Ini loh, 6 Cara Agar Kamu Sehat Meski Telah Bergadang

94

Taukah kamu, kebutuhan tidur yang baik untuk setiap instan kurang lebih adalah 8 jam per hari, dengan umur rata-rata. Namun beda halnya untuk mereka yang masih bayi, mereka membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak. Untuk itu berilah watku istirahat untuk tubuh mu dengan mencukupi kebutuhan tidur mu.

Namun apa daya jika anak sekolahan atau kuliahan yang memiliki sejuta tugas yang harus diselesaikan dengan segera. Tugas penting atau deadline pekerjaan sering membuat kita begadang, agaru tugas tersebut segera selesai. Namun tenang, untuk kamu yang sering begadang, ada tips untuk kamu. Baca tips berikut ini, agar kamu tetap sehat meski telah begadang.

1. Tidur sebentar setelah semalaman begadang

Sebuah study yang dipimpin Rosekind, pilot dalam penerbangan transpasifik yang tidur sebentar dalam rata-rata 26 menit memiliki penyimpangan kinerja lebih rendah 34% dan menunjukkan tanda-tanda mengantuk setengahnya. Menurut David Dingers, Ph.D., Ketua Divisi Tidur dan Kronobiologi di University of Pennsylvania, Amerika Serikat, tidur sebentar selama 10 menit saja, memiliki manfaat penting. Otak akan cepat bergerak menuju gelombang tidur yang lambat.

2. Minum minuman berkafein

Minuman berkafein atau minuman energi seperti kopi akan membantu meningkatkan ketajaman kita. Rata-rata kita memerlukan 100-200mg kafein berdasarkan berat tubuhnya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rosekind, didapatkan bahwa setiap orang membutuhkan waktu 15-30 menit untuk merasakan efek dari kafein, dan manfaat ini akan terasa selama 3 sampai 4 jam berikutnya. Jika dalam beberapa jam seseorang tetap mengkonsumsi kafein, maka performanya akan berada pada tingkatan yang paling bagus.

3. Berada di tempat yang bercahaya

Cahaya yang mengenai tubuh seseorang akan mempengaruhi tingkat kewaspadaan, termasuk setelah begadang. Tubuh manusia bekerja dipengaruhi oleh siklus gelap dan terang ini.

4. Olahraga ringan

Jika semalaman begadang, maka pagi harinya perlu untuk melakukan olahraga ringan dengan menggerakkan tubuh. Atau bisa juga dengan aktivitas lain agar aliran darah tetap lancar. Olahraga ringan bermanfaat untuk membuat otot dan otak tetap bekerja dengan baik. Bahkan meningkatkan aktivitas fisik seperti mengobrol dengan orang lain juga bisa meningkatkan kewaspadaan otak.

5. Hindari merangkap pekerjaan

Setelah begadang otomatis memori tubuh terganggu akibat tidak beristirahat semalaman. Hal ini berarti kita tidak bisa mengerjakan banyak hal dan mengingatnya dalam pikiran satu waktu atau biasa disebut sebagai multitasking. Sebuah studi yang dilakukan pada 40 orang dewasa muda yang bekerja non stop selama 42 jam menunjukkan penurunan kapasitas kinerja ingatan hingga 38%.

6. Pahami batasannya

Untuk membuat kondisi tubuh lebih nyaman dan segar setelah begadang, bisa dilakukan dengan mencuci muka dengan air dinginn atau membuka jendela kamar agar udara segar masuk dan suhu menjadi lebih dingin. Akan terasa lebih nyaman lagi setelah kita mandi dan brpakaian rapi. Akan tetapi sekuat atau sesegar apapun yang dirasakan, orang tetaplah membutuhkan tidur normal dan itu sangatlah penting. Setelah kamu pahami batasan dirimu untuk begadang, ketika kamu akhirnya tidur lagi, maka kamu akan tidur lebih dalam dari biasanya, dan lebih banyak gelombang tidur yang lambat.

itulah cara yang kamu lakukan agar kamu tetap sehat meskipun kamu sudah sering begadang. Begadang memang bukan hal yang baik, karena hal ini mengurangi waktu istirahat kamu, tetapi taukah kamu ? Ketika begadang itu memang dibutuhkan, jadi kamu harus pintar menjaga kesehtan mu agar selalu sehat. Jadi kamu bisa ikutin acara tersebut ya, jaga terus kesehatan mu.