9 Cara Menghilangkan Grogi yang Bisa Anda Coba

Untuk sebagian orang, mereka meyakini jika kepercayaan diri merupakan salah satu modal yang sangat diperlukan dalam banyak hal. Terutama ketika kita akan berhadapan dengan orang lain. Kepercayaan diri ini akan menambah keyakinan kita dan juga penilaian orang lain terhadap kita. Masalahnya banyak juga orang yang merasa grogi dan tidak percaya diri ketika harus bertemu dengan orang lain. Baik itu mengobrol dengan orang lain ataupun berbicara di depan umum. Orang yang mudah grogi ini bahkan bisa stres jika harus berhadapan dengan orang lain. Dan lebih parahnya lagi grogi ini bisa menghancurkan segala sesuatu yang telah direncanakan dengan matang.

Oleh sebab itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui berbagai cara menghilangkan grogi ketika akan melakukan sesuatu. Cara menghilangkan grogi ini akan sangat penting ketika anda sedang berhadapan dengan sebuah masalah agar anda lebih tenang menghadapinya. Beberapa hal yang bisa anda lakukan itu antara lain :

  1. Melatih mentalitas
    Hal penting yang harus kita lakukan untuk menghilangkan grogi adalah melatih mental kita untuk siap dalam segala kondisi. Hal ini nantinya akan sangat membantu dalam menghilangkan grogi. Dengan mental yang siap pada dasarnya kita bisa melakukan apapun dan menerima bagaimana pun hasilnya. Mental yang siap dan terlatih punakan membuat kita terbiasa dalam kondisi seperti apapun. Dengan mental yang terlatih ini pun kita bisa menjadi lebih tenang dan tidak terburu – buru dalam menghadapi berbagai masalah
  2. Persiapan yang matang
    Rasa grogi juga biasanya muncul jika kita tidak menyiapkan segala sesuatu nya dengan baik. Kemampuan berbicara di depan umumnya contohnya bukanlah sesuatu yang datang begitu saja. Perlu berlatih dengan benar agar kita bisa berbicara di depan umum dengan baik. Selai itu persiapan yang matang pun termasuk bagaimana kita memahami sebuah masalah agar kita bisa memecahkannya
  3. Latihlah kepercayaan diri anda
    Tingkat kepercayaan diri akan sangat berpengaruh ketika anda menghadapi segala sesuatunya. Kepercayaan diri pun bukan lah sesuatu yang datang dengan sendirinya. Kita perlu melatih agar rasa percaya diri dalam diri kita muncul dan kita bisa menghilangkan rasa grogi yang muncul.
  4. Rubahlah persepsi anda
    Banyak orang menjadi grogi karena mereka berpersepsi jika dirinya tidak mampu. Hal ini berkaitan dengan pikiran kita terhadap diri kita dan lingkungan sekitar. Jika kita berpikir buruk maka hasil yang di dapat juga akan buruk begitu pun sebaliknya. Berikan energi positif untuk diri anda agar anda bisa menghilangkan rasa grogi tersebut. Dengan membentuk persepsi yang baik maka itu juga bisa memberikan rasa kepercayaan diri kita menjadi lebih tinggi
  5. Biasakanlah diri anda
    Biasanya orang akan grogi jika melakukan segala sesuatu untuk pertama kali maka perasaan grogi ini biasa terjadi. Tentunya cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan membiasakan diri kita dalam posisi tersebut. Biasakanlah membuka obrolan dengan orang lain, biasakanlah bersikap dengan baik di dalam sebuah obrolan. biasakanlah untuk berbicara di muka umum dengan baik. Hal ini jika sudah terbiasa akan membuat grogi kita hilang dengan sendirinya.
  6. Perhatikan lah sikap tubuh
    Jangan pernah merasa lesu dan loyo ketika sedang grogi. Perasaan tidak bersemangat itu hanya akan menambah rusak suasana. Bersikap lah dengan baik dan gunakanlah sikap tubuh yang baik. Beberapa peniliti mengatakan jika power pose atau sikap tubuh yang baik bisa menurunkan level grogi yang kita rasakan. Hal itu karena dengan power pose bisa meningkatkan testosterone di dalam diri kita dan menjadi salah satu cara menurunkan hormon kortisol.

  7. Bersikap tenang
    Ketika orang sedang grogi biasanya detak jantung mereka pun akan meningkat. Hal yang perlu diperlukan di sini adalah tenang. Jangan terburu – buru ingin menyelesaikan masalah nya. buatlah diri anda tenang agar perasaan anda nyaman. Sikap tenang juga akan membuat anda lebih percaya diri dan perasaan grogi menjadi hilang. Tenang juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres.
  8. Fokus
    Fokus akan mampu menurunkan level grogi yang kita alami. Orang akan grogi ketika fokus mereka lari. Jangan memperhatikan hal – hal yang tidak penting. Memperhatikan hal – hal yang tidak penting hanya akan membuat rasa grogi tambah meningkat. banyak cara meningkatkan fokus yang bisa kita lakukan. Selain itu fokus terhadap sesuatu hal juga akan menambah kesan baik dari orang lain terhadap diri kita
  9. Bergeraklah
    Ketika grogi datang, maka orang tersebut akan tegang dan cenderung diam mematung. Menyalurkan grogi itu dengan tindakan dan gerakan adalah salah satu cara yang baik untuk menghilangkan grogi. Anda bisa mengoptimalkan gerak tubuh untuk menghilangkan grogi tersebut.

Itulah beberapa cara menghilangkan grogi yang bisa anda coba  ketika menghadapi sebuah masalah.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Kebiasaan Baik