Salah Persepsi! Ternyata 6 Makanan Ini Justru Menyebabkan Lapar Loh

101

Senang ngemil, atau senang mengomsi makanan ? atau bahkan kamu merupakan orang yang sering merasa lapar ? maka kamu harus hindari makanan-makanan ini, karena makanan ini justru akan membuat kamu lapar, bukan malah membuat kamu menjadi kenyang.

Jangan sampai salah persepsi ya, apabila kita salah mengkonsumsi makanan ini, bukannya menjadi kenyang tapi malah makin merasa lapar.  Inilah jenis makanan yang jika dimakan malah semakin menambah rasa lapar.

1. Snack Asin

Snack atau camilan asin seperti keripik kentang, aneka keripik asin, kue kering dan kudapan asin lebih cepat dicerna tubuh bila dibandingkan makanan yang mengandung karbohidrat yang mempengaruhi kenaikan atau penurunan kadar gula darahmu, sehingga wajar apabila setelah memakannya kamu masih merasa ingin mengkonsumsi makanan manis.

Itulah sebabnya mengapa makanan asin justru lama kelamaan akan membuat kamu menjadi lapar dan terus lapar, bahkan ketika kamu makan makanan asin dapat menyebabkan kamu menjadi kembung, karena makanan asin biasnaya selalu dibarengi dengan minum.

2. Makanan yang mengandung vetsin

Bahan tambahan makanan berupa vetsin atau MSG (Monosodium glutamate) biasa ditambahkan pada masakan Asia serta makanan kalengan berupa sayuran atau sup kaleng, daging olahan dan bahkan bir serta es krim juga menggunakannya. Menururt sebuah pnelitian di Spanyol yang dipublikasikan dalam jurnal Obesity ditemukan fakta bahwa kandungan kimia bahan MSG dapat menaikkan nafsu makan hingga 40%.

Itulah mengapa makanan yang mengandung vetsin dapat menyebabkan kita menjadi lebih meningkat nafsu makannya, karena memang vestsin dipercaya menjadi penyebab nafsu makan meningkat. Jadi jangan kaget ketika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung vetsin membuat kamu menjadi lahap memakannya terus menerus.

3. Roti Tawar

Roti tawar dibuat dari tepung terigu yang telah melalui berbagai macam proses pengolahan sehingga kehilangan membran atau lapisan luarnya. Padahal lapisan luar inilah yang kaya akan kandungan serat yang dapat mengenyangkan. Menurut Dokter Decotiis, mengkonsumsi sepotong roti tawar dapat meningkatkan kadar gula dalam darah kita.

4. Pasta Putih

Kandungan zat yang terdapat dalam pasta putih adalah sama dengan kandungan dalam roti tawar. Standar penyajian pasta adalah setengah mangkuk takar, namun di berbagai rumah makan seringkali menyajikannya sebanyak empat mangkuk takar dalam satu penyajian.

5. Makanan cepat saji

Dibalik daya tarik makanan cepat saji yang begitu menggoda, ternyata setiap bahannya dibuat untuk membuatmu ingin terus menikmati makanan tersebut. Makanan cepat saji umumnya menggunakan trans fat in flames (sejenis lemak) yang dapat melemahkan fungsi nuro transmitter, pengendali nafsu makan yang diproduksi tubuh seperti dopamine dan serotonin.

Sehingga wajar jika kalian mengkonsumsi makanan cepat saji maka akan cepat merasa lapar lagi. Bahkan makanan cepat saji memiliki dampak buruk makanan cepat saji bagi kesehatan.

6. Jus Buah

Selama ini kita semua mengira jus buah sangatlah menyehatkan bagi tubuh, tapi tunggu dulu, kita harus memperhatikan apa saja yang terkandung dalam jus buah tersebut. Jus buah adalah minuman yang mengandun banyak gula alami dari buah dan hanya mengandung sedikit serat.

Apalagi jika jus buah yang dikonsumis ditambahi gula dan kental manis, maka akan mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Mengkonsumsinya segelas jus justru malah bisa membuat kadar gula darah naik secara drastis dan parahnya itu akan membuatmu merasa lapar.

Jadi sebaiknya kita harus lebih cermat lagi memilih makanan dan minuman apa yang kita konsumsi, alih-alih bikin kenyang, tapi yang didapat justru semakin lapar.