Home Featured Pria Meninggal Karena Makan Kue Panas, Ini 4 Bahaya Menelan Makanan Panas

Pria Meninggal Karena Makan Kue Panas, Ini 4 Bahaya Menelan Makanan Panas

by Erlita

Kebiasaan makan makanan yang masih panas nampaknya dimiliki oleh banyak orang. Namun hati-hati ya, agar tidak seperti kasus serius dan fatal yang dialami oleh seorang pria asal Inggris, Darren Hickey. Pria usia 51 tahun ini menurut lansiran Fox News meninggal karena mengonsumsi kue yang masih dalam kondisi panas.

Kue panas yang ditelannya membuat tenggorokan terbakar dan lanjut memicu pembengkakan pada salura pernafasannya sehingga ia kesulitan bernafas. Awalnya ia hanya ingin mencoba sampel kue ikan untuk sebuah acara pernikahan karena ia sendiri adalah seorang wedding planner. Tenggorokannya begitu nyeri ketika kue tersebut ia telan dan ada sensasi terbakar di sana.

Usai dibawa ke rumah sakit, dokter mengobatinya dengan memberi asetaminofen lalu memperbolehkan pasiennya pulang. Dokter memintanya untuk segera ke rumah sakit kalau-kalau kondisinya tak ada kemajuan dan justru makin parah. Malamnya, Hickey menimbulkan suara yang cukup ramai sehingga membangunkan pasangannya.

Pasangan Hickey pun mencari sumber suara dan mendapati Hickey tengah dalam posisi berdiri dan dalam kondisi tersedak disertai batuk-batuk. Ia mencoba menolong pasangannya tersebut dengan menepuk-nepuk bagian punggung namun tubuh Hickey justru makin lemas dan merosot. Ambulans sudah sempat datang dan menjemput Hickey, namun ia meninggal tepat 12 jam usai mencoba kue panas tadi.

Pihak medis menjelaskan bahwa timbul bengkak dan nyeri akibat rasa terbakar di tenggorokannya sehingga saluran pernafasan terhambat dan membuatnya tak mampu menelan maupun bernafas. Bagi yang terbiasa makan makanan panas, ingat deh ada beberapa bahaya menelan makanan panas selain tenggorokan terbakar, nyeri dan bengkak dan berpengaruh ke saluran pernafasan yang harus diwaspadai.

  1. Kerusakan Gigi

Sama seperti bahaya makan manis maupun bahaya minum minuman manis, enamel gigi akan mudah terkikis ketika sering makan makanan panas. Kikisan pada enamel atau email sebagai lapisan paling luar dan keras di bagian gigi pastinya akan membuat masalah makin besar jika diabaikan, seperti sakit gigi dan gigi berlubang.

  1. Dampak Buruk bagi Lidah

Selain kasus tenggorokan terbakar seperti pria bernama Hickey, lidah pun dapat mengalami dampak buruk dari makanan yang panas-panas dimasukkan ke mulut. Makanan panas mampu membuat lidah terbakar, melepuh bahkan juga pecah-pecah lho. Dikhawatirkan jika kebiasaan ini terus dilakukan, kemampuan mengecap pada lidah bisa hilang.

  1. Iritasi Lambung

Hati-hati dengan kebiasaan makan makanan panas dan menelannya langsung. Suhu tinggi makanan bisa saja mengiritasi lambung lho. Gangguan pencernaan pada lambung seperti naiknya asam HCL berpotensi dialami ketika menelan makanan panas sehingga mampu menimbulkan gejala perut begah dan kembung terus-menerus.

  1. Kanker

Satu lagi bahaya dari menelan makanan panas apalagi kalau dijadikan kebiasaan dalam jangka panjang, yakni kanker esofagus/kanker kerongkongan. Menurut hasil studi yang diterbitkan tahun 2009 pada The British Medical Journal dan The International Journal of Cancer, terbukti kalau makan makanan panas kemudian dilanjutkan dengan minum minuman dingin memperbesar risiko kena kanker; jadi tak ada salahnya tunggu makanannya lebih dingin dulu ya.

Seorang dokter spesialis patologi, Dr Patrick Waugh yang memeriksa jenazah Hickey sempat memberikan penjelasan bagaimana sensasi terbakar pada tenggorokannya terlalu dalam sehingga tanpa peralatan khusus sulit untuk mengecek. Asphyxiatia disebut sebagai kondisi penyebab kematian Hickey di mana Dr Waugh juga tak ketinggalan mengingatkan dari kejadian ini bahwa makan kue ikan panas walau kecil mampu mengancam kesehatan dan nyawa.

You may also like