Home Featured Daftar Karsinogen Penyebab Kanker Paling Berbahaya, Wajib Tahu!

Daftar Karsinogen Penyebab Kanker Paling Berbahaya, Wajib Tahu!

by Tri Astuti

Apakah Anda pernah mendengar kata karsinogen? Ya, ini adalah sebuah kata yang mewakili senyawa atau zat berbahaya yang bisa masuk ke tubuh secara langsung atau tidak langsung dan kemudian menyebabkan tumbuhnya sel abnormal yang menjadi kanker. Peluang tubuh bisa terkena kanker dari karsinogen tidak dipengaruhi oleh kontak langsung tapi sebanyak apa tubuh terpapar karsinogen.

Menurut para peneliti yang telah melakukan studi, berikut disimpulkan daftar karsinogen penyebab kanker paling berbahaya.

  1. Tembakau

Tembakau menjadi salah satu sumber karsinogen berbahaya yang bisa merusak sel tubuh. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam 1 mg tembakau mengandung 70 zat kimia yang bisa merusak DNA tubuh. Karena itulah tembakau yang menjadi bahan utama rokok bisa menyebabkan bahaya merokok bagi alat pernafasan seperti kanker paru-paru. Risiko ini bahkan menyerang perokok aktif dan pasif.

  1. Radon

Radon adalah salah satu jenis gas alam yang ditemukan dalam jumlah sangat kecil dan umumnya memang tidak berbahaya. Tapi ketika tubuh Anda menyerap radon dalam ruangan dan terus menumpuk dalam paru-paru maka menyebabkan kerusakan sel paru-paru sampai menjadi kanker. Radon bahkan disimpulkan sebagai penyebab kanker paru-paru terbesar dunia setelah rokok.

  1. Asbes

Asbes yang biasanya menjadi penutup langit-langit ternyata juga menjadi karsinogen. Asbes yang terdiri dari serat-serat lembut bisa menyebabkan kanker paru-paru jika masuk ke dalam sistem pernafasan manusia. Kanker paru akibat asbes paling banyak terjadi pada pekerja yang tinggal dalam lingkungan penuh asbes. Juga pekerja di pabrik asbes yang cenderung melakukan kontak lebih banyak dengan asbes. Selain itu juga memicu munculnya dampak buruk asbes bagi kesehatan.

  1. Makanan yang Digoreng Kering

Semua jenis makanan yang digoreng sampai kering dengan suhu tinggi bisa menyebabkan karsinogen pemicu kanker. Semua makanan ini bisa rusak dan kemudian muncul zat yang dinamakan akrilamida. Karsinogen ini menyebabkan kanker pencernaan dan sangat berbahaya. Karena itu kurangi kebiasaan makanan gorengan agar tidak terkena efek samping makanan yang digoreng.

  1. Formaldehida

Semua jenis produk rumah tangga, kain, kayu lapis, produk kertas dan produk rumah tangga ringan lain ternyata mengandung bahan formaldehida. Senyawa ini bisa menyebabkan berbagai jenis kanker yang sangat berbahaya. Karena senyawa ini mungkin tidak bisa kita hindari maka lakukan pencegahan seperti dengan menjaga suhu udara di rumah atau lingkungan kerja dan gunakan mesin alat humidifier.

  1. Sinar UV

Sinar UV menjadi jenis sinar berbahaya ketika mengenai kulit secara terus menerus. Jenis sinar ini akan masuk ke dalam lapisan kulit yang bisa menyebabkan kanker kulit. Untuk mengatasi maka gunakan pelindung seperti krim sunblock, kain untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan jaga kulit ketika terkena sinar matahari dalam waktu lama.

  1. Alkohol

Semua jenis makanan dan minuman yang mengandung alkohol bisa menyebabkan kanker. Kanker tertentu yang sering menjadi dampak alkohol misalnya seperti kanker otak, kanker nasofaring, payudara, hati, ginjal dan usus. Semua ini terjadi karena bahan karsinogen yang keluar atau dihasilkan dalam produksi alkohol dari anggur dan minuman keras.

  1. Daging Olahan

Semua jenis daging olahan yang diperkaya dengan berbagai jenis bumbu bisa menyebabkan kanker usus besar. Jumlah daging olahan yang besar dalam waktu lama tentu akan meningkatkan risiko dengan cepat. Karena itu berhati-hatilah saat mengonsumsi sosis, hotdog dan jenis daging olahan lain.

  1. Polusi Udara

Semua jenis asap yang keluar dari kendaraan seperti bus, truk, kereta api dan sepeda motor bisa menyebabkan karsinogen. Gas dan asap hitam dari kendaraan bisa menyebabkan karsinogen yang berbahaya untuk kesehatan paru-paru Anda. Semua asap kendaraan yang telah melewati disel bisa menyebabkan munculnya karsinogen.

Itulah semua daftar karsinogen penyebab kanker paling berbahaya. Untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak terkena kanker maka jauhi semua sumber karsinogen tersebut dan pilih gaya hidup sehat.

You may also like