Home Featured Hobi Makan Oatmeal ? Ini 10 Manfaat Gandum Untuk Kesehatan, Kulit Dan Rambut

Hobi Makan Oatmeal ? Ini 10 Manfaat Gandum Untuk Kesehatan, Kulit Dan Rambut

by Syara

Gandum menjadi salah satu bentuk pilihan menu sarapan banyak orang. Biasanya berbentuk sereal dan tentu saja bernutrisi. Serat (beta-glucan) dan mineral yang terkandung didalamnya membantu menjauhkan beberapa penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan bahkan kanker. Kesehatan kulit dan rambut Anda pun termasuk salah satu manfaatnya.

Dilansir dari Stylecraze, ini beragam manfaat yang dapat diperoleh jika memasukkan gandum sebagai asupan sehari – hari.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beta-glucan yang terkandung dalam gandum membantu mengurangi kadar kolesterol. Serat ini merupakan komponen utama dan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat tanpa mengganggu keberadaan kolesterol baik.

Gandum juga mengandung antioksidan berupa avenanthramides dan phenolic acids yang bersama – sama dengan vitamin C mencegah oksidasi LDL penyebab penyakit jantung. Menurut Harvard Medical School, gandum merupakan yang terbaik dari jenisnya untuk mengurangi kadar kolesterol.

  1. Membantu Pengobatan Diabetes

Gandum mengandung index glikemik rendah dan kandungan seratnya yang tinggi membantu mengatur kadar gula darah. Gandum dicerna dengan lambat karena kandungan seratnya yang tinggi. Makanan yang cepat dicerna dapat menyebabkan naiknya gula darah.

Studi lainnya menemukan bahwa oatmeal dapat mengurangi dosis insulin,. Konsumsi gandum juga akan mempengaruhi kondisi glukosa dan lipid penderita diabetes tipe 2. Kandungan beta-glucan pada gandum diketahui mengurangi konsentrasi glukosa darah selama konsumsi.

Namun begitu sebaiknya hindari gandum yang diproses dengan diberikan rasa tertentu atau instan. Jenis yang seperti ini biasanya mengandung banyak gula.

  1. Mengatasi Konstipasi

Kandungan serat yang tinggi pada gandum membantu mengatasi konstipasi. Namun begitu beberapa orang menunjukkan gejala konstipasi setelah mengonsumsi oatmeal. Hal ini bisa saja terjadi karena oatmeal yang dikonsumsi menghasilkan gas dalam keadaan tertentu. Kandungan seratnya yang tinggi dapat memicu produksi gas yang berlebihan.

  1. Membantu Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan pada gandum membantu memerangi kanker. Seratnya juga dapat mencegah kanker usus. Kandungan avenanthramides pada gandum memiliki kemampuan antiinflamasi dan merupakan bagian dari mekanisme pertahanan pada gandum. Kandungan tersebut membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

  1. Membantu Mengatasi Hipertensi

Konsumsi gandum diketahui mampu mengurangi tekanan darah sistolik menjadi 7.5 poin dan tekanan darah diastolic menjadi 5.5 poin. Untuk mendapatkan manfaat ini konsumsilah oatmeal organik dan non-instan.

Serat larut pada gandum efektif untuk mencegah dan mengobati hipertensi. Sebuah studi lainnya menemukan bahwa asupan makanan yang kaya akan gandum dapat mengurangi kebutuhan obat antihipertensi.

  1. Meningkatkan Energi

Kandungan beta-glucan pada gandum mampu meningkatkan tingkat imunitas seseorang. Sel – sel imunitas dalam tubuh seseorang memiliki reseptor spesial yang didesain untuk menyerap beta-glucan.

Hal tersebut di atas membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih dan membantu melawan penyakit. Kandungan selenium dan zinc pada gandum juga berperan dalam melawan infeksi.

  1. Membantu Mengatasi Jerawat

Oatmeal dapat menyerap kelebihan minyak di kulit dan membantu mengatasi jerawat. Scrub oatmeal juga bekerja baik untuk mengatasi jerawat. Scrub ini akan mengangkat sel kulit mati dan melembutkan kulit Anda.

Kandungan zinc pada gandum juga membantu mengurangi inflamasi dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun begitu ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dermatolog untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan.

  1. Mencerahkan Dan Melembabkan Kulit

Gandum bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan berperan sebagai pelembab alami. Selain itu beberapa produk kecantikan seperti sabun, scrub, dan krim eksfoliasi mengandung gandum dan bermanfaat untuk mencerahkan kulit Anda.

  1. Mengatasi Ketombe

Untuk mengatasi ketombe Anda cukup membutuhkan satu gelas oatmeal yang telah diblender. Setelah itu campur dengan dua gelas air panas. Aduk hingga tercampur sempurna. Biarkan selama 10 menit.

Untuk menggunakannya cukup basahi rambut Anda dengan air hangat – hangat kuku dan aplikasikan campuran oatmeal tadi pada rambut Anda. Biarkan selama 2 menit dan bilas seperti biasa.

  1. Mengatasi Rambut Rontok

Selain mengatasi ketombe, oatmeal juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Cukup campurkan satu sendok oatmeal, susu segar dan susu almond. Campurkan semuanya hingga berbentuk pasta. Aplikasikan campuran tersebut ke rambut dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat – hangat kuku.

Campuran ini juga dapat memperkuat folikel rambut dan membuat rambut lebih kuat. Kandungan omega – 6 pada gandum juga membantu mengatasi rambut rusak.

You may also like