Segera Hindari 7 Kebiasaan Ini, Memudahkanmu Terserang Penyakit !

244

Semua orang  pasti menginginkan tubuhnya sehat, akan tetapi tanpa kita sadari ternyata ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang akan membuatmu lebih mudah terserang penyakit. Yuk segera hindari 7 kebiasaan berikut ini.

1. Tidak sarapan pagi.

Untuk beraktivitas, tubuh memerlukan energi dalam jumlah yang cukup. Oleh karena itu sarapan pagi merupakan hal penting bagi tubuh. Tanpa menu sarapan pagi yang sehat, kamu akan kekurangan energi sehingga sulit untuk berkonsentrasi. Selain itu, orang yang tidak sarapan pagi cenderung akan makan siang dalam porsi yang lebih besar, hal ini akan memicu terjadinya kelebihan berat badan. Jadi pastikan untuk sarapan dulu di pagi hari.

2. Menggigit kuku jari tangan.

Apabila kamu memiliki kebiasaan menggigit kuku jari tangan, segeralah hentikan. Selain membuat tampilan kuku jarimu menjadi tidak indah, juga bisa membuat kukumu terkena infeksi. Mengigit kuku juga bisa membuatmu terkena bakteri maupun virus yang menempel pada kuku, karena kuku belum tentu selalu bersih kondisinya.

Jika kebiasaan itu sudah melekat pada diri mu maka paling tidak laukanlah cara-cara untuk menghilangkan kebisaan mengigit kuku, karena bagaimanapun kuku memiliki beribu kuman yang siap menyerang ketika tubuh dalam keadaan metabolisme yang tidak baik.

3. Jarang minum air putih.

Apakah kamu termasuk orang yang lebih suka minum kopi, minuman manis, atau minuman dalam kemasan yang menurutmu menyegarkan dan lebih enak rasanya? Sebaiknya mulai kurangi ya. Karena takutnya, kamu jadi lupa untuk minum air putih. Padahal sebenarnya tubuh kita lebih banyak membutuhkan air putih yang dapat digunakan pula untuk terapi air putih. Ketika tubuh kekurangan air putih akan terjadi dehidrasi sehingga kulit menjadi kering dan kusam. Selain itu kekurangan air akan membuat organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

4. Jarang mengganti sprei.

Sprei meskipun terlihat bersih, apabila sudah dipasang lama maka akan banyak debu dan bisa jadi juga ditempeli tungau. Jika kamu jarang mengganti sprei, maka berarti kamu akan tidur bersama dengan debu dan tungau tersebut, dan itu bisa mengganggu pernafasanmu. Jadi ingatlah untuk secara rutin mengganti sprei setiap dua minggu sekali.

5. Jarang mengkonsumsi buah dan sayur.

Konsumsi buah dan sayur itu sangatlah penting, karena apabila tubuh kekurangan buah dan sayur maka pencernaan menjadi kurang sehat dan kulit pun akan Nampak lebih kusam. Mulai sekarang, pastikan ada buah dan sayur dalam menu makananmu ya. Banyak sekali sebenarnya buah dan sayur yang baik untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat kamu konsumsi. Asal jangan terlalu pemilih setiap buah dan sayur selalu memiliki manfaat.

6. Terlalu banyak konsumsi gula

Makanan manis seperti choco cake, teh manis, es krim vanilla pastinya sangat menggoda. Tapi tahukah kamu, mengkonsumsi gula yang berlebihan selain dapat menyebabkan diabetes juga akan menyebabkan timbulnya jerawat, kerusakan gigi, diabetes dan obesitas.

7. Tidak pernah membersihkan ponsel

Ponsel adalah benda yang paling sering dipegang tanpa cuci tangan dahulu, sehingga banyak bakteri yang menempel. Jika kamu tidak pernah membersihkan ponsel dan sering menggunakannya untuk menelepon, maka akan membuat pipimu lebih mudah berjerawat. Jadi bersihkan ponselmu dengan rutin menggunakan cairan khusus atau tissue basah.

itulah 7 kebiasaan yang dapat menyebabkan kamu mudah terserang penyakit. Untuk itu setelah ada artikel ini diharap kamu lebih berhati hati dan menghindari kebiasaan-kebisaan buruh tersebut, karena bagaimana pun kesehatan lebih penting, sehingga kamu harus menjaganya dengan baik.