitu, janin akan tumbuh dengan sehat dan lahir tanpa masalah apapun.