Zona T – Pengertian – Jenis Masalah dan Cara Mencegahnya

572

zona tZona T atau biasa disebut juga T-zone adalah area pada wajah yaitu dahi, hidung dan dagu. Jika anda menarik garis lurus vertikal dan horizontal maka akan berbentuk huruf T. Bagian ini juga dianggap bagian paling rawan karena memiliki kelenjar minyak berlebih yang dapat menimbulkan beberapa macam masalah kulit seperti jerawat dan komedo, dll.

Masalah pada Zona T sangat berpengaruh pada pria dan wanita. Wanita lebih dominan sensitif bila sudah berhubungan dengan masalah kulit wajah. Selalu tampil cantik dan menawan selalu menjadi idaman para wanita. Namun mengingat pria juga lebih aktif dalam beraktivitas, maka masalah-masalah pada zona T tidak bisa dianggap sepele bagi kaum pria.

Ada banyak sekali masalah yang dapat terjadi pada area wajah, terutama Zona T karena di daerah itulah yang akan menghasilkan kelenjar minyak paling banyak, adapun masalah-masalah yang biasa terjadi diantaranya:

1. Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang biasanya diawali dengan munculnya bintik-bintik pada daerah tertentu, bukan hanya Zona T area yang sering timbulnya jerawat, tetapi jerawat banyak juga timbul di sekitar pipi, leher, bahkan punggung. Jerawat juga biasanya dialami oleh seseorang yang memiliki kulit berminyak. Jerawat biasanya dialami akibat beberapa faktor diantaranya adalah perubahan hormon pada wanita ataupun kotoran dan debu yang menempel di kulit sehingga menimbulkan jerawat.

Hampir semua orang pasti sudah pernah mengalami masalah kulit yang satu ini kan? Untuk mengobati jerawat biasanya seseorang direkomendasikan untuk memakai cream penghilang jerawat, sabun yang mengandung acne aid ataupun obat-obatan yang diminum secara langsung untuk membersihkan kotoran. Jika jerawat semakin banyak dan tidak dapat dihilangkan juga akan menimbulkan dampak penyakit lain seperti stress, depresi serta wajah yang semakin rusak.

2. Komedo

Komedo adalah pori-pori tersumbat, biasanya bisa terbuka atau tertutup dan biasanya berwarna hitam ataupun putih. Komedo rentan terjadi pada area wajah terutama Zona T. Komedo sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Komedo Terbuka ( komedo hitam ) yaitu komedo yang berasal dari pori-pori terbuka pada area wajah atau lainnya.
  • Komedo Tertutup ( komedo putih ) adalah tersumbatnya folikel pada kulit dikarenakan timbunan kotoran atau debu.
  • Mikrokomedo merupakan komedo yang sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat secara langsung oleh mata.
  • Makrokomedo merupakan komedo putih yang juga ukurannya sangat kecil.
  • Komedo raksasa merupakan komedo yang besar dan terdapat warna hitam di bagian ujungnya.
  • Komedo solar adalah komedo yang disebabkan oleh sinar matahari dan biasanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia.

Gejala komedo biasanya sangat mudah dikenali karena akan terlihat benjolan atau bintik-bintik kecil pada wajah yang berwarna hitam atau putih, komedo juga lebih sering terjadi pada area hidung. Komedo juga disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel kulit dan terkena debu atau kotoran sehingga berubah warna menjadi hitam atau putih. Cara mengatasi komedo biasanya dengan menggunakan sabun cuci muka yang dapat menghilangkan komedo serta menggunakan koyo yang mengandung acne care yang khusus ditempelkan pada kulit untuk mengangkatnya.

3. Dermatitis Seboroik

Adalah masalah kulit dimana terjadinya radang kulit yang menyebabkan kulit menjadi bersisik, berwarna merah, serta menimbulkan rasa yang panas dan sangat gatal. Dermatitis dapat terjadi jika anda tidak menjaga wajah anda terutama pada Zona T serta jerawat yang semakin parah. Pengobatan dermatitis seboroik pun tidak boleh sembarangan, perlu penanganan dokter kulit agar tidak sampai salah langkah. Apabila melakukan pengobatan yang salah, maka kondisi wajah akan semakin parah.

Cara Mencegah Zona T agar Terhindar dari Masalah Kulit

Tentunya beberapa masalah kulit tersebut dapat kita atasi dengan menjaga area wajah terutama Zona T, adapun beberapa langkah yang dapat di lakukan untuk menghindari beberapa masalah kulit pada area Zona T adalah:

1. Kenali Jenis Kulit Wajah Anda

Hal ini sangat perlu diperhatikan untuk mengetahui tipe seperti apakah kulit wajah anda? Kulit berminyak cenderung terlihat lebih mengkilap dan kusam serta jika di pegang dengan tangan tentu terasa minyak yang sedikit menempel pada permukaan tangan, kulit wajah yang berminyak ini lah yang sebenarnya rentan terkena beberapa masalah kulit. Sedangkan jika kulit anda cenderung sering mengelupas dan iritasi, mungkin kulit wajah anda adalah termasuk dalam kulit yang kering. Dan jika kulit anda berminyak, kenali beberapa faktor penyebab muka berminyak agar anda dapat mengatasi masalah tersebut.

2. Mencuci Muka Secara Teratur

Cucilah muka anda secara teratur dan dua kali dalam sehari, gunakan sabun muka yang ringan serta memiliki kadar ph yang sesuai dengan kulit wajah anda. Mencuci muka tentunya dapat mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang menempel pada wajah akibat aktivitas anda seharian. Dan usahakan untuk tidak mencuci muka lebih dari dua kali dalam sehari karena hal itu justru akan menimbulkan iritasi da memperparah masalah kulit anda.

3. Mencuci Rambut Secara Teratur

Rambut juga memiliki hubungan yang erat dengan wajah karena di dalam rambut juga memiliki kelenjar minyak dan pori-pori  yang dapat tersumbat jika anda tidak rajin untuk mencuci rambut anda. Bukan hanya wajah atau Zona T yang akan bermasalah jika anda tidak mencuci rambut secara teratur, tetapi hal itu juga dapat menjadi penyebab kulit kepala gatal dan mengelupas.

4. Hindari Makanan Berminyak

Makanan berminyak dapat meningkatkan minyak yang berlebih terutama pada kulit wajah, dan kulit yang berminyak dapat menyebabkan berbagai macam masalah pada kulit wajah tentunya. Makanan yang mengandung sumber minyak berlebih dan berlemak juga dapat menjadi salah satu faktor utama penyebab nya, seperti daging, ayam dan telur, kacang-kacangan dan juga coklat. Dan konsumsilah makanan sehat untuk kulit dan wajah seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

5. Menggunakan Produk Pengupas Kulit Pada Wajah

Menggunakan produk pengelupas kulit dan kotoran seperti gel, scrub dan masker pada wajah tentu dapat mengangkat sel sel kulit mati agar tidak menyumbat pada pori-pori dan permukaan kulit. Serta carilah produk yang aman dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit wajah anda.

6. Lakukan Perawatan Wajah

Melakukan perawatan wajah seperti facial, masker wajah dan mousturizing tentu sangat perlu dilakukan setidaknya dalam satu atau dua minggu sekali. Hal ini di lakukan untuk menjaga kelembaban kulit wajah,mengangkat sel-sel kulit mati dan tentunya dapat menghindari masalah kulit terutama pada Zona T. Meskipun wanita yang cenderung lebih sering melakukan rutinitas seperti ini, tetapi sebenarnya pria juga perlu melakukan perawatan untuk wajahnya.

7. Gunakan Bahan-bahan Alami

Banyak bahan-bahan alami yang bisa kita dapatkan untuk menjaga Zona T, diantaranya adalah air mawar yang dicampur jeruk dapat dijadikan masker wajah yang mengandung vitamin C. Lidah buaya juga dapat menjaga keseimbangan ph pada kulit wajah. Serta campuran yoghurt dingin dan buah stroberi juga dipercaya dapat mengecilkan pori-pori pada permukaan kulit wajah.

8. Menggunakan Sunscreen Ketika Keluar Rumah

Sinar matahari yang terpapar langsung pada kulit dapat menjadikan kulit wajah menjadi kusam serta terlihat lebih gelap terutama pada wajah ataupun Zona T. Dan untuk menjaganya agar terhindar dari debu serta sinar matahari yang menyengat, anda perlu menggunakan sunscreen atau tabir surya yang dapat melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari langsung. Dan gunakan juga sunscreen yang sesuai untuk jenis kulit anda.

9. Gunakan Produk Riasan Yang Tidak Mengandung Minyak

Jika kulit wajah anda adalah termasuk dalam kulit yang berminyak, maka anda harus menghindari berbagai macam produk kecantikan yang mengandung minyak seperti bedak, krim malam atau sabun pencuci muka agar tidak memperparah kulit wajah anda dan terhindar dari masalah jerawat ataupun komedo.

Sekarang anda sudah mengetahui bukan jika merawat kulit wajah dan area Zona T tentu sangat penting agar terhindar dari berbagai macam masalah kulit serta dapat terus menjaga penampilan anda. Pola hidup sehat tentunya sangat dibutuhkan untuk memiliki kulit yang sehat, wajah yang sehat serta dahi hidung dan dagu yang bersih.