Sering Digunakan Untuk Masak, Ternyata Ini Baik Untuk Kesehatan

296

Daun seledri adalah tumbuhan sayuran obat yang sering digunakan sebagai bahan masakan serta dan juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Di beberapa negara seperti korea, jepang, dan cina juga menjadikan tangkai dari tumbuhan ini sebagai bahan makanan mereka.

Tumbuhan ini juga sudah terbukti bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah manfaat yang bisa kita peroleh dari daun seledri yang mungkin jarang kamu ketahui, karena selama ini daun seledri hanya digunakan untuk campuran masak, atau masakan sayur bening saja. simak berikut ini :

1. Mengurangi Sakit Peradangan

Sifat anti inflamasinya yang kuat membuat daun seledri mampu mengurangi sakit yang disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada tubuh. Selain itu, luteolin pada daun seledri juga bisa mengurangi peradangan yang berada di bagian saraf otak yang terhubung langsung dengan memori.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Daun Seledri merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung pottasium, selian itu tumbuhan ini juga kaya akan phthalides dan potasium yang sangat berfungsi untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi pada tubuh. Dengan membantu pembuluh darah untuk dapat melebar, sehingga penyakit darah tinggi bisa teratasi.

3. Mengurangi Kadar Kolestrol

Kolestrol LDL merupakan kolestrol jahat yang berbahaya bagi tubuh, karena banyak resiko penyakit yang bisa terjadi karena kolestrol jenis ini salah satunya seperti penyakit jantung. Kandungan Phthlides juga mampu menurunkan kadar kolestrol pada tubuh.

Kadar kolesterol yang didiamkan terus menerus tentu menjadi bumerang bagi tubuh kita, apalagi jika kolesterol yang ada di dalam tubuh adalah kolesterol jahat. Oleh karena itu rajin-rajinlah priksa kadar kolesterol pada tubuh mu jika kamu sudah merasakan badan mu tidak enak.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Daun seledri mengandung Luteolin Flavonoid yang sangat berguna dalam menghambat proses pertumbuhan sel kanker, dan juga kandungan Phthlides Polyacetylenes mampu mencegah kanker ovarium.

4. Melancarkan Kencing

Diuretik alami yang ada pada daun seledri berguna untuk mengatasi masalah susah buang air kecil. Selain itu, dengan lancarnya pembuangan air kencing juga membantu membersihkan racun-racun yang ada pada tubuh.

5.  Meredakan Gejala Saat Menstruasi

Gejala yang biasanya dialami oleh seorang wanita ketika awal memasuki masa haid atau menstruasi adalah seperti perut kembung, sakit perut, dan juga sakit kepala. Siapapun tentu tidak merasa nyaman dengan gejala-gejala seperti ini.

Mengkonsumsi daun seledri juga bisa meredakan gejala rasa sakit yang dialami selama haid, akrena daun ini mengandung Anethole Fitokimia yang bisa mengurangi rasa sakit tersebut.

6. Mengurangi Stress

Stress merupakan sesuatu yang wajar bagi manusia, karena setiap hari manusia mungkin saja akan menghadapi masalah-masalah yang begitu rumit untuk diselesaikan sehingga mereka merasa stress.

Namun terlalu banyak stress juga tidaklah baik untuk kesehatan, adakalanya kita harus menenangkan diri agar bisa menjalankan aktifitas setiap hari dengan maksimal, salah satunya dengan mengkonsumsi daun seledri, karena kandungan magnesiumnya dapat menenangkan sistem pada saraf.

7. Menyegarkan Mulut

Bagi kalian yang sering merasakan bau mulut yang tidak sedap pada mulut kalian, maka memakan daun seledri juga bisa menyegarkan aroma mulut yang tidak enak. Jadi kalian yang sering lupa sikat gigi ketika turun sekolah, kerja, ataupun kuliah bisa mencoba cara yang satu ini.

Itulah beberapa manfaat yang kamu peroleh dari daun seledri, jadi, jangan malas ya mengonsumsi daun seledri, meskipun untuk beberapa orang rasanya agak aneh, tetapi daun ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi loh