Jangan Bingung! Ini 8 Istilah Kedokteran Umum yang Harus Anda Tahu

155

Ketika Anda melakukan pemeriksaan kesehatan maka dokter akan menetapkan diagnosis setelah pemeriksaan dan tes yang diperlukan selesai dilakukan. Namun terkadang banyak pasien yang bingung dengan diagnosis tersebut karena beberapa penyakit disertai dengan istilah membingungkan. Misalnya saja seperti maag akut, sinusitis kronis, proses skrining dan lain-lainnya. Bagi orang awam memang istilah ini membingungkan.

Agar Anda bisa memahami dan tidak bingung, berikut ini beberapa istilah kedokteran umum yang harus Anda pahami.

  1. Akut

Akut adalah sebuah istilah medis yang dilekatkan pada penyakit yang muncul secara tiba-tiba. Gejala penyakit tersebut muncul dengan cepat sampai akhirnya sakitnya sangat serius. Ketika sudah masuk dalam kondisi akut maka pasien harus mendapatkan perawatan darurat secepatnya. Misalnya seperti leukimia akut, diare akut, dan penyakit lain.

  1. Kronis

Kronis menjadi sebuah kondisi pada penyakit yang berlangsung lama dan terus menerus terjadi. Artinya penyakit itu bersifat kambuh terus menerus dan kondisinya semakin parah dari waktu ke waktu. Misalnya seperti diabetes kronis dan penyakit lain. Karena itu sebelum penyakit menjadi kronis maka secepatnya harus segera diobati.

  1. Diagnosis

Mungkin Anda pernah membaca istilah diagnosis dokter? Kata diagnosis  berarti bahwa keputusan dokter dengan penyakit tertentu setelah memeriksa dari mulai gejala dan tes medis yang diperlukan. Kemudian setelah dokter menentukan diagnosis maka dokter akan memberikan rencana perawatan termasuk dengan obat atau operasi sesuai dengan jenis penyakit.

  1. Prognosis

Ketika dokter baru saja memberikan diagnosis maka selanjutnya akan memberikan prognosis. Prognosis adalah prediksi mengenai kelanjutkan penyakit yang akan terjadi di masa mendatang. Prognosis akan dilihat lagi setelah pasien diberi obat atau tindakan operasi. Misalnya saja mengenai prognosis perawatan kanker.

  1. Skrining

Skrining adalah sebuah istilah yang ditujukan untuk deteksi dini apakah pasien memiliki penyakit tertentu atau tidak. Skrining diperlukan untuk memberikan perawatan secepatnya sehingga proses perawatan memberikan hasil yang lebih baik. Misalnya seperti skrining kanker payudara, skrining kanker serviks dan penyakit lain.

  1. Faktor Risiko

Faktor risiko adalah gejala yang mungkin ada atau tidak pada penyakit tertentu. Risiko ini dipertimbangkan dari banyak hal mulai dari gaya hidup, keturunan dan riwayat penyakit. Misalnya ibu dengan kanker payudara mungkin meningkatkan faktor risiko kanker payudara juga kepada anak perempuannya. Dengan begitu proses skrining bisa dilakukan pada anak ketika sudah dewasa.

  1. Alergen

Alergen melekat pada kondisi alergi atau disebut juga dengan penyebab alergi. Alergen dalam tubuh dijumpai dalam bentuk zat atau antigen yang bisa merangsang imunitas tubuh. Berbagai faktor yang disebut alergen misalnya seperti serbuk sari, bulu binatang, makanan laut, kacang, kafein, zat kimia dan sumber lain.

  1. Gula darah

Gula darah adalah salah satu istilah yang melekat pada penyakit diabetes. Gula darah berarti memang adanya gula dalam darah yang mengendalikan kondisi metabolisme tubuh. Gula darah tinggi akan menyebabkan penyakit diabetes. Gula darah bisa memicu tubuh yang lemah dan tidak berdaya. Umumnya dalam kondisi normal maka tubuh memiliki kadar gula darah sebesar 70-130 mg/dL. Sebenarnya kadar gula darah akan berubah baik itu sebelum makan dan setelah makan.

Itulah istilah kedokteran umum yang memang harus dipahami. Anda tidak perlu bingung dan panik lagi jika mendengar istilah tersebut dari dokter yang merawat Anda.